AMD Luncurkan Prosesor Mobile Terbaik Ryzen 5000 Series Untuk Pasar Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 31 Maret 2021 - 19:27 WIB

AMD Ryzen 5000 Series
AMD Ryzen 5000 Series

INDUSTRY.co.id - Jakarta - AMD telah resmi mengumumkan secara global Prosesor Mobile Terbaik dengan desain arsitektur 7nm ‘Zen 3’ dalam Keynote CES 2021. Selain peningkatan performa, Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series memberikan ketahanan daya luar biasa pada baterai untuk para gamer, kreator, dan profesional.

AMD juga secara resmi meluncurkan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series di Indonesia yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu (31/3/2021) . Pada peluncuran virtual ini AMD mengajak konsumen secara langsung berinteraksi dan mengeksplor produk-produk terbaru AMD secara virtual interaktif.

Director of AMD Consumer Business for Asia Pacific & Japan, Paige Shi mengatakan ada dua jenis Ryzen 5000 Series yang diboyong ke Tanah Air, yaitu Ryzen 5000 H-Series dan U-Series. Keduanya dirancang untuk laptop dengan target pasar yang berbeda.

"Prosesor Ryzen 5000 U-Series ditujukan untuk laptop tipis dan ringan, sedangkan prosesor Ryzen 5000 H-Series menyasar ke segmen laptop untuk para gamer dan kreator konten," ujar Shi dalam acara peluncuran virtual bertajuk "Power Your Next", Rabu (31/3/2021).

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series dengan desain arsitektur 7nm core "Zen 3" diperuntukan bagi para gamer, content creator dan profesional. Prosesor ini mencakup prosesor Seri H dan ultra-mobile U-Series.

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 H-Series hadir hingga 8 core dan 16 thread yang dibangun di atas arsitektur terbaru AMD 7nm "Zen 3" yang ditujukan untuk para elit gamer atau creator yang menghadirkan pengalaman bermain game yang mengesankan dengan performa frame rate tertinggi, multitasking cepat  dan ketahanan baterai yang luar biasa.

Sementara, Prosesor Mobile tertinggi Seri HX yaitu Ryzen 9 5980HX dan Ryzen 5900HX yang merupakan Prosesor Mobile unlocked, dimana memiliki opsi pengaturan manual untuk clock speed dengan kecepatan maksimal boost clock nya hingga 4.8GHz dengan TDP 45W+.

Prosesor AMD Ryzen 9 5980HX yang baru mampu meningkatkan performa single-threaded hingga 23% dan performa multi-threaded hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya , menjadikannya solusi ideal untuk notebook gaming dan pro kreator.      

Sementara itu, AMD juga turut serta menghadirkan prosesor HS dengan daya yang lebih rendah 35w namun dengan performa dan efisiensi yang optimal, Prosesor HS sangat cocok untuk laptop gaming yang compact, lebih tipis dan ringan

Untuk konsumen mainstream yang mencari performa saat bepergian, Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 U-Series menawarkan perpaduan sempurna antara performa dan efisiensi daya yang cukup optimal yang memberikan daya tahan baterai yang luar biasa untuk laptop tipis dan ringan.

Prosesor AMD Ryzen 7 5800U yang baru memberikan performa single-threaded hingga 16% lebih baik dan performa multithread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya . Daya tahan baterai hingga 17,5 jam yang luar biasa dan pemutaran film hingga 21 jam dengan sekali pengisian daya .

Produk laptop berbasis AMD Ryzen 5000 series mobile processor telah tersedia di market Indonesia saat ini. Ketersediaan barang di pasar berbeda-beda, tergantung brand dan model laptop.

Paige Shi menjelaskan, AMD terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman mengesankan dengan performa unggul baik single core dan multicore dikelasnya melalui Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series terbaru yang telah diluncurkan sebagai solusi inovasi terbaiknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Istana Potala di Lhasa, Tibet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:30 WIB

Dampak Pandemi, Situs Bersejarah di Tibet dibanjiri Wisawatan Asal China

Wisatawan asal China baru-baru ini dilaporkan menyerbu tempat wisata di Tibet. Hal ini dikarenakan dampak dari pembatasan pandemi Covid-19 sehingga wisatawan China yang biasanya melancong ke…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:40 WIB

Berlaku Mulai Hari Ini, Inilah Ketentuan Pengetatan PPKM Mikro

Pemerintah akan kembali melakukan penebalan dan penguatan pelaksanaan PPKM Mikro yang berlaku pada tanggal 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Menkeu Sri Mulyani (ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:20 WIB

Asiiikk, Sri Mulyani Bawa Kabar Gembira! Insentif PPnBM Sektor Otomotif dan PPN Properti Diperpanjang Hingga Akhir Tahun 2021

Pemerintah memastikan sejumlah insentif fiskal atau perpajakan seperti diskon PPnBM mobil dan PPN properti diperpanjang hingga akhir Desember 2021. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)…

Industri fesyen muslim

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:15 WIB

Kemenperin Dorong Sertifikasi Halal Produk Fesyen Muslim

Kementerian Perindustrian berperan aktif mendorong pengembangan industri halal karena memiliki potensi besar dalam memacu perekonomian nasional. Apalagi, Indonesia memiliki peluang emas untuk…

Tahan Laju Penularan Covid-19, Polda Metro Jaya Bersama Pemprov DKI Laksanakan Pembatasan Mobilitas di 10 Titik Penyekatan

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:08 WIB

Penularan Covid-19 Kian Ganas, Polda Metro Jaya Bersama Pemprov DKI Laksanakan Pembatasan Mobilitas di 10 Titik Penyekatan

Jakarta-Dalam rangka menahan laju penularan Covid-19 yang semakin hari semakin melonjak, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya bersama dengan Pemerintahan Provinsi DKI melaksanakan pembatasan…