Tak Melulu Urusan Cuan! Raksasa Tambang Emas Pure-play Archi Indonesia Juga Peduli Lingkungan dan Warga, Ini Buktinya...

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 31 Maret 2021 - 16:21 WIB

Tambang Emas Archi Indonesia
Tambang Emas Archi Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Archi Indonesia (“Archi”), salah satu perusahaan tambang pure-play emas (pure-play gold producer) terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, berhasil mendapatkan hasil penilaian yang memuaskan terhadap usaha penerapan prinsip-prinsip aspek Environmental, Social and Governance (ESG).

Penilaian dan laporan dilakukan oleh PT Lorax Indonesia (“Lorax”), yang merupakan bagian dari Lorax Environmental Services Ltd, sebuah perusahaan konsultan lingkungan independen yang berbasis di Vancouver, Canada.

Archi sendiri memiliki rekam jejak 10 tahun beroperasi di Provinsi Sulawesi Utara melalui entitas anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, yaitu PT Meares Soputan Mining (“MSM”) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (“TTN”). 

Archi kini telah mampu memproduksi lebih dari 200 kilo ons (setara dengan 6,2 ton) emas per tahunnya selama tiga tahun terakhir dan memiliki Cadangan Bijih emas sebanyak 3,9 juta ons per akhir Desember 2020. 

Selain itu, Archi merupakan salah satu kontributor pendapatan negara terbesar di bidang pertambangan emas melalui pembayaran pajak dan royalti.

Pada awal tahun ini, Archi berinisiatif menunjuk Lorax untuk melakukan penilaian atas kinerja praktik ESG di Tambang Emas Toka Tindung, yang dioperasikan oleh anak perusahaan Archi, MSM dan TTN.

Penilaian tersebut dilakukan dengan melakukan perbandingan kinerja ESG di MSM dan TTN dengan perusahaan-perusahaan pertambangan logam lainnya di Indonesia. 

Ringkasnya dalam Laporan, MSM dan TTN mendapatkan nilai Exceed dalam dua kategori yaitu kategori Environment yang memayungi beberapa komponen termasuk Sistem dan Kompetensi Manajemen Lingkungan serta dalam kategori Governance yang memayungi beberapa komponen termasuk Komitmen terhadap Pelaporan ESG.

Mengikuti hasil Laporan tersebut, Wakil Direktur Utama Archi, Rudy Suhendra mengungkapkan kebanggaan dan komitmen perusahaan yang akan terus dijalankan Archi.

"Kami sangat mensyukuri dengan hasil asesmen yang dilakukan oleh Lorax terhadap operasi tambang emas kami, dimana hal ini mencerminkan hasil dari upaya nyata yang berkelanjutan dan sejalan dengan salah satu misi perusahaan, yakni untuk membina pengembangan karyawan, mata pencaharian masyarakat sekitar, dan keperdulian lingkungan, serta menjamin tata kelola perusahaan yang baik dalam segala hal yang perusahaan lakukan," jelasnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu (31/3/2021).

Dalam menegakkan prinsip-prinsip ESG perusahaan, Archi beserta anak perusahaannya telah menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah Sulawesi Utara. 

Menurut Jhoni Lesawengen, ayah dari Gloria Lesawengen, yang merupakan salah satu penerima beasiswa penuh dari MSM dan TTN untuk mengenyam pendidikan dalam bidang Pertanian dan Pariwisata di Jiangsu Agri-Animal Husbandry di Tiongkok, menyatakan kebahagiaan dan manfaat yang dirasakan sebagai dampak dari inisiatif tersebut, 

“Kami sebagai orang tua merasa sangat bangga dan bersyukur terhadap kehadiran MSM dan TTN di lingkungan desa kami di Minahasa. Tidak pernah terpikir oleh kami sebelumnya untuk dapat memberikan kesempatan bagi anak kami melanjutkan studinya ke perguruan tinggi di luar negeri," tandasnya.

Untuk diketahui, sejak tahun 2016, Archi telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 80 pelajar untuk mengenyam pendidikan di sejumlah universitas luar negeri di Tiongkok, Taiwan, dan Amerika Serikat.

Archi juga memiliki komitmen yang tinggi dalam memastikan keberlanjutan lingkungan hidup sejalan dengan program Pemerintah.

Archi juga memiliki rencana untuk terus mengembangkan operasional perusahaan demi meningkatkan kontribusi perusahaan terhadap ekonomi nasional dan lokal. 

Salah satu rencana Archi yang akan datang termasuk peningkatan kapasitas Pabrik Pengolahan di Tambang Emas Toka Tindung dari 3,6 juta ton per tahun (pada akhir tahun 2020) menjadi 8,0 juta ton per tahun (pada akhir tahun 2025). 

"Kapasitas ini akan memungkinkan Archi untuk mencapai produksi sebanyak lebih dari 450 kilo ons (setara dengan lebih dari 14 ton) emas per tahun," pungkas Rudy Suhendra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Jumat, 27 Mei 2022 - 04:00 WIB

PUSKOPAL Korps Marinir Raih Predikat Terbaik Tertib Administrasi

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan penghargaan berupa piagam Prestasi Predikat Terbaik Ke 2 tertib administrasi kepada Pusat Koperasi Angkatan Laut (Puskopal)…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…