Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo Lulus Uji Sandar Perdana, Direksi Brantas Abipraya: Proyek Selesai Tepat Waktu

Oleh : Nata Kesuma | Senin, 29 Maret 2021 - 19:30 WIB

Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo NTT
Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo NTT

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelabuhan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah selesai digarap oleh PT Brantas Abipraya (Persero) dan telah dinyatakan lulus uji sandar kapal perdana pada 26 Maret lalu.

Proyek unggulan Presiden Joko Widodo ini digadang-gadang akan mendukung Labuan Bajo menjadi destinasi super premium.

"Ya, perdana dengan berhasilnya kapal MV Mentari Prakarsa bersandar di terminal Wae Kelambu, ini menunjukkan bahwa fungsi terminal logistik ini sudah lulus teruji dengan baik,” ujar Catur Prabowo, Direktur Operasi 1 Brantas Abipraya, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (29/3/2021).

Catur menambahkan, kapal kontainer dengan panjang 112 meter yang dapat menampung sebesar 6.207 ton ini bersandar sempurna di terminal garapan Brantas Abipraya dengan panjang 120 meter.

Uji sandar perdana ini pun disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo.

Menurut Catur, selain selesai tepat waktu, terminal inipun memberikan wajah baru bagi Pelabuhan Labuan Bajo.

Hal ini dikarenakan Terminal Multipurpose Wae Kelambu selain menjadi lalu lintas logistik, terminal ini juga dapat menjadi bongkar muat kontainer dan kargo sehingga akan memisahkan aktivitas pariwisata dan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Labuan Bajo.

"Pelabuhan ini memiliki ukuran 120 x 20 meter, pengerjaan fisik lainnya yang diselesaikan Brantas Abipraya antara lain trestle berukuran 60 x 12 meter, causeway 690 meter dan pengerjaan reklamasi seluas 3 hektar," ungkap Catur.

Pihaknyapun mengaku puas lantaran Indonesia sedang dihadang pandemi Corona Virus Disease - 19 (Covid-19) namun proyek ini dapat diselesaikan sesuai target waktu.

Tak hanya itu, selama pengerjaannya-pun Brantas Abipraya selalu memberikan yang terbaik dengan mengutamakan kualitas mutu, pelayanan dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

“Sesuai moto Spirit for Giving the Best, Kami (Brantas Abipraya) berharap dengan beroperasinya Terminal Multipurpose Wae Kelambu secara keseluruhan ini dapat mendukung kelancaran kegiatan pariwisata dan kegiatan usaha logistik secara bersamaan. Juga, kami harapkan ini pun dapat membawa kemajuan perekonomian di Labuan Bajo. NTT dan sekitarnya,” tutup Catur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kelapa sawit

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:13 WIB

Naik Turun Harga Sawit, Apakah Pengaruhi Momentum Calon Emiten?

Harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) global dalam beberapa waktu terakhir yang mengalami fluktuasi, dinilai tidak mengurangi momentum bagi calon emiten sawit yang ingin…

Menteri BUMN, Erick Thohir

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:05 WIB

Alhamdulillah Erick Thohir Bawa Kabar Baik! Ivermectin 12 Mg, Obat Antivirus untuk Terapi Covid-19 Resmi Kantongi Izin Edar BPOM

Ivermectin 12 mg dari PT Indofarma Tbk sebagai obat antivirus untuk terapi Covid-19 dinyatakan telah mendapatkan izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Hal itu diakui Menteri BUMN…

Atta Halilintar

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:00 WIB

Ketum KODRAT Apresiasi Atta Halilintar Tekuni Tarung Drajat

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyaksikan latihan perdana Atta Halilintar menekuni seni bela diri asli…

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Antara/ CNN Indonesia)

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:55 WIB

Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan, PPKM Mikro Diperketat, Mobilitas Masyarakat Daerah Zona Merah Dibatasi Hingga 100%

Jakarta-Menyusul lonjakan kasus COVID-19 yang tinggi di sejumlah daerah di Indonesia pasca libur lebaran 2021, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar dilakukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan…

Waresix Logistic

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:44 WIB

Waresix, Startup Pertama yang Terintegrasi Sistem Logistik Nasional

Pemerintah terus berkomitmen untuk menciptakan ekosistem logistik yang semakin efisien di Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pada September tahun lalu pemerintah meluncurkan Program…