Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo Lulus Uji Sandar Perdana, Direksi Brantas Abipraya: Proyek Selesai Tepat Waktu

Oleh : Nata Kesuma | Senin, 29 Maret 2021 - 19:30 WIB

Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo NTT
Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo NTT

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelabuhan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah selesai digarap oleh PT Brantas Abipraya (Persero) dan telah dinyatakan lulus uji sandar kapal perdana pada 26 Maret lalu.

Proyek unggulan Presiden Joko Widodo ini digadang-gadang akan mendukung Labuan Bajo menjadi destinasi super premium.

"Ya, perdana dengan berhasilnya kapal MV Mentari Prakarsa bersandar di terminal Wae Kelambu, ini menunjukkan bahwa fungsi terminal logistik ini sudah lulus teruji dengan baik,” ujar Catur Prabowo, Direktur Operasi 1 Brantas Abipraya, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (29/3/2021).

Catur menambahkan, kapal kontainer dengan panjang 112 meter yang dapat menampung sebesar 6.207 ton ini bersandar sempurna di terminal garapan Brantas Abipraya dengan panjang 120 meter.

Uji sandar perdana ini pun disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo.

Menurut Catur, selain selesai tepat waktu, terminal inipun memberikan wajah baru bagi Pelabuhan Labuan Bajo.

Hal ini dikarenakan Terminal Multipurpose Wae Kelambu selain menjadi lalu lintas logistik, terminal ini juga dapat menjadi bongkar muat kontainer dan kargo sehingga akan memisahkan aktivitas pariwisata dan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Labuan Bajo.

"Pelabuhan ini memiliki ukuran 120 x 20 meter, pengerjaan fisik lainnya yang diselesaikan Brantas Abipraya antara lain trestle berukuran 60 x 12 meter, causeway 690 meter dan pengerjaan reklamasi seluas 3 hektar," ungkap Catur.

Pihaknyapun mengaku puas lantaran Indonesia sedang dihadang pandemi Corona Virus Disease - 19 (Covid-19) namun proyek ini dapat diselesaikan sesuai target waktu.

Tak hanya itu, selama pengerjaannya-pun Brantas Abipraya selalu memberikan yang terbaik dengan mengutamakan kualitas mutu, pelayanan dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

“Sesuai moto Spirit for Giving the Best, Kami (Brantas Abipraya) berharap dengan beroperasinya Terminal Multipurpose Wae Kelambu secara keseluruhan ini dapat mendukung kelancaran kegiatan pariwisata dan kegiatan usaha logistik secara bersamaan. Juga, kami harapkan ini pun dapat membawa kemajuan perekonomian di Labuan Bajo. NTT dan sekitarnya,” tutup Catur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…

MODENA Energy

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

MODENA Energy Klaim Siap Maksimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

MODENA Group, salah satu pionir terdepan home appliances di Indonesia, dengan bangga mengumumkan peluncuran MODENA Energy, sebuah lini bisnis yang bertujuan untuk menciptakan solusi mengenai…

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri AVPN Abu Dhabi 2024

Rabu, 24 April 2024 - 10:20 WIB

Di Ajang AVPN Abu Dhabi 2024, Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa praktik-praktik pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi dasar utama dalam pengembangan…

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk

Rabu, 24 April 2024 - 10:15 WIB

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. Catatkan Kinerja Solid di Kuartal Pertama 2024

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. (dahulu PT Surya Esa Perkasa Tbk.) (“ESSA”), perusahaan tercatat yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas)…