Perum Perindo Penuhi Kewajiban Pembayaran Utang

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 23 Maret 2021 - 16:50 WIB

Kantor Pusat Perum Perindo di daerah Penjaringan, Jakarta Utara.
Kantor Pusat Perum Perindo di daerah Penjaringan, Jakarta Utara.

INDUSTRY co.idJakarta, Perum Perikanan Indonesia [Perum Perindo] penuhi tahapan kewajiban pembayaran pokok dan bunga Medium Term Notes [MTN] I seri B yang jatuh tempo pada 22 Maret 2021.

Direktur Keuangan Perum Perindo, Mukhamad Taufiq menjelaskan bahwa MTN I Seri B yang diterbitkan perusahaan pada tahun 2017 sebesar Rp 100 Miliar, dalam Rapat Umum Pemegang MTN tanggal 08 Desember 2020 sebesar Rp 19 Miliar telah dilakukan buy back pada tanggal 22 Desember 2020 dan selebihnya sebesar Rp 81 Miliar telah disetujui perubahan jangka waktu jatuh temponya dari sebelumnya tanggal 22 Desember 2020 menjadi 22 Desember 2021.

“Jatuh tempo 22 Maret ini, Perum Perindo telah melunasi sebagian pokoknya senilai Rp 20,25 Miliar ditambah bunga melalui penyetoran ke rekening KSEI pada hari Jumat kemarin [19 Maret 2021]”, Jelas Taufiq melalui keterangan yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (23/3/2021).

Perum Perindo optimistis mampu melakukan pemenuhan kewajiban perusahaan.

Menurutnya, ditengah kondisi umum pada bisnis sektor perikanan yang berat dan terdampak pandemi Covid-19, Perum Perindo berkeyakinan tetap mampu memenuhi dan melunasi kewajiban berikutnya. 

“Lini bisnis yang dimiliki baik jasa kepelabuhanan perikanan maupun non jasa kepelabuhanan akan dioptimalkan sejalan dengan program dan kebijakan Pemerintah”, tambahnya.

Penanganan piutang bermasalah dilakukan intensif secara paralel dibantu Kejaksaan Agung maupun langsung oleh Tim Internal Perusahaan. 

Ditambahkan bahwa tahun 2021 ini, Perum Perindo sedang menggiatkan produksi dan pemasaran Pabrik Pakan Ikan dan Udangnya di Subang Jawa Barat, dengan target tercapai 35 ribu ton. 

“Kami yakin, langkah perusahaan menjadi bagian dari pelaksanaan program Pemerintah di sektor perikanan termasuk rencana pembentukan Holding BUMN Pangan pada tahun 2021 ini, akan semakin menambah kemampuan dan memperkuat Perum Perindo”, pungkasnya .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…