Kabar Baik dari Airlangga Ini Bakal Bikin Pelaku Industri Perfilman Tenang! Pemerintah Siap Alokasikan Dana PEN untuk Sektor Perfilman

Oleh : Candra Mata | Minggu, 21 Maret 2021 - 12:20 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang Kartsasmita
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang Kartsasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Upaya untuk memulihkan ekonomi nasional terus dilakukan Pemerintah. Setelah beberapa waktu lalu menerima audiensi dari para pelaku industri kreatif khususnya animasi dan komik, Jumat (19/3) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, didampingi oleh Menteri Perindustrian, kembali menerima audiensi dari pekerja seni, kali ini dari para insan perfilman di Loka Kretagama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Bapak Presiden secara langsung telah memberi arahan kepada saya, khusus untuk industri perfilman, pekerja film dan pekerja budaya. Maka dari itu kehadiran ini sangat penting. Saya juga sudah menerima usulan-usulan yang telah disampaikan teman-teman kepada Bapak Presiden,” kata Menko Airlangga, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (21/3/2021).

Perlu diketahui, dalam audiensi tersebut para insan perfilman yang diwakili oleh Triawan Munaf, Mira Lesmana, Dian Sastro, Wicky Olindo, Joko Anwar, Dewinta Hutagaol, Sunil Samtani, Chand Parwez dan Angga Dwimas Sasongko serta beberapa asosiasi yang terkait dengan industri perfilman menyampaikan bahwa 90% pemasukan industri perfilman berasal dari bioskop yang merupakan hilir dari industri ini. 

Mereka berharap agar Pemerintah dapat terus menggaungkan ajakan kemasyarakat untuk menonton film ke bioskop.

Selain itu, mereka juga menyampaikan usulan stimulus pengalokasian dana pemulihan ekonomi nasional demi mendukung industri perfilman Indonesia.

Pasalnya, menurut data pada tahun 2016, terdapat 2.418 jumlah usaha yang bergerak di sub-sektor film, animasi dan video, dengan jumlah tenaga kerja pada tahun 2019 diproyeksikan lebih dari 50.000 orang.  

Menjawab permintaan itu, Menko Airlangga menyatakan bahwa Pemerintah memastikan akan terus mendorong kebangkitan kembali industri perfilman nasional termasuk mendukung kampanye menonton dibioskop.

“Pemerintah pasti mendukung penuh upaya kampanye nonton di bioskop yang aman, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saya berharap bioskop-bioskop bisa lebih gencar lagi menggaungkan bahwa nonton di bioskop akan tetap aman dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kalau stigma itu bisa sampai ke publik, mereka akan kembali berani nonton di bioskop. Penuhi persyaratan itu, nanti akan kita dorong,” pungkas Airlangga. 

Tak hanya itu, Airlangga juga menyatakan akan memberikan perhatian atas usulan-usulan yang disampaikan insan perfiman terkait alokasi dana pemulihan ekonomi nasional untuk sektor perfilman. 

"Dari audiensi ini saya berharap bisa mendapatkan data-data yang konkret dan akuntabel sehingga bisa mendukung Pemerintah dalam mengambil keputusan, khususnya kebijakan mendukung pemulihan di sektor perfilman," pungkas Airlangga.

Kemudian, para insan perfilman tersebut juga sepakat untuk membuat lebih rinci lagi terkait ide-ide yang telah disampaikan. 

"Rincian tersebut akan disusun oleh working group yang ada dan tentunya juga didukung oleh riset-riset sebagaimana yang diminta oleh Pemerintah," ucap Triawan Munaf perwakilan Insan Perfilman Nasional.

Asal tau saja, sejatinya, sejak industri film dikeluarkan dari Daftar Negatif Investasi (DNI) di tahun 2016, industri film Indonesia mengalami peningkatan 20% dari segi investasi. 

Dimana industri film tanah air mampu tumbuh dan masuk dalam 10 industri film terbesar di dunia. 

Hal ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah industri perfilman Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…