Setelah Sekian Lama Menggunakan Pembangkit Pribadi, PLN Akan Pasok Kebutuhan Listrik Untuk Semen Tonasa

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Maret 2021 - 10:28 WIB

Perjanjian jual beli listrik PLN dan Semen Tonasa
Perjanjian jual beli listrik PLN dan Semen Tonasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT PLN (Persero) siap memasok kebutuhan listrik semen Tonasa yang merupakan anak usaha dari Semen Indonesia sebesar 1 x 25 MW.  Komitmen ini dituangkan dalam penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang dilakukan kedua belah pihak di kantor Pusat PLN (16/3/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager Wilayah Sulselarbar PLN, Awaluddin Hafid bersama Direktur Utama, Semen Tonasa, Mufti Arimurti dan disaksikan secara langsung oleh Komisaris Utama Semen Indonesia, Rudiantara, Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, dan Direktur Produksi Semen Indonesia sekaligus Komisaris Utama Semen Tonasa, Benny Wendry, serta disaksikan secara virtual oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury. 

“Dengan adanya perjanjian ini maka PLN dan Semen Tonasa sepakat untuk melakukan kerja sama incentive captive milik Semen Tonasa sebesar 1 x 25 MW dan potensi saving yang didapatkan tentu saja menjadi lebih besar,” Ungkap Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Dirinya menambahkan PLN akan berfokus memberikan listrik yang andal tanpa henti dan Semen Tonasa juga dapat berfokus pada bisnis intinya. 

Sebelumnya, penyediaan tenaga listrik Semen Tonasa menggunakan pembangkit milik pribadi dan melalui layanan progresive captive power acquisition, kedepannya pasokan listrik dialihkan menggunakan layanan PLN.

Sebagai informasi, upaya PLN dalam memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Industri adalah dengan menyediakan layanan Progresive Captive Power Acquisition. 

Melalui layanan ini, pelanggan yang memiliki captive power untuk memenuhi kebutuhan listrik, dapat beralih untuk mendapatkan pasokan listrik secara penuh melalui PLN.

“Kami ucapkan terimakasih kepada PLN, semoga kerja sama ini merupakan langkah awal upaya bersama yang akan memberikan nilai tambah bagi semua pihak. Kerja sama ini akan menambah ketahanan dan keandalan pasokan listrik bagi kami serta meningkatkan daya saing kami di tengah industri semen yang semakin meningkat,” ujar Komisaris Utama Semen Tonasa, Benny Wendry.

Dalam kerja sama ini, PLN juga menghadirkan benefit lebih kepada Semen Tonasa, antara lain PLN akan memberikan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Punagaya secara cuma-cuma selama 6 bulan. 

Selain itu PLN juga melakukan bundling produk, yaitu StroomNet yang merupakan produk dari anak perusahaan PLN, ICON+ untuk memenuhi kebutuhan internet di Semen Tonasa.

Wakil Menteri BUMN 1 Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan apresiasinya untuk manajemen PLN dan Semen Tonasa atas dilaksanakannya perjanjian kerja sama ini. 

"Ini merupakan wujud sinergi yang apik BUMN antara PLN dan Semen Tonasa terkait pengalihan tenaga listrik dan diharapkan menjadi langkah awal untuk sinergi antar BUMN lainnya."Ungkapnya.

Dalam kesempatan ini pula, PLN secara terbuka mengajak Semen Tonasa untuk menggunakan layanan Renewable Energy Certificate (REC) PLN dalam penyediaan tenaga listriknya untuk penggunaan energi yang lebih bersih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…