INALUM Catat Kinerja Positif di Tahun 2020

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Maret 2021 - 15:17 WIB

Pekerja di Pabrik INALUM
Pekerja di Pabrik INALUM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indonesia Asahan Aluminum (Persero) atau INALUM mencatat kinerja produksi (unaudited) Aluminium yang positif di tahun 2020.

Perusahaan mencatat produksi Aluminium Ingot, Billet dan Foundry Alloy dengan total sebesar 245 ribu ton atau 101% dibandingkan target RKAP-P 2020 sebesar 242 ribu ton.

Direktur Pelaksana INALUM, Oggy Achmad Kosasih mengatakan bahwa ketercapaian produksi Aluminium di sepanjang tahun 2020 merupakan kontribusi dari kinerja optimal pabrik peleburan Aluminium dan implementasi protokol kesehatan yang ketat.

“Dalam pelaksanaan aktivitas produksi, INALUM senantiasa memperhatikan aspek tata kelola operasional yang baik mulai dari proses smelting Aluminium, casting hingga menjadi ingot, billet dan foundry alloy, serta memastikan keberlanjutan pembangkit listrik tenaga air,” tutur Oggy dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (17/3/2021).

“Selain itu, Perusahaan menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik di area perkantoran maupun di pabrik untuk memastikan produksi tetap terjaga,” tambahnya.

Pencatatan kinerja operasional yang baik selama pandemi menunjukkan komitmen INALUM Operasional dalam memberikan kontribusi bagi negara dan masyarakat.

“Hal ini merupakan wujud peran industri pertambangan tetap menjadi salah satu pilar penggerak ekonomi negara” kata Oggy.

Selama 45 tahun mengelola komoditas mineral strategis khususnya Aluminium dengan orientasi domestik dan ekspor, INALUM Operasional berkomitmen menjaga kualitas produk agar Aluminium yang merupakan hasil olahan mineral bauksit memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2020, INALUM Operasional memproduksi produk Primary Aluminium High Grade dengan standar London Metal Exchange (LME); Primary Aluminium Billet seri 6063, 6061 dan 6005 dengan proses homogenizing yang dapat diaplikasikan untuk konstruksi bangunan; serta Aluminium Foundry Alloy A356.2 untuk aplikasi produksi velg kendaraan bermotor dan komponen otomotif lainnya.

Sebagai salah satu industri strategis Indonesia, INALUM Operasional terus berupaya memenuhi kebutuhan dalam negeri untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui komoditas Aluminium.

“Sudah sejak tahun 2014 INALUM Operasional menjadi pemasok mayoritas produk Aluminium di Indonesia. Saat ini pangsa pasar produk Aluminium yang dihasilkan Perusahaan mencapai 81% di Indonesia” tutur Oggy.

Pada tahun 2020, INALUM Operasional sudah mencapai produksi Aluminium yang ke-8 juta ton. Pencapaian ini menjadi refleksi bagi Perusahaan untuk terus meningkatkan nilai tambah operasional secara khusus kepada pemangku kepentingan dan lingkungan di sekitar wilayah operasi serta secara umum mendukung pembangunan Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:40 WIB

Berlaku Mulai Hari Ini, Inilah Ketentuan Pengetatan PPKM Mikro

Pemerintah akan kembali melakukan penebalan dan penguatan pelaksanaan PPKM Mikro yang berlaku pada tanggal 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Menkeu Sri Mulyani (ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:20 WIB

Asiiikk, Sri Mulyani Bawa Kabar Gembira! Insentif PPnBM Sektor Otomotif dan PPN Properti Diperpanjang Hingga Akhir Tahun 2021

Pemerintah memastikan sejumlah insentif fiskal atau perpajakan seperti diskon PPnBM mobil dan PPN properti diperpanjang hingga akhir Desember 2021. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)…

Industri fesyen muslim

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:15 WIB

Kemenperin Dorong Sertifikasi Halal Produk Fesyen Muslim

Kementerian Perindustrian berperan aktif mendorong pengembangan industri halal karena memiliki potensi besar dalam memacu perekonomian nasional. Apalagi, Indonesia memiliki peluang emas untuk…

Tahan Laju Penularan Covid-19, Polda Metro Jaya Bersama Pemprov DKI Laksanakan Pembatasan Mobilitas di 10 Titik Penyekatan

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:08 WIB

Penularan Covid-19 Kian Ganas, Polda Metro Jaya Bersama Pemprov DKI Laksanakan Pembatasan Mobilitas di 10 Titik Penyekatan

Jakarta-Dalam rangka menahan laju penularan Covid-19 yang semakin hari semakin melonjak, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya bersama dengan Pemerintahan Provinsi DKI melaksanakan pembatasan…

Pembangunan Bendungan

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:59 WIB

Sebanyak 4 Bendungan Baru akan Dibangun Pada Tahun 2022

Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur ketahanan SDA terutama bendungan pada tahun…