Alumni Muda Kelompok Cipayung Desak Pemerintah Bekukan KNPI

Oleh : Herrry Barus | Sabtu, 13 Maret 2021 - 17:51 WIB

Juventus Prima Yoris Kago, Direktur Prima Institute
Juventus Prima Yoris Kago, Direktur Prima Institute

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Konflik berkepanjangan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam beberapa waktu terakhir menjadi perhatian banyak pihak. Dirundung perpecahan dari periode ke periode membuat gerah kalangan aktivis kepemudaan.

Sehingga kader muda organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung mendesak pemerintah segera membekukan wadah organ pemuda nasional tersebut dan mengembalikan penataan organisasi kepada organ-organ pendiri.

Juventus Prima Yoris Kago, Direktur Prima Institute sekaligus alumni muda Kelompok Cipayung sebagai pendiri KNPI mengatakan, refleksi konflik berkepanjangan KNPI merupakan materi evaluasi bagi semua organ kepemudaan baik yang tergabung dalam kelompok pendiri maupun anggota untuk berbenah dan kembali berjuang dalam koridor dan amanat para pendiri.

"Spirit perjuangan para pendiri mulai tergerus oleh berbagai kepentingan dan ambisi yang seharusnya sejak awal menjadi energi positif untuk bergerak bersama," ujarnya.

Mantau Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI itu meminta pemerintah secara tegas membekukan KNPI dan mengembalikan proses rehabilitasi organisasi kepada organ-organ pendiri.

"Jangan sampai pemerintah justru memberikan kesan kepada generasi muda seolah pemerintah ikut berafiliasi dengan kubu tertentu melalui gestur-gestur politik para pejabat negara terkait," tegasnya.

Juventus menilai, kongres bersama yang sedang digalakkan tidak akan menyelesaikan persoalan KNPI secara mendasar. Penyelesaian seperi itu hanya akan menjadi preseden bagi generasi selanjutnya.

"Bekukan! Kembalikan kepada amanat pendiri. Kelompok pendiri masih bergerak hingga hari ini. Kembalikan kepada mereka untuk ditata lagi," ujarnya.

Menurut dia, kegaduhan KNPI sudah merisaukan publik dan memalukan amanat para pendiri yang sedia kala membentuk komite itu sebagai wadah bersama pergerakan muda menuju Indonesia yang dicita-citakan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…