Peserta LIDA Indosiar Diajarkan Tata Busana Hingga 'Public Speaking'

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 13 Maret 2021 - 13:03 WIB

Harsiwi Ahmad, Direktur Programming SCM
Harsiwi Ahmad, Direktur Programming SCM

INDUSTRY.co.id - JAKARTA--Indosiar terus berupaya melakukan berbagai terobosan demi tetap  mempertahankan eksistensi sebagai Televisi dengan rating tertinggi.  Salah satunya dengan kembali menggelar  kompetisi dangdut terbesar di Indonesia LIDA (Liga Dangdut Indonesia) 2021. Program ini telah hadir di Indosiar mulai Sabtu, 6 Maret 2021 pukul 21:00 WIB dengan episode “Audisi LIDA 2021”

Sebelumnya Indosiar telah sukses menyelenggarakan proses audisi LIDA 2021 di 34 provinsi secara online. Berbagai upaya dilakukan oleh Indosiar untuk tetap dapat menjaring talenta-talenta dangdut terbaik di seluruh penjuru tanah air di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. 

Tahun ini Indosiar melakukan inovasi dengan menggagas Audisi Online LIDA 2021 yang sekaligus menjadi jawaban bagi seluruh generasi muda dengan bakat dangdut terbaik dari beragam daerah yang selama ini terkendala jarak dan biaya ketika mengikuti audisi langsung di Ibukota Provinsi pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta Audisi Online LIDA 2021 dibandingkan audisi-audisi LIDA di tahun sebelumnya. Banyak juga  peserta audisi yang berasal dari kabupaten-kabupaten yang sebelumnya tidak terjamah seperti Pulau Pisau (Kalimantan Tengah), Parigi Moutong (Sulawesi Tengah), Bolaang Mongondow Selatan (Sulawesi Utara), Kepulauan Meranti (Riau), Labuhanbatu Selatan (Sumatera Utara) dan masih banyak lagi lainnya. 

Tidak hanya itu peserta Audisi Online LIDA 2021 pun diikuti oleh berbagai profesi seperti pelajar, security, mu’adzin, penyanyi panggung, pelayan, guru, hingga dokter yang kesemuanya menunjukkan bakat dangdut terbaik dan tidak menyurutkan semangat untuk mengikuti Audisi Online LIDA 2021 di tengah kondisi pandemi.

Bukan hal yang mudah bagi Indosiar untuk melakukan seleksi ketat dari ribuan peserta Audisi Online LIDA 2021 hingga terpilih 70 Duta Provinsi dari 34 Provinsi yang menguasai berbagai genre musik seperti lagu daerah, pop, rock, jazz, arab, melayu serta qasidah. Indosiar akan memperkenalkan 70 Duta Provinsi kepada Indonesia lewat Konser Bhinneka Tunggal Ika pada hari Minggu, 14 Maret 2021 LIVE pukul 20.30 WIB. Kemudian para Duta Provinsi dibagi melalui drawing ke dalam 14 grup dan langsung bertarung keesokan harinya di panggung megah LIDA 2021 demi memperebutkan piala bergilir serta gelar Juara LIDA 2021 menyusul kesuksesan Selfi (Sulawesi Selatan) LIDA 2018, Faul (Aceh) LIDA 2019 dan Meli (Jawa Barat) LIDA 2020.

Ajang pencarian bakat LIDA (Liga Dangdut Indonesia) yang sempat dinobatkan sebagai “Program Pencarian Bakat dengan Peserta dari Provinsi Terbanyak” oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) ini telah melahirkan bintang dangdut masa kini yang sukses bersaing di industri hiburan tanah air bahkan di kancah internasional. Pencapaian ini tentu bukan menjadi akhir pencapaian bagi Indosiar untuk terus berupaya melahirkan bintang-bintang muda dengan bakat dangdut terbaik. Memasuki tahun keempat penyelenggaraan LIDA, Indosiar tetap melibatkan bintang-bintang jebolan talent search nya sebagai Host, Dewan Juri serta Sahabat Duta dalam LIDA 2021 sehingga menjadi lebih fresh untuk disaksikan. 

“LIDA 2021 ini dipastikan akan menjadi kompetisi dangdut yang kian menarik dari 70 Duta Provinsi dengan latar belakang budaya, profesi, bahkan tingkat kemampuan menyanyi dangdut yang mumpuni. Komitmen Indosiar tetap menyelenggarakan LIDA 2021 kian terbukti dengan selalu menyediakan panggung megah bagi putra putri daerah terbaik untuk bertransformasi menjadi bintang yang di elu-elukan masyarakat Indonesia di tengah kondisi pandemi COVID-19 dengan inovasi teknologi audisi online dan konser LIVE yang akan mengikuti prokes COVID-19”, tutur Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM.

Selain meraih gelar juara, hadiah uang tunai senilai Rp 1 Miliar juga akan diperebutkan oleh 70 Duta Provinsi yang mewakili 34 Provinsi di Indonesia. Setiap provinsi diwakilkan oleh 2 Duta Provinsi, sedangkan khusus untuk Provinsi Jawa Barat dan Maluku Utara yang berhasil meraih Juara 1 dan 2 di LIDA 2020 memperoleh tambahan 1 kuota sehingga diwakili oleh 3 Duta Provinsi. Selama berkompetisi ke-70 Duta Provinsi juga mendapat pembekalan berupa ilmu bermanfaat dari sejumlah Coach yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya yakni Adibal untuk olah vokal, Edwin dan Cahu untuk koreografi dan Bunda Romi sebagai psikolog. Selain itu, tahun ini juga ada tambahan pembekalan, yakni mereka akan mendapatkan pembekalan public speaking oleh para host Fokus Indosiar antara lain Ryan Wiedaryanto dan Zulfikar Naghi.

Indosiar akan membagi 70 Duta Provinsi yang telah terpilih menjadi dua tim yakni Tim Merah dan Tim Putih. Kompetisi akan dimulai dengan Konser Top 70 Grup 1 Merah pada hari Senin, 15 Maret 2021 LIVE pukul 20.30 WIB yang kemudian berlanjut pada hari Selasa, 16 Maret 2021 LIVE pukul 20.30 WIB dengan Konser Top 70 Grup 1 Putih. Soimah, Inul Daratista, Nassar, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, Rita Sugiarto, dan Nita Thalia akan bertugas sebagai deretan Dewan Juri di Tim Merah.

Sementara Dewan Juri di Tim Putih akan hadir bintang-bintang jebolan ajang pencarian bakat Indosiar dengan segudang talenta dan pengalaman di panggung musik tanah air diantaranya Lesti DA, Fildan DA, Reza DA, dan Weni DA. Komposisi Dewan Juri dari Tim Merah dan Tim Putih ini tentu akan semakin menambah warna kompetisi berbeda di tiap episode LIDA 2021. Nantinya setelah kompetisi kian mengerucut di Konser Top 28 LIDA 2021, seluruh Dewan Juri dari Tim Merah dan Tim Putih akan bergabung dan dipastikan pertarungan antar Duta Provinsi kian sengit. Penampilan para Duta di panggung megah LIDA 2021 akan semakin lengkap dengan kehadiran barisan Fashion Guru diantaranya Diana Putri, Fomalhaut Zamel, Defrico Audi dan Eko Tjandra. Squad Fashion Guru semakin berwarna dengan kehadiran wajah baru yakni Yosep Sinudarsono yang akan memberikan penilaian atas busana yang dikenakan oleh Duta Provinsi. 

Pemirsa Indosiar akan dimanjakan dengan kehadiran bintang Indosiar lainnya yaitu Rara LIDA dan Jirayut DAA sebagai pembawa acara bersama Irfan Hakim, Ramzi, Gilang Dirga. Tidak hanya itu, tidak tanggung-tanggung Indosiar juga menghadirkan host senior, Ruben Onsu serta komedian yang juga jebolan Stand Up Comedy Academy, Arafah SUCA sebagai pembawa acara yang akan semakin meramaikan panggung LIDA 2021. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jaleswari Pramodhawardani Deputi V Kantor Staf Presiden RI

Rabu, 23 Juni 2021 - 07:00 WIB

KSP: Perpres RANHAM 2021 – 2025 Merupakan Peta Jalan Pelaksanaan Tanggung Jawab HAM Pemerintah

Dengan dikeluarkannya RANHAM generasi kelima ini, peta jalan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan (5P) HAM untuk lima tahun ke depan semakin jelas dengan ditetapkannya…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan Menkes Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Rabu, 23 Juni 2021 - 06:00 WIB

Isolasi Terpusat OTG Nagrak dan 4 Posko PPKM Mikro di Sidak Panglima TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan Menkes Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak)…

Prajurit Brigif 2 Marinir Cilandak

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:40 WIB

Prajurit Batalyon Infanteri 6 Marinir Cilandak Drill Ratsus

Guna mengasah serta meningkatkan taktik bertempur, Prajurit Batalyon Infanteri 6 Marinir (Yonif 6 Mar) melaksanakan drill Pendaratan Khusus (Ratsus) di lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir…

Prajurit Brigif 2 Marinir Sidoarjo

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:20 WIB

Prajurit Brigif 2 Marinir Sidoarjo Laksanakan Pembinaan Fisik

Menjelang seleksi Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) prajurit Brigif 2 Marinir melaksanakan program pembinaan dan meningkatkan kemampuan fisik dengan latihan fisik di Kesatrian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:00 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Tinjau Isolasi Terpusat OTG dan Kelurahan Rorotan Cilincing

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., meninjau isolasi terpusat…