BPK Bersama Lazismu Audit Program BPKH Untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 07 Maret 2021 - 19:33 WIB

Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.
Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

INDUSTRY.co.id -YOGYAKARTA  - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi dua lembaga pendidikan di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu yakni Sekolah Dasar Unggulan 'Aisyiyah (SDUA) Ngemplak, Sleman, dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Kunjungan tersebut dalam rangka audit keuangan BPK kepada BPKH. Karena BPKH menyalurkan donasi melalui Lazismu guna membantu pembangunan SDUA Ngemplak Sleman dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Sekretaris Tim Pengembangan Kampus Terpadu Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Muhammad Ikhwan menyebutkan bahwa proses audit ini bersifat konfirmasi. “Dana yang disalurkan digunakan untuk renovasi atau perbaikan gedung,” jelas Muhammad Ikhwan. 

Ikhwan berharap agar ada lebih banyak penerima manfaat dari BPKH sekaligus ada penyederhanaan prosedur pengajuan. Harapan lainnya, Lazismu terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas agar menjadi lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat. “Semoga tetap amanah," imbuhnya.

Untuk audit di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, langsung dihadiri Ketua BP Lazismu Pusat, Hilman Latief. Audit BPK ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat, khususnya kerja sama BPKH dengan Lazismu Pusat. BPK juga mengonfirmasi jika dana telah dibelanjakan dan digunakan sesuai peruntukan.

Di SDUA Ngemplak, kegiatan itu dihadiri oleh Eny Muslichah Wijayanti, PIC program kerja sama Lazismu dan BPKH untuk pembangunan SDUA Ngemplak bersama Mahsunah Syakir. 
Eny Muslichah Wijayanti  mengungkapkan bahwa audit tersebut berjalan lancar dan baik. “Semua bukti pembangunan dan data administrasi telah lengkap. Tidak ada masalah apapun. Audit dari BPK detail sekali,” kata Eny Muslichah Wijayanti. 

Eny menambahkan, lantaran ini merupakan dana umat, harus secara detil dan jangan salah sasaran. “Di SDUA tidak ada masalah. Semua sudah beres," tambah Eny.

Eny juga mengatakan, Lazismu dan BPKH telah bekerja sama dalam beragam program. “Yang menjadi sample untuk diaudit oleh BPK adalah program pembangunan SDUA Ngemplak dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Kebetulan samplingnya SDUA dan Muallimin Jogja," tukas Eny.

Adapun, Eny bersyukur Lazismu semakin lebih dipercaya oleh BPKH. Bahkan, beberapa waktu lalu Lazismu pernah mendapatkan penghargaan di ajang ‘BPKH Award’. Ia berharap kerja sama antara Lazismu dengan BPKH dapat berjalan semakin baik. 

Diketahui, BPKH telah beberapa kali menyalurkan dana bantuan melalui Lazismu. Mulai dari bantuan korban tsunami di Palu, paket sembako untuk masyarakat terdampak pandemi, dan bantuan dapur umum korban gempa bumi di Sulawesi Barat. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…