Dukung Peningkatan Kualitas SDM, Grup ABM Hadirkan Program Pelatihan Operator Alat Angkut Crane di Meulaboh

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Maret 2021 - 17:01 WIB

Grup ABM Hadirkan Program Pelatihan Operator Alat Angkut Crane
Grup ABM Hadirkan Program Pelatihan Operator Alat Angkut Crane

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tren harga komoditas batu bara terus meningkat seiring dengan prospek pemulihan ekonomi dunia yang membaik. Agar mampu bersaing, tentunya dibutuhkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di bidang peralatan angkat yang mumpuni sehingga produktivitas pun dapat terus ditingkatkan.

Menyadari hal tersebut, ABM melalui anak usahanya, yaitu PT Dianta Daya Embara (DDE) dan PT Mifa Bersaudara (Mifa) menghadirkan Program Pelatihan Operator Peralatan Angkat Crane di Meulaboh guna mendukung peningkatan kemampuan dan pemberdayaan pemuda, khususnya di wilayah Aceh Barat.
 
Adrian Erlangga selaku Direktur ABM menjelaskan bahwa program pelatihan ini merupakan salah satu wujud konsistensi ABM dalam memperkuat strategi Mining Value Chain perusahaan.

“Industri pertambangan batubara merupakan sektor industri yang memiliki peran besar dalam mendukung pembangunan nasional. Kami berharap pelatihan ini dapat mengoptimalkan sinergi diantara anak usaha dalam Grup ABM selain memberikan kontribusi positif untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional ABM.” jelas Adrian dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (6/3/2021).
 
Hadirnya program ini merupakan inisiatif dari DDE dan Mifa yang dilatarbelakangi oleh komitmen berkelanjutan perusahaan dalam mendukung pengembangan serta ketersediaan SDM di profesi operator peralatan angkat crane. 

Ricky Nelson, Direktur Utama Mifa menjelaskan bahwa peran operator peralatan angkat crane sangatlah penting dalam proses penambangan batubara.

“Setidaknya operator peralatan angkat harus memenuhi tiga aspek, yaitu posisi kritikal dalam hal kecepatan bongkar muat batubara dan property damage, skill atau keahlian khusus yang memadai, serta paham dan dapat menerapkan aspek Kesehatan, Keselamatan, Kerja & Lingkungan Hidup (K3LH)” jelas Ricky.
 
Model pelatihan yang diimplementasikan dalam program pengembangan operator crane kali ini telah disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendapatkan sertifikasi Surat Izin Operator (SIO) resmi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, meliputi serangkaian materi kelas, ujian teori, serta praktek langsung di lapangan. 

Satrio Daru Sasongko, Direktur DDE mengungkapkan bahwa pelatihan operator ini akan dilakukan secara berkesinambungan dengan harapan hasilnya dapat melahirkan SDM berkualitas yang memiliki skill terbaik di bidangnya.

“Dalam pelaksanaannya program pelatihan ini dilakukan dengan berbagai tahapan, mulai dari tahapan seleksi, observasi area kerja di vessel, hingga pelaksanaan model pelatihan dan kerja magang DDE Stevedoring,” jelas Satrio.
 
ABM hadir sebagai perusahaan energi terintegrasi yang mengelola ekosistem usaha pertambangan yang tersinergi. “Sejalan dengan nilai perusahaan, yaitu pengembangan berkelanjutan, ABM terus berupaya memberikan added value dimanapun kami beroperasi,” tutup Adrian.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Prajurit Yontaifib 2 Mar Surabaya

Minggu, 09 Mei 2021 - 06:00 WIB

Prajurit Yontaifib 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Menembak

Dalam rangka mengasah kemampuan prajurit dalam menembak dan untuk mempererat tali silaturahmi di bulan Ramadhan, Prajurit Yontaifib 2 Mar dan prajurit Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut berlatih…

Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Menbanpur 1 Mar Berbuka 650 Takjil Sebagai Berkah Ramadhan

Dalam rangka berbagi kebaikan dalam Bulan Ramadhan ini, Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Menbanpur 1 Mar) membagikan takjil dan hidangan nasi kotak untuk berbuka puasa kepada Yayasan…

Nicholas Youwe

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:00 WIB

Nicholas Youwe: Veronica Koman Anda Tidak Punya Hak Bicara Masalah Papu

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…