Gelar IGDS 2021, Kemenperin Bakal Telurkan Produk Indonesia yang Berkarakter dan Bernilai Tinggi

Oleh : Ridwan | Kamis, 04 Maret 2021 - 19:50 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS) yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18 kali.

IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan perusahaan industi Indonesia.

IGDS telah melalui perjalanan panjang dalam menghadirkan kekayaan desain produk industri Indonesia. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2001 hingga terakhir pada 2020 yang pada tanggal 10 Desember 2020 dianugerahkan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, desain produk memberikan nilai tambah yang signifikan pada produk itu sendiri.

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri sangatlah besar.

"Nilai tersebut tercatat mencapai USD45,38 miliar pada tahun 2019 dan diproyeksi akan mencapai USD65,41 miliar pada akhir tahun 2026, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3% selama tahun 2021-2026," kata Gati saat peluncuran IGDS 2021 secara virtual (4/3/2021).

Menurutnya, fakta tersebut menunjukkan besarnya peluang di sektor desain industri yang dapat terus dimaksimalkan, sehingga perlu dibutuhkan kolaborasi yang tepat di antara pemerintah, desainer, pelaku bisnis dan industri.

Mengusung tema 'Produk Indonesia Berkarakter', kompetisi IGDS 2021 diharapkan mamapu mencerminkan karakter positif berbagai jenis industri di Indonesia.

Selain itu, IGDS 2021 diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan kualitas dan manfaat produk untuk masyarakat dan mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan.

Pada gelaran IGDS 2021, Kemenperin menggandeng enam asosiasi desain Indonesia yaitu, Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Federasi Pengemasan Indonesia (IPF).

"Upaya kerja sama ini untuk memberikan nilai tambah peningkatan daya saing produk industri nasional," terang Dirjen IKMA.

Penghargaan IGDS memiliki dua kategori penghargaan. Pertama, IGDS Design Product yang diberikan untuk desain produk industri berkualitas baik, baik yang telah maupun masih diproduksi atau dipasarkan.

Kedua, IGDS Design Concept, yaitu penghargaan yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk prototype atau sampel produk.

"Desainer terbaik berkesempatan memenangkan sertifikat, trofi, penggunaan logo IGDS, uang pembinaan, serta pembinaan produk," tuturnya.

IGDS 2021 akan menghadirkan lima jenis penghargaan, yaitu Good Design, yang akan diberikan kepada produk yang memenuhi kriteria good design, kemudian Best 20 yang bakal diberikan kepada 20 produk terbaik, Peoples Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih langsung oleh masyarakat umum, Best 3 yang diberikan kepada tiga produk terbaik, dan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik.

Peserta IGDS setiap tahunnya terus meningkat, setidaknya dalam lima tahun terakhir pelaksanaannya. Dari 99 produk pada tahun 2016, menjadi 243 produk pada 2017, kemudian hingga 333 produk pada 2019, dan sebanyak 386 produk pada 2020.

Pendaftaran IGDS 2021 mulai berlangsung pada 4 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021 di laman igds.kemenperin.go.id. Rangkaian IGDS 2021 akan dilanjutkan dengan Sosialisasi, Seleksi Administratif, Penjurian Tahap I, Penjurian Tahap II, Penjurian Tahap III dan puncak acara yaitu Penganugerahan Penghargaan IGDS 2021.

Gati berharap semoga gelaran IGDS tahun 2021 dapat melahirkan produk jadi maupun konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis dan berkarakter, namun juga fungsi serta mendatangkan manfaat ekonomi bagi desainer dan dunia industri selaku pemilik desain dalam menghasilkan produk bernilai tinggi untuk terus maju hingga menembus pasar internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…