Kabar Baik Buat Lansia ber-KTP Jakarta! Kemenkes Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis Secara Drive Thru di JIEXPO Kemayoran Hingga Satu Minggu Kedepan

Oleh : Candra Mata | Kamis, 04 Maret 2021 - 12:35 WIB

Vaksinasi Lansia Drive Thru
Vaksinasi Lansia Drive Thru

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Kesehatan bersama Gojek dan Halodoc menggelar vaksinasi massal COVID-19 bagi 6000 lansia ber-KTP DKI Jakarta di JIEXPO Kemayoran mulai Rabu (3/3/2021) hingga satu minggu kedepan. 

Vaksinasi di JIEXPO Kemayoran ini mengusung metode drive thru, yakni dimana seluruh tahapan vaksinasi dilaksanakan di atas kendaraan.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi drive thru yang digelar hari ini. Kami berharap agar gerakan bersama ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh komponen bangsa untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi nasional," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (4/3/2021). 

Menurutnya, pemerintah sendiri menargetkan 181,5 juta penduduk Indonesia akan mendapatkan vaksin COVID-19. Proses penyuntikan telah dimulai sejak 13 Januari yang lalu dan ditargetkan rampung dalam waktu satu tahun. 

Adapun terkait dengan ketersediaan vaksin, hingga bulan Juni dikatakannya, jumlah vaksin yang akan tersedia di Indonesia sekitar 90 juta dosis vaksin. 

"Dengan jumlah yang ada, pada 6 bulan pertama ini, vaksinasi diprioritaskan bagi 45 juta orang atau sekitar 20-25%, sementara pada semester kedua nanti jumlah sasaran diperkirakan mencapai 140 juta orang," jelas Menkes Budi.

Menkes juga menekankan untuk menyelesaikan target tersebut perlu dukungan dari seluruh elemen bangsa. 

Untuk itu, pihaknya membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua orang maupun instansi untuk terlibat dan berkontribusi menyukseskan program vaksinasi nasional.

Sementara terkait dengan alur pelaksanaan vaksinasi drive thru, penyelenggara menyediakan 4 pos mulai dari pos verifikasi, cek kesehatan, vaksinasi dan yang terakhir observasi. 

Untuk diketahui, secara prinsip tahapan yang dilaksanakan hampir sama dengan metode vaksinasi non-drivethru, hanya saja khusus vaksinasi drivethru seluruh lansia tidak perlu turun dari kendaraan. 

Kemudian, setelah divaksin para lansia diminta menunggu selama 30 menit. Sasaran bisa menunggu di dalam mobil maupun di tenda yang telah disediakan. 

Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas. 

Untuk mengantisipasi kejadian pasca vaksinasi, di lokasi observasi penyelenggara dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 2 mini ICU, Ambulance berkelling, serta motor Unit Reaksi Cepat (URC) keliling guna mengantisipasi apabila ada keluhan dari para peserta vaksinasi.

Pelayanan vaksinasi ini sendiri melibatkan sejumlah tim tenaga kesehatan dan vaksinator yang berasal Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan RS Hermina Kemayoran. 

Selain itu untuk mengatur kelancaran kegiatan penyelenggara juga mengerahkan tim yang siap membantu mengarahkan para sasaran mulai dari proses registrasi hingga mereka menerima sertifikat bukti telah divaksin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…