Anies Baswedan Sambut Baik Paguyuban Warga Apartemen DP 0 Rupiah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 28 Februari 2021 - 15:49 WIB

Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyambut baik Paguyuban Warga Samawa. (IST)
Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyambut baik Paguyuban Warga Samawa. (IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung penuh kehadiran Paguyuban Warga Samawa yang telah berkiprah selama setahun. Sambutan Anies diucapkan untuk menyambut milad organisasi resmi satu-satunya warga apartemen DP 0 Rupiah tersebut.

"Pada hari ini, saya ingin menyampaikan selamat kepada Paguyuban Warga Samawa yang hari ini menggenapi usia satu tahun. Paguyuban Warga Samawa ini berdiri sebagai kelanjutan dari program perumahan DP0 yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar Anies dalam sambutannya yang disampaikan secara daring, Ahad (28/2/2021).

Anies berharap kehadiran Paguyuban Warga Samawa bisa mendukung program yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Samawa adalah akronim dari Solusi Rumah Warga, dengan kehadiran menara Samawa kita berharap masalah keterbatasan hunian di Jakarta bisa teratasi," ujar Anies.

Senada dengan Anies, Walikota Jakarta Timur M. Anwar juga menyambut baik kehadiran Paguyuban Warga Samawa.
 
"Semoga paguyuban ini menjadi wadah silaturahim warga, tempat bertukar pikiran dan menampung ide-ide kreatif warga untuk mendukung program-program Pemprov DKI Jakarta," tegas Anwar.

Peringatan Milad Paguyuban Warga Samawa sendiri dilaksanakan secara daring dihadiri warga penghuni Menara Samawa menggunakan aplikasi Zoom. Selain itu, Paguyuban menyelenggarakan operasi pasar murah bekerja sama dengan badan usaha milik daerah PD Pasar Jaya dan PD Darma Jaya.  

Ketua Paguyuban Warga Samawa M. Ikhsan Badruddin menjelaskan, pertemuan secara online acara milad ini bertujuan untuk menjadi ajang silaturahmi antar warga di masa pandemi. Selain itu menjadi ajang laporan kinerja pengurus paguyuban selama setahun kepada warga.   

“Hingga saat ini sudah ada 504 kepala keluarga yang menghuni Menara Samawa tersebar di 21 lantai. Setiap lantai memiliki koordinator. Selain itu, setiap aktivitas warga juga diwadahi dalam unit aktivitas seperti Dewan Kesejahteraan Musholla Samawa, Persekutuan Warga Nasrani Samawa, hingga kegiatan olahraga seperti senam, futsal, dan tenis meja.

Lebih lanjut Ikhsan menjelaskan, jejaring Paguyuban Warga Samawa juga aktif menyelenggarakan gerakan sosial kemasyarakatan, dengan semangat guyup rukun dan gotong royong sesama warga di lingkungan Pondok Kelapa seperti memberikan bantuan korban kebakaran dan banjir.

"Ke depannya kami akan lebih giat memanfaatkan paguyuban untuk menjadi wadah pengembangan dan pemberdayaan warga dan pengembangan kegiatan usaha untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 secara ekonomi," tutur Ikhsan.

Ikhsan menuturkan, pandemi covid-19 secara langsung berdampak pada warga, karena itulah Paguyuban Warga Samawa mulai mengaktifkan kegiatan ekonomi melalui Koperasi Warga Samawa Jaya, Bank Sampah Samawa, dan pertanian urban dengan hidroponik,

Selama masa pandemi covid-19, mayoritas aktivitas warga Menara Samawa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan beragam platform digital dan sejumlah aktivitas sosial berlangsung tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…