Dulu Dibully Kini 'Mak Beti' Jadi Merek Rokok Elektrik, Arif Muhammad Terharu

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 28 Februari 2021 - 09:12 WIB

Arif Muhammad memperkenalkan produk rokok electric yang menggunakan nama karakternya "Mak Beti"
Arif Muhammad memperkenalkan produk rokok electric yang menggunakan nama karakternya "Mak Beti"

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Nasib orang memang tidak ada yang tahu. Demikian juga yang dialami oleh influencer bernama asli Arif Muhammad yang dikenal di dunia media sosial sebagai _Mak Beti_.  Sebuah nama karakter yang kini menjadi merek rokok elektrik (vape) yang diluncurkan Sabtu (27 februari 2021) kemarin. 

"Saya sunggu terharu bahwa nama karakter saya, mak beti dijadikan merek vape. Tadinya saya ragu apakah nama ini bisa menjual. Tapi teman teman meyakinkan bahwa nama Mak Beti sudah layak jadi nama merek. Kebetulan produknya adalah vape dengan rasa khusus yakni Regal susu," kata Arif Muhammad. 

Bagi Rizki Tamam dari Senso Liquid,  untuk mendapatkan rasa Regal Susu yang disebut sebagai sarapan pagi Mak Beti, telah melalui percobaan berulang ulang. " Arif sendiri ikut menentukan rasanya sudah pas atau belum, " katanya. 

Sementara Arif Budiman dari 2thumbs distribution mengatakan pihaknya siap dengan strategi pemasaran untuk bisa mengalahkan kompetitor yang sudah lebih dulu ada dan sama sama menggunakan selebgram atau influencer sebagai brand amabasador nya. 

Hal senada disampaikan oleh Prasetyo dari Come on Project yang siap menjadikan produk vape ini dikenal luas dan trending topic dikalangan vape mania. 

Salah satu alasan kuat bagi mereka adalah saat ini, kanal YouTube Arif Muhammad sudah memiliki 11 juta subscribers dengan hampir 250  video unggahan. Sebuah angka yang tidak main main bagi seorang influencer.  

Arif sendiri mengaku sudah mendapatkan materi yang cukup dari hasilnya membuat konten di youtube. "Alhamdulillah sampai saat ini materi yang saya peroleh bisa dinikmati oleh keluarga inti dan juga orang orang lain. Saya tidak akan lupa dari mana saya berasal, " ujarnya. 

Sebelum jadi influencer seperti  yang dikenal sekarang, Arif sempat jadi  TKI di Abu Dhabi.  Ia bekerja sebagai house keeper selama kurang lebih lima tahun. Saat itu tidak ada pilihan, Arif Muhammad memutuskan menjadi TKI karena kebutuhan ekonomi yang mendesak. Terlebih, ia merupakan laki-laki satu-satunya yang ada di keluarga.

Kemunculan karakter Mak Beti sebenarnyaa karena rindu dengan kampung halaman. Arif Muhammad mencoba untuk mengobati rasa rindunya. "2013, karena kangen dengan suasana di Medan, biasanya kalau di Medan alarm pagi yang bangunin untuk berangkat kuliah itu tetangga sebelah manasin becak motor dan ibu-ibu marahin anaknya, di Abu Dhabi cuma alarm biasa," kata Arif Muhammad. 

Kemudian, dia mencoba-coba membuat video parodi di Instagram-nya. Dengan segala keterbatasan, ia lalu menciptakan karakter Mak Beti yang dimainkan sendiri olehnya. Beti sendiri ternyata merupakan panggilan Arif Muhammad sejak kecil.

Video-video Mak Beti berakhir viral di media sosial dan membuat Arif Muhammad menjadi terkenal. Ia akhirnya memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan membangun kariernya di platform YouTube dengan karakter Mak Beti.  demi membuat video di YouTube."Tapi aku pelan-pelan ngasih tahu bahwa ini pertunjukan seni, di mana satu orang bisa membelah diri," katanya.

Tak hanya itu, Arif Muhammad juga sempat dicerca dan menerima perundungan dari netizen. Para perundung tersebut akhirnya berubah menjadi followers setelah mengetahui betapa sulitnya proses pembuatan video-video Mak Beti. "Pasti adalah bully, tapi sekarang yang bully itu jadi followers karena dia tahu prosesnya," kata Arif. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…