Wow, Cetak Rekor! Makanan Favorit Warga RI Jengkol Berhasil Diekspor Perdana ke Jepang

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 27 Februari 2021 - 12:50 WIB

Petugas Bea Cukai Teluk Bayur Sumatera Barat sedang Memeriksa Jengkol swbelum di ekapor ke Jepang
Petugas Bea Cukai Teluk Bayur Sumatera Barat sedang Memeriksa Jengkol swbelum di ekapor ke Jepang

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jengkol yang menjadi salah satu makanan favorit sebagian masyarakat Indonesia, kini telah berhasil merambah pasar luar negeri. 

Ya, hal ini menjadi yang pertama kalinya, dimana komoditas jengkol asal Pariaman, Sumatera Barat berhasil diekspor ke Jepang. 

Keberhasilan ini juga berkat upaya pemerintah, khususnya Bea Cukai, yang secara kontinyu menggali potensi ekspor di berbagai daerah.

Kepala Kantor Bea Cukai Telukbayur Hilman Satria mengungkapkan bahwa upaya Bea Cukai akan terus mendorong kegiatan ekspor sesuai dengan program pemerintah. 

“Hal ini sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang salah satu tujuannya adalah untuk mendorong ekspor di berbagai wilayah di Indonesia,” ungkap Hilman seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman APBN KiTA Kemenkeu pada Minggu (27/2/2021).

Dikatakannya, lewat program  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Telukbayur membantu UMKM di daerah Pariaman yang membudidayakan jengkol, atau biasa disebut masyarakat minang jariang, untuk dapat mengekspor produksinya ke luar negeri. 

Jengkol yang diekspor merupakan jengkol yang belum diolah. 

“Ekspor perdana komoditas ini digunakan sebagai barang contoh atau sample yang nantinya akan digunakan sebagai bahan masakan,” ungkapnya.

Asal tau saja, sebanyak 24 Kilogram jengkol berhasil diekspor ke Jepang lewat kerja sama dengan PT Aspac Cargo.

Hilman juga menyatakan meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, ini merupakan langkah awal untuk menambah jenis komoditas ekspor dari Ranah Minang. 

"Diharap ke depannya ekspor jengkol akan terus berlanjut guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 KRI Teluk Hading 538

Senin, 19 April 2021 - 04:30 WIB

KRI Teluk Hading 538 Angkut 450 Prajurit Yonif 100 Raider Menuju Pelabuhan Belawan Medan

KRI Teluk Hading 538 salah satu unsur Kolinlamil melaksanakan operasi angkutan laut militer yang mengangkut pasukan Batalion Infanteri (Yonif) 100 Prajurit Setia Raider setelah selesai melaksanakan…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…