LP3KRI Desak Kejari Tanbu Telisik Dugaan Perubahan APBD 2021

Oleh : Candra Mata | Jumat, 19 Februari 2021 - 11:15 WIB

LSM LP3KRI Tanbu melaporkan dugaan perubahan APBD 2021 ke Kejari Tanbu
LSM LP3KRI Tanbu melaporkan dugaan perubahan APBD 2021 ke Kejari Tanbu

INDUSTRY.co.id - Lembaga Penyelidikan, Pemantauan dan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (LP3KRI) Cabang Kabupaten Tanah Bumbu yang didampingi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lintah Indonesia, mengantarkan laporan dugaan perubahan APBD 2021 ke Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, Kamis (12/2/2021).

Setelah menyerahkan surat laporan, LP3KRI dan LSM Lintah Indonesia mengelar konferensi pers kepada wartawan Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Ketua LP3KRI Cabang Tanah Bumbu, Muslim Ma’in mengatakan, pihaknya sudah mengantarkan laporan ke Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu. Laporan diterima oleh petugas kantor Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, dan memberikan tanda terima.

“Laporan yang kami serahkan ini adanya indikasi, yang pertama, adanya dugaan perubahan anggaran APBD tahun 2021 yang berkisar sekitar Rp 70 milir yang dilakukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tanah Bumbu tanpa pengetahuan pihak DPRD Tanah Bumbu yang sudah diparipurnakan,” kata Muslim Ma’in dalam keterangannya yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (19/2/2021).

Menurut Muslim, dugaan perubahan APBD Tahun 2021 ini melanggar Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Permendagri.

“Kami juga turut melaporkan adanya indikasi pekerjaan proyek penunjukan langsung PL) yang dilaksanakan tanpa adanya RAB serta gambar dan pelang proyek,” tutur Muslim.

Muslim memaparakan, laporan ini akan ditembuskannya ke Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Selatan, Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, serta Kejaksaan Republik Indonesia.

“Saya meminta agar pihak Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu bisa menindaklanjuti laporan ini. Apabila perkara ini tidak ditindak lanjuti maka kami akan menembusi ke Kejaksaan tembusan lainnya,” ujar Muslim.

Ketua LSM Lintah Tanbu, Rudi Hartono, mengatakan Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu agar melakukan investigasi atau penyelidikan terhadap dugaan perubahan anggaran APBD tahun 2021 yang berkisar sekitar Rp 70 miliar yang disampaikan Ketua (LP3KRI) cabang Tanbu.

Rudi berharap penegak hukum bisa segera menindaklanjuti, bukan hanya sebagai berkas laporan.

“Besar harapan kami agar dana anggaran APBD itu bisa digunakan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya, atas dasar itulah kami melaporkannya,” ujar Rudi.

Rudi akan memberikan data dukung pelaporan itu, baik softcopy dan printout ke penegak Hukum.

“Jadi kami menunggu penegak hukum melakukan tindakan-tindakan nyata untuk melakukan penyelidikan dugaan perkara ini,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dar Edi Yoga

Rabu, 17 April 2024 - 06:40 WIB

DK PWI Dinilai Tidak Tegas, Harus Ada Proses Hukum dan Mosi Tidak Percaya

Kasus dugaan penyelewengan dana bantuan BUMN untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, mulai menemui titik terang.

Ilustrasi industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Rabu, 17 April 2024 - 06:17 WIB

Buntut Protes Keras BP2MI, Pengusaha Tekstil Desak Aparat Selidiki Permainan Curang Importir

Stakeholder industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta aparat melakukan penyelidikan secara mendalam terkait protes keras yang dilakukan oleh Kepala BP2MI terhadap pemberlakuan Permendag…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.