Berawal dari Makan Siang, Wishnutama Jadi Komut Telkomsel

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 11 Februari 2021 - 15:06 WIB

Menparekraf Wishnutama Kusubandio
Menparekraf Wishnutama Kusubandio

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio resmi dilantik sebagai Komisaris Utama PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel. Mengutip Tempo.co, tawaran ini datang saat Wishnutama menghadiri undangan makan siang bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir di Kantor BUMN, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Februari 2021.

“Kami mengobrol santai. Lalu (Erick) tanya, mau atau enggak untuk membantu di BUMN,” kata Wishnutama, seperti melansir Tempo, Kamis, 11 Februari 2021.

Wishnutama mengaku belum mengetahui posisi yang ditawarkan Erick kepadanya kala itu. Dalam pertemuan tersebut, Erick hanya meminta Wishnutama bergabung di anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, yakni Telkomsel.

Saat itu, Wishnutama pun menyatakan kesanggupannya. Sebelum menemui Erick, dia tak mengetahui rencana penunjukannya sebagai bos Telkomsel. Sebab, belum pernah ada pembicaraan antara Telkomsel, Telkom, maupun Kementerian BUMN kepada dia soal posisi ini.

Seusai makan siang dengan Erick Thohir, Wishnutama memperoleh kabar dari Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah. “Kemarin sore menjelang malam dikasih tahu Pak Ririek kalau saya ditunjuk sebagai Komisaris Utama Telkomsel,” katanya.

Ia pun mengatakan siap melaksanakan tugas baru yang diberikan. “Maulah pasti. Ini kan passion saya di digital. Ini menarik,” ujar Wishnutama

Wishnutama resmi dilantik sebagai Komisaris Utama Telkomsel dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS hari ini. Ia mengakui telah memiliki tiga fokus yang akan dikerjakan untuk mengembangkan perusahaan. Pertama, ia akan mendorong percepatan digitalisasi baik dari sisi layanan maupun manajemen.

Telkomsel, kata Wishnutama, akan menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang menerapkan data driven. Menurut dia, Telkomsel harus bisa membangun artificial intelligence dan machine learning untuk meningkatkan daya tarik dan pengalaman pelanggan.

Di tengah pandemi, mantan bos televisi nasional tersebut mengungkapkan perusahaan perlu menangkap peluang dari akselerasi dunia digital yang berkembang pesat. Akselerasi digital pun diyakini akan meningkatkan hubungan antara konsumen dan perusahaan.

Fokus kedua, Wishnutama akan mendorong perusahaan menjadi agregator bagi film, konten, musik, dan produk-produk seni serta hiburan lainnya. Saat ini, Telkomsel telah memiliki fitur yang berhubungan dengan konten-konten hiburan. “Karena dasarnya kuat,” ucap dia.

Ketiga, entitas pun akan diupayakan membangun sisi digital properties dan memperluas penetrasi jaringan. Meski telah menjadi operator telepon seluler terbesar di Tanah Air, Wishnutama meminta Telkomsel tidak berpuas diri. “Karena kompetitor yang lain juga tidak berdiam diri. Tidak tidur,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…