Forum Wartawan Teknologi Gandeng BenihBaik dan Tokopedia Buka Donasi untuk Jurnalis dan Pekerja Informal Terdampak Covid-19

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Februari 2021 - 11:04 WIB

Forum Wartawan Teknologi Gandeng BenihBaik dan Tokopedia Buka Donasi
Forum Wartawan Teknologi Gandeng BenihBaik dan Tokopedia Buka Donasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Forum Wartawan Teknologi (Forwat) bersama BenihBaik.com dan Tokopedia membuka donasi untuk jurnalis dan para pekerja di sektor informal yang terdampak Covid-19. Penggalangan donasi ini bertujuan untuk meringankan beban para wartawan dan para pekerja sektor informal yang terpapar Covid-19.

Wakil Ketua Umum Forwat, Insaf Albert Tarigan mengatakan sejak awal pandemi Covid-19, Forwat bersama teman-teman jurnalis yang lain sudah beberapa kali menggalang dana saat ada rekan-rekan yang terdampak Covid-19.

"Meski begitu, kami menyadari bahwa masih banyak rekan jurnalis lain di berbagai daerah yang juga membutuhkan bantuan, Forwat bekerja sama dengan Tokopedia untuk menggalang dana dari masyarakat," kata Insaf dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (11/2/20201).

"Penyaluran bantuan ini nantinya akan melalui BenihBaik.com. Bentuknya berupa biaya pengobatan, biaya akomodasi, biaya kebutuhan pangan selama masa perawatan, dan penggantian biaya hidup keluarga yang perlu ditanggung selama pasien menjalani isolasi ataupun rawat inap. Selain rekan-rekan jurnalis, bantuan ini nantinya juga ditujukan untuk pekerja sektor informal," tambahnya.

Sementara itu, Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, menuturkan kolaborasi Tokopedia bersama Forwat dan BenihBaik.com merupakan salah satu wujud dari komitmen perusahaan untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu masyarakat di tengah pandemi, termasuk rekan-rekan jurnalis dan pekerja sektor informal lainnya yang terdampak COVID-19.

"Lewat Top Donasi, Tokopedia memfasilitasi seluruh pengguna untuk bisa berpartisipasi dalam aksi sosial, dengan berdonasi sebesar Rp 5.000 untuk setiap transaksi ketika berbelanja di Tokopedia," kata Ekhel. 

Andy F Noya, CEO dan founder BenihBaik.com, mengaku sangat senang dengan keterlibatan teman-teman jurnalis yang tergabung dalam Forwat dan juga Tokopedia untuk menggalang dana.

"Ini adalah sebuah bentuk kepedulian pada sesama, kita tidak akan meninggalkan orang-orang di sekeliling kita yang mengalami kesulitan. Terima kasih kepada FORWAT dan Tokopedia, semoga kita selalu diberi kekuatan untuk menjadi jembatan kebaikan," kata Andy F Noya.

Untuk proses donasi, pengguna Tokopedia dapat melakukannya saat checkout pembayaran berbelanja. Pengguna dapat memberi centang pada kotak donasi. Setelah itu, nominal akan langsung ditambahkan ke total belanja untuk dibayarkan.

Periode penggalangan dana ini akan berakhir pada bulan Mei 2021. Di Tokopedia, penggalangan dana akan dibuka dari 10 Februari hingga 24 Februari 2021, sedangkan di BenihBaik akan dibuka mulai 10 Februari sampai 10 Mei 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

VIDIA Penyelenggara Sertifikat Elektronik

Rabu, 21 April 2021 - 18:00 WIB

Penyelenggara Sertifikat Elektronik Sediakan Dokumen Digital Terpercaya melalui Tanda Tangan Elektronik

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) menjadi perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik pertama di Indonesia yang terdaftar sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik yang aman dan…

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar

Rabu, 21 April 2021 - 17:15 WIB

Arcandra Tahar Sebut PGN Punya Peran Penting Ambil Peluang Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia yang Semakin Membesar

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengungkapkan, PGN memiliki posisi strategis dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan dan efisien di dalam negeri. Dijelaskan…

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

Rabu, 21 April 2021 - 16:45 WIB

Goks! Presiden Jokowi Sebut Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Segera Dibangun di KIT Batang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa sebanyak 450 dari 4.300 hektare lahan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, telah siap dipakai. Sehingga para investor dapat…