Naikan Kapasitas Produksi Air Minum Kemasan, CLEO Akan Bangun Dua Pabrik Baru

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Mei 2017 - 13:00 WIB

Cleo Air Minum (Ist)
Cleo Air Minum (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) akan menaikkan kapasitas produksi air minum kemasan, sebesar 5% hingga 10% menjadi sekitar 1,6 miliar liter per tahun, dengan melakukan ekspansi membangun dua pabrik baru pada tahun ini.

"Pabrik baru dengan target operasi Juni tahun ini akan dibangun di Ungaran, Jawa Tengah. Sedangkan pabrik lainnya dibangun di Kendari, Sulawesi Tenggara Utara, dengan target pengoperasian setelah pabrik Ungaran, biaya ekspansi kedua pabrik ini senilai Rp20 miliar akan diambil dari dana hasil penawaran umum perdana atau intial public of fering (IPO) saham perseroan," kata Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Sariguna Primatirta, Lukas Setio Wongso di Jakarta, Senin (8/5).

Sebelumnya, perseroan berhasil meraup dana senilai Rp51,75 miliar dari penawaran umum sebanyak 20,45% atau 450 juta lembar saham dengan harga pelaksanaan Rp115 per lembar saham. Bertindak selaku penjamin pelaksana emisi saham perseroan adalah PT Lautandhana Securindo.

Terkait penambahan pabrik tersebut, diharapkan berkontribusi terhadap peningkatan kinerja keuangan perseroan tahun ini. Perusahaan produsen air minum kemasan dengan merek Cleo tersebut menargetkan penjualan sebesar Rp751 miliar tahun ini, naik 43,3% dari penjualan tahun lalu Rp524 miliar.

Laba bersih diproyeksikan meningkat menjadi Rp47 miliar, dibandingkan tahun lalu sebesar Rp39 miliar. Masih besarnya pasar penjualan air minum kemasan ditambah peningkatan kapasitas produksi akan menjadi faktor utama pendongkrak kinerja keuangan tersebut.

"Perseroan membidik peningkatan pangsa pasar sebesar 1% tahun ini, bandingkan dengan posisi pasar perseroan saat ini mencapai 3% hingga 4%," ungkap Lukas. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kembalinya The Winner (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Kembalinya The Winner Band

Meski industri musik belum menunjukan gairahnya, ini ditandai belum maraknya para musisi dan penyanyi meluncurkan karya-karyannya. Namun hal itu tidak membuat para musisi muda yang tergabung…

Konferensi pers RedDoorz buka peluang jelajahi Indonesia melalui program 'Tenaga Kerja Impian' di Jakarta, Kamis (22/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:12 WIB

Buka Peluang Jelajahi Indonesia Melalui Program 'Tenaga Kerja Impian'

Tiga orang terpilih akan berkesempatan menjelajahi Indonesia selama tiga bulan dan mewujudkan mimpi menjadi travel influencer.

First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:05 WIB

Siapkan Atlet eSport Handal, First Media Hadirkan First Warriors Berhadiah Total Rp1,3 Miliar

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan First Warriors melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya,…

Ilustrasi ekonomi.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:01 WIB

Desas-desus Tentang Stimulus Fiskal Menguat

Kekhawatiran resesi dunia meningkat menyusul perpindahan dana dari ekuitas ke obligasi.

Narada melakukan literasi keuangan terhadap anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:47 WIB

Cetak Duta Investasi dan Ibu Cerdas Keuangan

Kelas tersebut dihadiri oleh 73 anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.