Pelaku Industri Kelapa Sawit Menilai Eropa Sebagai Pasar Strategis

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Mei 2017 - 12:50 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelaku industri kelapa sawit nasional tetap melihat Eropa sebagai salah satu pasar ekspor strategis produk sawit, meskipun parlemen Eropa sempat mengeluarkan resolusi yang melarang penggunaan biodiesel berbasis komoditas tersebut.

"Indonesia memiliki peran yang besar dalam pemenuhan kebutuhan biofuel Eropa. Sawit Indonesia itu menyumbang lebih dari 20% kebutuhan Uni Eropa," kata Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Togar Sitanggang di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Togar mengatakan, produsen sawit domestik masih mempercayai hasil resolusi Parlemen Uni Eropa tidak serta merta mengubah pakta perjanjian perdagangan internasional yang sudah terjalin.

"Kami percaya betul resolusi parlemen itu tidak legally binding terhadap ketentuan perdagangan di negara-negara Uni Eropa. Perlu dicatat juga sebenarnya industri sawit Indonesia tidak terlalu terpaku kepada pasar Eropa, karena negara tujuan ekspor sawit yang utama itu masih India," tutur Togar.

Sementara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta kepada otoritas pemerintahan Uni Eropa menjaga komitmen perdagangan yang sudah dijalin dengan Indonesia.

"Kami ingatkan jangan sampai resolusi parlemen Uni Eropa itu nantinya mengganggu keberlanjutan kerjasama lain di berbagai bidang," ujarnya.

Pemerintah menganggap dunia tengah menjadikan sawit dan produk turunannya sebagai bahan politisasi. Langkah politik itu memiliki agenda terselubung untuk membendung kinerja ekspor sawit Indonesia yang terus bertumbuh positif.

"Komoditas ekspor andalan kita bukan cuma kelapa sawit, banyak komoditas lain. Tapi memang isu yang sengaja mereka angkat hanya sawit," tutur Airlangga. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…