Krakatau Steel Menuju Pasar Global

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 06 Februari 2021 - 13:23 WIB

Akbar Djohan (Helm Biru) Selaku Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Ketika Melakukan Peninjauan Di Kompleks Pelabuhan Cigading Yang Terdapat Integrated Warehouse Terbesar Se-ASEAN.
Akbar Djohan (Helm Biru) Selaku Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Ketika Melakukan Peninjauan Di Kompleks Pelabuhan Cigading Yang Terdapat Integrated Warehouse Terbesar Se-ASEAN.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dalam menyambut tahun 2021, sektor industri di Indonesia mulai menunjukan geliat dan semangat untuk memulihkan ekonomi bangsa yang cedera imbas pandemi Covid-19. Salah satu yang terlihat adalah industri baja, yaitu ekspor komoditas oleh perusahaan baja nasional PT Krakatau Steel Tbk yang melakukan pengiriman produk baja ke Malaysia.

Demi mendukung kelancaran proses ekspor baja tersebut, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) yang merupakan anak usaha Krakatau Steel di sektor pelabuhan telah mengimplementasikan pelayanan logistik terintegrasi untuk memberikan percepatan serta keamanan sebagai pelabuhan curah kering terbesar di Indonesia dengan predikat smartport.

"Kemarin holding Krakatau Steel melakukan ekspor baja perdana untuk negara tujuan Malaysia. Antaranya berupa produk baja Hot Rolled Coil (HRC), Hot Rolled Plate (HRP), dan Hot Rolled Pickled Oil (HRPO). Pengirimannya dilakukan melalui Pelabuhan Cigading milik PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)," ujar Akbar Djohan selaku Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera di Jakarta kemarin.

Selain negara Malaysia, ekspor baja juga akan dilakukan dengan tujuan negara Australia, maupun ke benua Eropa seperti Italia dan Spanyol. Akbar mengatakan bahwa PT KBS siap mendukung Krakatau Steel dalam kegiatan ekspor baja dan berkontribusi dalam majunya industri baja nasional.

"Kami akan terus mendukung kegiatan ekspor baja demi majunya industri di Indonesia. Tidak hanya baja, PT KBS juga berkomitmen untuk terus memperkuat integrasi layanan logistik sebagai Port Centric Integrated Logistic Company agar dapat berkontribusi untuk mendukung industri-industri lain seperti batu bara, mineral sampai bahan pangan seperti kedelai dan gandum," tambahnya.

"Bagi kami totalitas pelayanan menjadi prioritas utama. Pantang menyerah handling di tengah ombak dan cuaca buruk di dermaga, antrian angkutan selama berhari-hari demi percepatan pengangkutan komoditas dengan volume super besar yang mencapai lebih dari 30 ribu ton, sampai pemberian insentif kepada para pengemudi dan vendor agar tetap semangat ketika menunggu," lanjutnya.

PT Krakatau Bandar Samudra juga memiliki kompleks pergudangan atau Integrated Warehouse (IWH) terbesar se-ASEAN. Letaknya berada di pusat kawasan industri dan daya tampungnya mencapai 270 ribu ton untuk curah kering. Gudang penyimpanan terpadu khusus curah kering ini dibangun di lahan seluas 11,6 hektare.

"IWH PT KBS memiliki fasilitas teknologi termodern di Indonesia, di mana gudang transit seluas 11,6 HA ini akan terhubung langsung dengan Continuous Ship Unloader (CSU) yang berada di Dermaga 1 milik PT KBS melalui conveyor belt," tutupnya.

Sebagai informasi, CSU diperuntukan untuk melayani bongkar kargo grain seperti soybean, corn, wheat & soybean meal dengan metode food grade handling. Teknologi berupa chain, discharge rate CSU dapat mencapai 1,300 ton/jam atau setara dengan rata-rata 20,000 ton/hari.

"KBS akan terus berkomitmen untuk berinovasi dan juga turut mengajak pihak swasta baik dalam maupun luar negeri untuk bersama-sama berkolaborasi guna meningkatkan nilai tambah pelayanan kepada pelanggan. Dengan ini kami harap industri di Indonesia akan semakin maju, bahkan terkenal sampai internasional karena teknologi dan pelayanan maksimal," tutup Akbar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…