Krakatau Steel Menuju Pasar Global

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 06 Februari 2021 - 13:23 WIB

Akbar Djohan (Helm Biru) Selaku Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Ketika Melakukan Peninjauan Di Kompleks Pelabuhan Cigading Yang Terdapat Integrated Warehouse Terbesar Se-ASEAN.
Akbar Djohan (Helm Biru) Selaku Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Ketika Melakukan Peninjauan Di Kompleks Pelabuhan Cigading Yang Terdapat Integrated Warehouse Terbesar Se-ASEAN.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dalam menyambut tahun 2021, sektor industri di Indonesia mulai menunjukan geliat dan semangat untuk memulihkan ekonomi bangsa yang cedera imbas pandemi Covid-19. Salah satu yang terlihat adalah industri baja, yaitu ekspor komoditas oleh perusahaan baja nasional PT Krakatau Steel Tbk yang melakukan pengiriman produk baja ke Malaysia.

Demi mendukung kelancaran proses ekspor baja tersebut, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) yang merupakan anak usaha Krakatau Steel di sektor pelabuhan telah mengimplementasikan pelayanan logistik terintegrasi untuk memberikan percepatan serta keamanan sebagai pelabuhan curah kering terbesar di Indonesia dengan predikat smartport.

"Kemarin holding Krakatau Steel melakukan ekspor baja perdana untuk negara tujuan Malaysia. Antaranya berupa produk baja Hot Rolled Coil (HRC), Hot Rolled Plate (HRP), dan Hot Rolled Pickled Oil (HRPO). Pengirimannya dilakukan melalui Pelabuhan Cigading milik PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)," ujar Akbar Djohan selaku Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera di Jakarta kemarin.

Selain negara Malaysia, ekspor baja juga akan dilakukan dengan tujuan negara Australia, maupun ke benua Eropa seperti Italia dan Spanyol. Akbar mengatakan bahwa PT KBS siap mendukung Krakatau Steel dalam kegiatan ekspor baja dan berkontribusi dalam majunya industri baja nasional.

"Kami akan terus mendukung kegiatan ekspor baja demi majunya industri di Indonesia. Tidak hanya baja, PT KBS juga berkomitmen untuk terus memperkuat integrasi layanan logistik sebagai Port Centric Integrated Logistic Company agar dapat berkontribusi untuk mendukung industri-industri lain seperti batu bara, mineral sampai bahan pangan seperti kedelai dan gandum," tambahnya.

"Bagi kami totalitas pelayanan menjadi prioritas utama. Pantang menyerah handling di tengah ombak dan cuaca buruk di dermaga, antrian angkutan selama berhari-hari demi percepatan pengangkutan komoditas dengan volume super besar yang mencapai lebih dari 30 ribu ton, sampai pemberian insentif kepada para pengemudi dan vendor agar tetap semangat ketika menunggu," lanjutnya.

PT Krakatau Bandar Samudra juga memiliki kompleks pergudangan atau Integrated Warehouse (IWH) terbesar se-ASEAN. Letaknya berada di pusat kawasan industri dan daya tampungnya mencapai 270 ribu ton untuk curah kering. Gudang penyimpanan terpadu khusus curah kering ini dibangun di lahan seluas 11,6 hektare.

"IWH PT KBS memiliki fasilitas teknologi termodern di Indonesia, di mana gudang transit seluas 11,6 HA ini akan terhubung langsung dengan Continuous Ship Unloader (CSU) yang berada di Dermaga 1 milik PT KBS melalui conveyor belt," tutupnya.

Sebagai informasi, CSU diperuntukan untuk melayani bongkar kargo grain seperti soybean, corn, wheat & soybean meal dengan metode food grade handling. Teknologi berupa chain, discharge rate CSU dapat mencapai 1,300 ton/jam atau setara dengan rata-rata 20,000 ton/hari.

"KBS akan terus berkomitmen untuk berinovasi dan juga turut mengajak pihak swasta baik dalam maupun luar negeri untuk bersama-sama berkolaborasi guna meningkatkan nilai tambah pelayanan kepada pelanggan. Dengan ini kami harap industri di Indonesia akan semakin maju, bahkan terkenal sampai internasional karena teknologi dan pelayanan maksimal," tutup Akbar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…