Badak Circuit Tanjung Lesung Kembali Gelar Kejurnas Sprint Rally 2021, IMI: Terimakasih Jababeka, Lokasinya Terbaik...

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 Januari 2021 - 16:42 WIB

Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung
Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Jababeka Group dan para mitranya berencana kembali akan menggelar 3 kejuaraan nasional Sprint Rally Open Championship 2021 di Sirkuit Badak Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Provinsi Banten.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat bertemu dengan perwakilan Jababeka Ardiyansyah Djafar dikantornya Gedung MPR Selasa (19/1/2021).

"Kejurnas akan berlangsung pada 28 Maret, 12 September, dan 24 Oktober 2021 di Sirkuit Badak Tanjung Lesung," kata Bamsoet. 

Menurutnya, sirkuit yang dikembangkan Jababeka Group tersebut selain memiliki pemandangan alam yang eksotis juga merupakan sirkuit terbaik di tanah air.

"Sirkuit Badak dengan karakter gravel dan hanya sedikit area beraspal ini sebagai salah satu sirkuit off road terbaik di Indonesia. Jadi selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motorcross, drag race, drift, karting, hingga safety driving course," tandasnya.

"Terimakasih Jababeka," pungkas Bamsoet.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IMI Pusat Bidang Mobilitas Rifat Sungkar juga turut menyambut baik kembali ditunjuknya Sirkuit Badak sebagi tuan rumah Sprint Rally Open Championship 2021.

"Selain telah memenuhi standar Covid, Sirkuit di Tanjung Lesung ini lokasinya terbaik. Konturnya alami beda dari yang lain," sebutnya.

"Lokasinya bagus, Jalanannya Gokil, Thank You penyelenggara (Jababeka-red)," kata Rifat Sungkar.

"Tanjung Lesung sudah menjadi tempat penyelenggaraan Rally percontohan di Tahun 2020. Sirkuit Badak memang telah menjadi salah satu tempat favorit bagi komunitas-komunitas Rally mengadakan kompetisi," disampaikan Rifat Sungkar.

Sementara itu, Ardiyansyah Djafar perwakilan Jababeka Group dan mitra penyelenggara menyatakan kesiapannya untuk ikut mensukseskan kegiatan kejurnas tersebut dan berharap mendapat dukungan dari para pihak terkait demi memajukan pariwisata dan perekonomian di Banten, Tanjung Lesung.

Menurutnya, Kawasan Tanjung Lesung sangat potensial untuk pengembangan Sport Automotive Tourism.

"Kita ingin mengangkat Tanjung Lesung dengan Automotive sport tourism, seperti Mandalika dengan MotoGPnya," papar Ardiyansyah.

Perlu diketahui, sirkuit yang dikembangkan Jababeka ini didesain menyerupai kepala Badak Bercula Satu (One Horned Rhino) yang merupakan ikon dari Taman Nasional Ujung Kulon yang berlokasi di Jawa Barat.

Saat ini sirkuit memiliki Track Lenght 5 KM dengan Race Travel Time 4 M.

Selain itu, sirkuit badak Tanjung Lesung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti Motorsport R&D, Workshop dan Private Villa/Paddock bagi para pembalap.

"Selain Automotive Sport Tourism, Kita juga akan mengembangkan Aero Sport Tourism, Marine Sport Tourism," imbuh Ardiyansyah.

"Kesuksesan kegiatan Sprint Rally ini juga tak lepas dari disiplinnya pembalap dan peserta dalam menerapkan prokes. Dan kawasan Tanjung Lesung juga telah memperoleh Sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…