Badak Circuit Tanjung Lesung Kembali Gelar Kejurnas Sprint Rally 2021, IMI: Terimakasih Jababeka, Lokasinya Terbaik...

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 Januari 2021 - 16:42 WIB

Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung
Sirkuit Badak di Kawasan Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Jababeka Group dan para mitranya berencana kembali akan menggelar 3 kejuaraan nasional Sprint Rally Open Championship 2021 di Sirkuit Badak Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Provinsi Banten.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat bertemu dengan perwakilan Jababeka Ardiyansyah Djafar dikantornya Gedung MPR Selasa (19/1/2021).

"Kejurnas akan berlangsung pada 28 Maret, 12 September, dan 24 Oktober 2021 di Sirkuit Badak Tanjung Lesung," kata Bamsoet. 

Menurutnya, sirkuit yang dikembangkan Jababeka Group tersebut selain memiliki pemandangan alam yang eksotis juga merupakan sirkuit terbaik di tanah air.

"Sirkuit Badak dengan karakter gravel dan hanya sedikit area beraspal ini sebagai salah satu sirkuit off road terbaik di Indonesia. Jadi selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motorcross, drag race, drift, karting, hingga safety driving course," tandasnya.

"Terimakasih Jababeka," pungkas Bamsoet.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IMI Pusat Bidang Mobilitas Rifat Sungkar juga turut menyambut baik kembali ditunjuknya Sirkuit Badak sebagi tuan rumah Sprint Rally Open Championship 2021.

"Selain telah memenuhi standar Covid, Sirkuit di Tanjung Lesung ini lokasinya terbaik. Konturnya alami beda dari yang lain," sebutnya.

"Lokasinya bagus, Jalanannya Gokil, Thank You penyelenggara (Jababeka-red)," kata Rifat Sungkar.

"Tanjung Lesung sudah menjadi tempat penyelenggaraan Rally percontohan di Tahun 2020. Sirkuit Badak memang telah menjadi salah satu tempat favorit bagi komunitas-komunitas Rally mengadakan kompetisi," disampaikan Rifat Sungkar.

Sementara itu, Ardiyansyah Djafar perwakilan Jababeka Group dan mitra penyelenggara menyatakan kesiapannya untuk ikut mensukseskan kegiatan kejurnas tersebut dan berharap mendapat dukungan dari para pihak terkait demi memajukan pariwisata dan perekonomian di Banten, Tanjung Lesung.

Menurutnya, Kawasan Tanjung Lesung sangat potensial untuk pengembangan Sport Automotive Tourism.

"Kita ingin mengangkat Tanjung Lesung dengan Automotive sport tourism, seperti Mandalika dengan MotoGPnya," papar Ardiyansyah.

Perlu diketahui, sirkuit yang dikembangkan Jababeka ini didesain menyerupai kepala Badak Bercula Satu (One Horned Rhino) yang merupakan ikon dari Taman Nasional Ujung Kulon yang berlokasi di Jawa Barat.

Saat ini sirkuit memiliki Track Lenght 5 KM dengan Race Travel Time 4 M.

Selain itu, sirkuit badak Tanjung Lesung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti Motorsport R&D, Workshop dan Private Villa/Paddock bagi para pembalap.

"Selain Automotive Sport Tourism, Kita juga akan mengembangkan Aero Sport Tourism, Marine Sport Tourism," imbuh Ardiyansyah.

"Kesuksesan kegiatan Sprint Rally ini juga tak lepas dari disiplinnya pembalap dan peserta dalam menerapkan prokes. Dan kawasan Tanjung Lesung juga telah memperoleh Sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Batik Khas Tulungagung, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:15 WIB

Pemkab Tulungagung dan Kemenparekraf Kolaborasi Kembangkan Potensi Parekraf

Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ilustrasi energi panas bumi (ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:41 WIB

Rampung Hanya Dalam 18 Bulan, PLTP Sorik Marapi Unit 2 Berkapasitas 45 MW Resmi Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Panas Bumi Sorik Marapi unit 2 berkapasitas 45 MW telah beroperasi komersil setelah menyelesaikan Unit Rated Capacity (URC) Test.

Badak circuit Tanjung Lesung

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:00 WIB

IMI Dukung Pembangunan Automotive Sport Tourism Tanjung Lesung

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo menandatangani…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino di TMR

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:35 WIB

Patut Dicontoh! Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera, Hari dan Tino yang Terpapar Covid-19 di Ragunan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk dua warganya yang bernama Hari dan Tino usai dinyatakan positif Covid-19. Yang menarik warga yang dimaksudnya adalah harimau yang berada di Taman…

Tol Listrik Flores

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:25 WIB

Alhamdulillah, Tol Listrik Flores Sepanjang 864 kms Beropersi, Keandalan Listrik di Indonesia Timur Makin Jos!

Tol listrik sepanjang 864 kilo meter sirkuit (kms) resmi beroperasi di Flores, Nusa Tenggara Timur. Penyambungan listrik ini membentang dari Labuan Bajo hingga Maumere dengan menelan biaya sebesar…