Sayur Kendal Adakan Sayembara Cerpen Anak untuk Tingkatkan Literasi Anak

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 16 Januari 2021 - 16:05 WIB

Sayur Kendal Tingkatkan Literasi Anak
Sayur Kendal Tingkatkan Literasi Anak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penanaman literasi sedini mungkin dapat menjadi modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. Hal itu diharapkan agar anak-anak memiliki wawasan yang luas, memiliki berbagai sudut pandang dalam memehamai kehidupan sosial, dan sadar akan pentingnya memajukan bangsa Indonesia.

Indonesia sendiri masuk kedalam posisi Negara dengan kesadaran literasi rendah. Sebuah studi World’s Most Literate Nation dari Central Connecticut State University tahun 2016, menyatakan bahwa Indonesia masuk peringkat ke 60 dari 61 negara yang dibandingkan. Hal inilah yang mendasari Sayur Kendal bersama GMT Institute untuk menyelenggarakan sayembara cerpen anak dengan tema “Kisah Bumi”.

Tifanny Meilianti sebagai leader Kisah Bumi mengatakan, bahwa lomba ini dibuat untuk menumbuhkan lagi minat menulis yang mulai hilang oleh perkembangan zaman terutama sastra untuk anak. "Kami memilih tema kesadaran lingkungan agar anak-anak teredukasi dan mengenal alam sedari dini,” kata Tifanny Meilianti, Sabtu (16/1/2021).

Selain itu, kata Tifanny, target yang ingin dicapai dalam acara ini adalah karya sastra yang dapat dinikmati oleh anak-anak dengan bahasa yang ramah dan mudah dipahami. Menyampaikan pesan lewat tulisan dengan tema kesadaran lingkungan, sehingga menumbuhkan kesadaran lingkungan bagi penulis dan pembaca.

Sayembara cerpen anak “Kisah Bumi” ini didukung oleh banyak pihak, salah satu dewan juri dalam acara ini adalah Idrus F Shahab yang merupakan eks managing editor Tempo, di mana ia memang konsen terhadap dunia literatur khususnya literatur hijau.

Idrus F Shahab juga sangat prihatin terhadap dunia literatur anak yang sekarang kurang mendapat perhatian. Karena itulah Idrus F Shahab sangat antusias untuk berpartisipasi dan mendukung sayembara cerpen anak “Kisah Bumi”.

Sayembara cerpen anak “Kisah Bumi” menyiapkan total hadiah sebesar Rp.25.000.000,- yang akan diberikan kepada 15 karya terbaik pilihan dewan juri dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada para penulis yang sudah mengirimkan karyanya.

Sayembara cerpen anak “Kisah Bumi” dibuka untuk umum, siapapun boleh mengirimkan karya terbaiknya. Pendaftaran dibuka pada 15 Januari 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…