Sandiaga Uno: Waktu Saya Diminta Bersihkan Toilet oleh Pak Luhut, Saya Merasa Terhormat....

Oleh : Candra Mata | Jumat, 15 Januari 2021 - 10:00 WIB

Sandi Unggah Potret Bareng Luhut di Bali
Sandi Unggah Potret Bareng Luhut di Bali

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno angkat suara soal tugas membereskan masalah kebersihan toilet/WC di lokasi-lokasi destinasi wisata di Tanah Air.

Menurutnya, tugas dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tersebut merupakan sebuah tugas terhormat.

"Waktu saya diminta bersihkan toilet oleh Pak Luhut, saya merasa terhormat karena bahwa ya percuma kita punya destinasi berkualitas, tapi toilet tidak berkualitas," kata Sandiaga seperti dikutip redaksi Industry.co.id dari laman Tempo.co pada Jumat (14/1/2021).

Dikatakannya, bukan rahasia umum bila masih terdapat toilet/WC yang jorok tak laik disejumlah lokasi wisata.

Kondisi toilet buruk tersebut, menurut Sandi memberikan pengalaman buruk bagi wisatawan, terutama wisatawan asing. 

Untuk itu, Ia berencana merevitalisasi toilet di beberapa destinasi, khususnya destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Danau Toba. 

"Kita akan jalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI). Nantinya toilet didesain dan fasilitasnya baik, sehingga akan mempengaruhi tingkat kunjungan wisata," pungkasnya.

Sebelumnya pada (8/1/2021), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meningkatkan 5 destinasi wisata prioritas. 

Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. 

Luhut juga meminta Sandi untuk memperbaiki hal kecil seperti kualitas toilet-toilet pada destinasi wisata prioritas tersebut.

Menurutnya, jangan sampai wisatawan kapok berkunjung cuma karena kualitas toilet yang buruk.

"Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di 5 destinasi super prioritas, yaitu Menparekraf (Sandiaga) agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut," ujar Luhut.

"Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," tegasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mesin printing digital

Kamis, 25 Februari 2021 - 05:51 WIB

Bhinneka DPS Dukung Pelaku Industri Cetak dan Kemasan Skala Menengah

Gelombang digitalisasi di Indonesia mengalami dorongan yang luar biasa sepanjang 2020. Transformasi operasional bukan lagi sekadar pilihan, melainkan menjadi sebuah keniscayaan hampir di semua…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Rabu, 24 Februari 2021 - 21:01 WIB

Anggaran PEN Naik, Bakal Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Beragam kebijakan ekonomi dilakukan pemerintah pada 2021 ini. Kementerian Keuangan mengalokasikan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 sebesar Rp 699,43 triliun. Dana ini meningkat dari…

Pemkot Tegal resmikan pusat daur ulang sampah

Rabu, 24 Februari 2021 - 20:55 WIB

Jadi Pionir di Indonesia, Pemkot Tegal Resmikan Pusat Daur Ulang Sampah di Mintragen

Setelah resmi bergabung sebagai penyelenggara program "Yok Yok Ayok Daur Ulang!" bersama dengan Trinseo, Kemasan Group dan organisasi pendukung lainnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal hari ini,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 24 Februari 2021 - 19:35 WIB

Menperin Agus Minta Pemda Susun RPIK Sesuai Ketentuan yang Berlaku

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menghimbau setiap daerah untuk dapat menyusun Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kopi Ilustrasi

Rabu, 24 Februari 2021 - 18:59 WIB

Sabtu Besok, Harmonisasi Kopi Indonesia Akan Bahas Tren Bisnis Kopi di Tahun 2021

Event Harmonisasi Kopi Indonesia 2021 bertujuan membantu pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, meningkatkan minat masyarakat Indonesia, Pelaku Usaha, Petani dan Penggiat Kopi untuk lebih…