Pintek Mendapatkan Debt Facility Sebesar $21 Juta dari Accial Capital untuk Dukung Ekosistem Pendidikan di Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 11 Januari 2021 - 10:15 WIB

PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek)
PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek)

INDUSTRY.co.id - Jakarta  Pintek, sebuah perusahaan teknologi finansial yang memberikan pembiayaan pendidikan untuk siswa dan juga untuk lembaga pendidikan, berhasil mendapatkan debt facility sebesar $ 21 juta dari Accial Capital, private debt investor yang berbasis di Amerika Serikat.

Melalui debt facility ini, Pintek dan Accial Capital berharap dapat mempercepat penetrasi pembiayaan pendidikan dan berkontribusi pada ekosistem pendidikan yang lebih terjangkau dan inklusif di Indonesia.

Menurut Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, pendidikan tinggi merupakan pilar utama dalam membina pengembangan sumber daya manusia dan generasi muda yang kompetitif. Untuk mendukung visi tersebut, Pintek memberikan solusi keuangan bagi keluarga dalam mengakses semua jenjang pendidikan dan pelatihan kejuruan melalui program cicilan.

Selain itu, Pintek memberikan solusi bisnis keuangan untuk lembaga dan pemasok pendidikan, mendukung investasi mereka dalam infrastruktur dan alat teknologi.

"Berada dalam situasi yang penuh tantangan saat ini, lembaga pendidikan perlu mengadaptasi teknologi untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh bagi siswa. Namun, karena kurangnya sumber daya keuangan, implementasi teknologi di sektor pendidikan  menjadi tantangan. Kami membuat produk untuk membantu ekosistem pendidikan Indonesia pada titik kritis saat ini," tutur Ioann Fainsilber, CEO SoCap & Co-founder Pintek melalui keterangan yang diterima redaksi pada Senin (11/1).

“Ini merupakan gerakan kami untuk mendukung penuh program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penerapan digitalisasi sekolah sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industri 4.0. Hal ini memungkinkan kami memberikan solusi pembiayaan cerdas bagi lembaga pendidikan untuk memaksimalkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, sekaligus mencapai pendidikan 4.0,” tambah Tommy Yuwono, Co-founder dan Direktur Utama Pintek.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan tim Pintek yang memprakarsai platform pembiayaan pendidikan untuk ekosistem pendidikan Indonesia. Sebagai private debt investor yang berfokus pada dampak global, kami telah melihat betapa pentingnya sistem pendidikan yang kokoh bagi pembangunan ekonomi di suatu negara. Kami sangat senang dapat mendukung sistem pendidikan Indonesia melalui kemitraan kami dengan Pintek," kata Michael Shum, Chief Investment Officer Accial Capital.

Pada bulan Desember 2020, Pintek menerima pendanaan dipimpin oleh Finch Capital, dengan partisipasi dari Accion Venture Lab dan investor lainnya, sehingga total ekuitas yang dikumpulkan oleh Pintek menjadi  US $5 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.