Populer Hingga Mancanegara, Indomie Disebut Bisa Jadi Alat Transaksi Seks di Ghana

Oleh : Hariyanto | Senin, 04 Januari 2021 - 11:08 WIB

Produk Indomie
Produk Indomie

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketenaran mie instan asal indonesia, Indomie yang  mampu diterima di berbagai negara, tak hanya di Asia bahkan hingga ke Amerika dan Afrika disebut bisa menjadi alat transaksi seks di Ghana.

Menurut hasil penelitian salah satu pakar gender dan ketenagakerjaan, Bashiratu Kamal, Indomie disebut menjadi salah satu penyebab tingginya angka kehamilan remaja di Ghana.

 

"Tingginya tingkat kemiskinan di Ghana, terutama selama pandemi COVID-19, mendorong gadis-gadis muda di Ghana untuk melakukan hubungan transaksional tersebut demi mendapatkan imbalan berupa uang atau barang," kata Kamal dalam dialog nasional yang digelar oleh STAR-Ghana Foundation.

Kamal menyebut, barang-barang lainnya yang kerap jadi imbalan selain Indomie adalah pulsa seluler, dan uang elektronik (mobile money).

"Dalam beberapa kasus, ada masalah 'seks transaksional', di mana beberapa orang tua juga mendorong anak-anak mereka untuk ikut serta, sehingga mereka bisa mendapatkan cukup uang untuk menghidupi diri sendiri," ujar Kamal dikutip dari World of Buzz, Rabu (30/12/2020).

Kamal menjelaskan alasan mengapa ada saja seorang ibu yang mendorong putrinya untuk terjun ke dalam dunia malam tersebut karena mereka percaya bahwa pria dapat membantu anaknya lebih dari yang dia bisa, termasuk untuk mendapatkan Indomie.

"Orang tua mereka tidak bekerja, mereka di rumah dan mereka harus bertahan hidup. Jadi mereka melakukan ini untuk mendapatkan uang," sambungnya.

Kepopuleran produk mi instan yang mampu menembus pasar internasional ini tentunya juga membuat kinerja keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) terus meningkat meskipun di situasi pandemi COVID-19.

Hingga September 2020, ICBP berhasil meraih penjualan sebesar Rp 33,89 triliun. Angka tersebut naik sebesar 3,37% jika dibanding periode yang sama di tahun 2019 yang hanya mencapai Rp 32,79 triliun.

ICBP  juga mampu menorehkan laba bersih sebesar Rp 3,9 triliun. Angka tersebut meningkat 1,98% dari perolehan laba bersih di kuartal III-2019 sebesar Rp 3,88 triliun.

ICBP bahkan masih menjadi tulang punggung bagi induk perusahaannya PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF). Pada kuartal III-2020 sang induk juga masuk menorehkan penjualan bersih yang positif yakni sebesar Rp 55,77 triliun, naik 1,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 57,8 triliun.

INDF juga mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp 3,75 triliun. Angka itu naik 6,27% dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp 3,53 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…

Sri Mulyani Bertakziah kerumah Prof Emil Salim

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:05 WIB

[BREAKING] Prof Dr Emil Salim Berduka, Sri Mulyani: Innalillahi, Alamarhumah Adalah Istri dari Guru Saya

Menteri Keuangan Sri Mulyani datang bertakziah ke rumah duka, alamarhumah Ibu Roosminnie Salim m istri dari Prof Dr Emil Salim yang meninggal pada Hari Sabtu Tanggal 27 Februari 2021. "Innalilahiwainnailahi…