Libur Akhir Tahun, Destinasi Candi Borobudur Siap Terima Wisatawan

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 31 Desember 2020 - 10:15 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Libur panjang akhir tahun 2020 kali ini berbeda dengan libur panjang tahun lalu. Saat ini, di seluruh belahan dunia sedang terkena wabah pandemi Covid-19, tidak terkecuali di Indonesia.

Biasanya pada saat libur akhir tahun masyarakat berbondong-bondong menghabiskan waktu akhir tahun dengan mengunjungi objek wisata. Saat ini, lebih banyak masyarakat menghabiskan waktu liburan untuk tetap berada di rumah masing-masing karena takut tertular Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Sinoeng NR melakukan kunjungan ke Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur didampingi langsung oleh General Manager Borobudur IGPN Sedana.

Kunjungan ini untuk memastikan destinasi wisata melaksanakan pengecekan surat hasil rapid test yang telah dianjurkan oleh pemerintah pusat, di mana setiap pengunjung yang berasal dari luar Jawa Tengah wajib menunjukan surat hasil rapid untuk dapat memasuki kawasan wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah mengatakan bahwa penerapan peraturan di Borobudur saat ini sudah baik dan sesuai. Penerapan protokol serta pengecekan surat rapid antigen sudah berjalan sesuai dengan peraturan pemprov Jateng.

"Kita lakukan pemeriksaan kepada wisatawan di TIC Borobudur, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar Jawa Tengah. Kita anjurkan untuk melakukan rapid test terlebih dahulu. Apabila wisatawan sudah mengantongi surat pemeriksaan dengan hasil negatif, bisa langsung menuju Candi Borobudur," tutur Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Sinoeng NR melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (31/12).

Pemprov Jateng telah menetapkan standar operasional bagi wisatawan luar daerah yang berkunjung ke destinasi wisata di Jawa Tengah.

"Seandainya hasil tes wisatawan dinyatakan positif, maka kita akan komunikasikan dengan tim gugus tugas setempat untuk tindak lanjut selanjutnya di rumah sakit atau unit layanan kesehatan setempat. Kita sarankan untuk tidak satu kendaraan dengan keluarga, agar memutus rantai penularan klaster keluarga," katanya.

Taman Wisata Candi Borobudur tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan yang berkunjunga ke Candi Borobudur dimana pengelola Taman Wisata Candi Borobudur juga telah mendapatkan Sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif atas usahanya untuk menekan penyebaran Covid-19 di area wisata.

"Saya sampaikan terima kasih kepada wisatawan yang berkunjung ke Borobudur yang sangat responsif, mengerti dan memahami. Hasil pantauan kami dari pagi tadi sampai sore ini rata-rata memang ada pengurangan, tapi tidak apa apa karena itu bagian dari SOP untuk menjaga jarak, menghindari kerumunan. Paling tidak tetap menjaga ketaatan terhadap protokol kesehatan alhamdulillah masih bagus dan dalam kendali", ujar Sinoeng.

"Saya perkirakan puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu, di mana bisa mencapai batas maksimal kuota pengunjung sebesar 4000 orang. Kita juga mengantisipasi sesuai dengan arahan gugus tugas untuk melaksanakan pengecekan surat hasil rapid test pengunjung yang berasal dari luar Jawa Tengah. Mereka bisa menunjukan surat keterangan rapid test yang hasilnya negatif semua. Untuk wisatawan yang belum bisa menunjukan surat keterangan tersebut kita minta untuk putar balik," ujar Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…