Akhirnya! Menperin Agus Gumiwang Buka Suara Soal Investasi Tesla di Indonesia: This is a Good Start

Oleh : Ridwan | Selasa, 29 Desember 2020 - 07:30 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa dirinya akan berusaha sedemikian rupa untuk menyakini Tesla agar segera mereaalisasikan investasinya di Indonesia.

Seperti diketahui, tim dari pabrikan mobil listrik besutan Elon Musk tersebut akan datang ke Indonesia pada Januari 2021 mendatang.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu akan membahas poin-poin lebih lanjut dari pembicaraan yang sudah terjalin sebelumnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait investasi pabrik baterai di Indonesia.

"Ya, mereka (Tesla) akan mengirimkan timnya awal Januari 2021 ke Indonesia. Tentunya kami akan berupaya meyakini sedemikian rupa agar Tesla bisa segera merealisasikan investasinya di Indonesia," kata Agus saat konferensi pers akhir tahun di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta (28/12/2020).

"This is a good start, mereka akan kirim timnya untuk follow up, untuk pelajari lebih dalam. This is a good start. Ini akan kami gunakan betul untuk meyakini agar Tesla berinvestasi di Indonesia," tambahnya.

Menperin menyebut bahwa Indonesia memiliki banyak kelebihan, yakni mulai dari besarnya pasar hingga potensi sumber daya alam melimpah. Itu menjadi kelebihan dibanding negara-negara lain.

Bahkan, lanjut Agus, pihaknya telah melakukan simulasi perhitungan berkaitan dengan insentif yang diberikan negera-negara kompetitor utama Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif berbasis baterai atau listrik.

"Kami sangat yakin semua kebijakan pemerintah meembuat ekosistem pengembangan mobil listrik sudah sangat baik," jelas Menperin.

Meski demikian, Menperin Agus belum bisa memastikan lebih detail mengenai lokasi investasi Tesla nantinya, apakah di KIT Batang atau wilayah lainnya seperti Jawa Barat.

Sebelumnya, pada Jumat, 11 Desember 2020 lalu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk. Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia. 

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," mengutip keterangan resmi Kemenko Marves.

Kementerian mengklaim CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan Presiden Jokowi dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

Sementara iti, pada 27 Juli 2020 lalu, Elon Musk pernah memuji soal pasokan nikel dari Tanah Air saat menyebut bahwa nikel menjadi tantangan terbesar untuk produksi baterai dengan daya tahan tinggi dan produksi massal.

"Nikel adalah tantangan terbesar untuk [produksi] baterai dengan daya tahan tinggi dan produksi massal. Australia & Kanada dengan cukup baik. Produksi nikel AS secara obyektif sangat timpang. Indonesia hebat!"ungkap Elon di Twitter, 27 Juli 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…