Asiiik! Ini Janji Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, Ibu Susi Pasti Girang dan Bahagia!

Oleh : Ridwan | Senin, 28 Desember 2020 - 10:05 WIB

Menteri KP Trenggono, Mantan Menteri KP Susi Pudjiastuti
Menteri KP Trenggono, Mantan Menteri KP Susi Pudjiastuti

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan amanat kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk mengevaluasi regulasi terkait pengelolaan ekaspor benih lobster guna memperbaiki kinerja sektor kelautan dan perikanan nasional.

Seperti diketahui, Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk Jokowi untuk menahkodai Kementerian Kelautan dan Perikanan menggantikan Edy Prabowo yang tersangkut kasus korupsi benih ekspor beberapa waktu lalu. 

"Soal benur (ekspor benih lobster) akan kita evaluasi karena saya cinta keberlanjutan lingkungan," kata Sakti Wahyu Trenggono dilansir dari Antara, akhir pekan kemarin.

Menurut mantan Wakil Menteri Pertahanan itu, ada beberapa pesan dari Presiden Jokowi yang perlu dievaluasi, salah satunya adalah terkait ekspor benih lobster.

Trenggono berpendapat bahwa bila akibat ekspor benih lobster akan merusak lingkungan maka generasi mendatang bakal tidak memperoleh manfaat.

Ia menyatakan telah melepas jabatan Komisaris Utama PT Agro Industri Nasional (Agrinas) yang mendapatkan izin ekspor benih lobster. Terkait jabatan tersebut, Trenggono menyebutkan bahwa jabatan itu ex-officio karena terkait dengan jabatannya sebagai Wamenhan.

PT Agro Industri Nasional (PT Agrinas) adalah perusahaan yang dibentuk oleh Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan, dalam pembinaan Kementerian Pertahanan RI untuk menjalankan peran strategis mewujudkan ketahanan pangan, ketahanan energi, dan ketahanan air lewat usaha di bidang produksi tanaman pangan, produksi perikanan, bioenergi, konservasi, distribusi pangan dan teknologi produksi pangan.

Untuk itu, ujar dia, yang bakal menggantikan posisi komisaris tersebut adalah Wamenhan selanjutnya.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun dikutip Kontan menyatakan ekspor benih lobster memiliki permasalahan dari segi hulu hingga ke hilir.

Menurut Tama, sejumlah permasalahan hulu seperti dalam perizinan antara lain terkait kuota dan berdasarkan informasi dari pelaku usaha yang datang ke ICW, ada perusahaan yang memenuhi persyaratan tetapi tidak mendapatkan izin ekspor.

Dari segi hilir, lanjutnya, antara lain adanya penentuan satu perusahaan kargo saja yang memonopoli upaya-upaya untuk melakukan ekspor benih lobster.

Perlu diketahui, sebelumnya, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah memberikan ucapan selamat kepada Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri KP. Susi berharap Trenggono mampu mengemban tugas sesuai amanah.

"Mas Trenggono, selamat atas tugas baru sebagai menteri kelautan dan perikanan. Semoga amanah," kata Susi Pudjiastuti mengutip akun Twitter pribadinya, Rabu (23/12/2020).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kembali menghadirkan pameran properti secara virtual yang bertajuk “Anniversary BTN Solusi Properti Expo”.

Senin, 01 Maret 2021 - 22:36 WIB

Sinyal Positif Pertumbuhan Properti, BTN Kembali Gelar Virtual Expo 2021

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kembali menghadirkan pameran properti secara virtual yang bertajuk “Anniversary BTN Solusi Properti Expo”. Ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 01 Maret 2021 - 20:52 WIB

Menperin Agus Bocorkan Tiga Perusahaan Raksasa Jepang Bakal Pindahkan Pabrik dari China ke RI, Investasinya Triliunan Rupiah

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara terang-terangan membeberkan sejumlah perusahaan asal Jepang yang akan merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia.

Board of Director PT. Jababeka Tbk. Tjahjadi Rahardja saat meresmikan Fablab Jababeka

Senin, 01 Maret 2021 - 20:37 WIB

Luncurkan Fabrication Laboratory, Jababeka Bakal jadi Pusat Inovasi Digital Industri 4.0

Jababeka selaku pengembang kota mandiri dan kawasan industri di Indonesia secara resmi membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang.

Halodoc

Senin, 01 Maret 2021 - 20:30 WIB

Genap Setahun Pandemi di Indonesia, Halodoc Paparkan Perilaku Pengguna di 2020 dan Langkah Strategis Tahun Ini

Sebagai langkah strategis, Halodoc juga menunjuk mantan CEO GoPay Aldi Haryopratomo sebagai anggota Board of Advisor untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan di tahun 2021.

Layanan pemeriksaan GeNose C19

Senin, 01 Maret 2021 - 20:01 WIB

KAI Tambah 4 Stasiun Dengan Layanan Pemeriksaan GeNose C19, Ini Lokasinya

Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021…