Tiga Sahabat Karib, Erick, Sandiaga & Luthfi Dipersatukan Jokowi, Gebrakan Dahsyat Bakal Segera Terjadi

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 17:30 WIB

Tiga sahabat karib, Erick Thohir, Sandiaga Uno & M. Luthfi
Tiga sahabat karib, Erick Thohir, Sandiaga Uno & M. Luthfi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tiga sahabat lama kini sama-sama jadi menteri, setelah Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet pemerintahannya di periode kedua ini. 

Ketiga sahabat itu adalah Erick Thohir yang lebih dulu menjabat Menteri BUMN, dan kini Sandiaga Uno menjabat Menparekraf, serta M Lutfi yang menjabat Menteri Perdagangan.

Sebelum bersama di kabinet, ketiganya merupakan sahabat dalam merintis dan mengelola bisnis. Tapi dalam Pilpres 2019 lalu, mereka sempat berbeda perkubuan. 

Dalam Pilpres 2019, Erick Thohir dan M Lutfi berada di kubu Jokowi, yang akhirnya kembali terpilih menjadi Presiden. Sementara Sandiaga Uno, berada di kubu seberangnya dengan mencalonkan diri menjadi wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Ketiganya kini dipersatukan lagi setelah Presiden Jokowi merombak kabinetnya. Jokowi melakukan reshuffle kabinet dan hari ini mengenalkan menteri-menteri barunya.

"Saya bersama-sama dengan Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi.

Muhammad Lutfi, yang sebelumnya menduduki posisi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, dipilih menjadi Menteri Perdagangan. Jabatan itu pernah dia emban saat pemerintahan era Presiden SBY.

Sementara Sandiaga Uno, didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Adapun Erick Thohir, tetap di posisinya menjadi Menteri BUMN.

Meskipun sempat berbeda dalam politik, persahabatan mereka tetap terjaga. 

Sandiaga Uno dan Erick Thohir sudah saling mengenal sejak kecil karena sama-sama menyukai basket dan masuk di tim yang sama. Sementara bersama Lutfi, Erick menempuh pendidikan Ekonomi di Purdue University, Amerika Serikat.

Persahabatan mereka juga merambah ke bisnis. Erick Thohir, Sandiaga Uno, Lutfi membangun Mahaka Group. Selain mereka, pendiri Mahaka juga ada Wishnu Wardhana dan Rosan P. Roeslani.

Ketiga sahabat ini sekarang semacam 'reuni'. Mereka dipilih menjadi menteri di kabinet Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.