Bahas Reshuffle, Presiden dan Wapres Gelar Rapat Siang Ini, Nama Risma dan Sandiaga Uno Melesat Bakal Isi Kursi Menteri

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Desember 2020 - 14:15 WIB

Sandiaga Uno, Risma
Sandiaga Uno, Risma

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat internal dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amien, pada Senin ini, (21/12/2020). Rapat digelar berdua tanpa melibatkan menteri.

"Iya kabarnya begitu,"ujar Jubir Wapres Masduki Badlowi kepada wartawan.

Masduki mengaku tidak tahu apa yang dibahas dalam rapat tersebut. Hanya saja ia mengatakan bahwa rapat membahas isu terkini. "Engga dijelasin apa pembicaraanya," katanya.

Hanya saja menurut dia biasanya Presiden dan Wapres menggelar rapat intensif berdua apabila ada isu penting dan strategis.

Bisa saja menurutnya, rapat membahas mengenai perombakan kabinet yang isunya menguat.

"Biasanya presiden begitu. Kalau ada hal -hal dianggap penting, Presiden mengajak bicara Wapres. Mungkin aja (Reshuffle), kan namanya isu strategis," pungkasnya.

Isu perombakan kabinet (reshuffle) kembali menguat menjelang akhir tahun, setelah dua anggota kabinet Indonesia Maju tersandung masalah hukum.

Dikutip dari CNBC Indonesia menyebut, reshuffle kemungkinan besar akan dieksekusi pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Menelisik lebih jauh, Hari Rabu memang seperti memiliki arti tersendiri bagi kepala negara. Apalagi, Rabu merupakan tanggal lahir Jokowi yaitu pada Rabu Pon 21 Juni 1961.

Sumber CNBC Indonesia yang berada di lingkaran ring 1 mengatakan, Jokowi memang sudah memikirkan untuk merombak kabinet dalam beberapa bulan terakhir. Jokowi disebut sudah 'tak tahan' dengan kondisi saat ini.

Sinyal perombakan kabinet bahkan telah beberapa kali dikemukakan Jokowi. Salah satunya, saat kepala negara berbincang dalam program Rosi Kompas TV pada November lalu.

"Bisa saja [reshuffle], bisa saja minggu depan. bisa saja bulan depan, bisa saja tahun depan," kata Jokowi.

Sejumlah nama pun untuk mengisi posisi menteri pun mulai beredar. Mulai dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Sandiaga Salahuddin Uno menjadi kandidat terkuat mengisi posisi menteri.

Risma dikabarkan akan mengisi posisi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi. 

Kabar ini kemudian dikonfirmasi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia Surabaya Yusuf Lakaseng. "Informasi itu valid, dari sumber yang valid" kata Yusuf.

"Bu risma diminta oleh Pak Jokowi menjadi pengganti Juliari Batubara yang ditangkap KPK. Bu Risma sudah ditelepon oleh pak Jokowi. Kita tunggu saja pengumumannya," jelasnya.

Sandiaga Uno, kemudian disebut akan menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy Prabowo telah mengundurkan diri dari jabatannya pasca tersangkut kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Namun, kabar terkini menyebutkan Sandiaga Uno justru bakal mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sumber tersebut juga menyebutkan, Jokowi akan menggantikan sejumlah jabatan strategis. Mulai dari Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, hingga Menteri Agama.

Menteri Kesehatan, santer kabar Terawan akan digantikan Budi Gunadi Sadikin yang saat ini merupakan Wamen BUMN. Kemudian Menteri Agama disebut adalah Yahya Cholil Staquf yang merupakan Tokoh Nasional petinggi NU.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:00 WIB

Jepang Pertimbangkan Buka Kunjungan Wisatawan Pada Juni 2022

Pandemi dua tahun ini membuat Jepang menutup perbatasannya untuk wisatawan asing. Tetapi, baru-baru ini Jepang telah dibuka pada April untuk beberapa penduduk luar negeri misalnya, pelancong…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:55 WIB

Jubir G20 Maudy Ayunda Ungkap Pentingnya Ekosistem Kendaraan Listrik

Penggunaan kendaraan listrik dan infrastruktur pengisian baterai bahkan mendai keseriusan pemerintah dalam menjalankan transisi energi berkelanjutan dan berkesibambungan.

Tambang Batubara (ist)

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:44 WIB

Pasokan Batubara Dunia Melimpah, HBA Mei Turun Jadi USD275,64 per Ton

Harga Batubara Acuan (HBA) bulan Mei 2022 turun USD12,76 dari bulan sebelumnya ke angka USD275,64 per Ton. Penurunan HBA bulan Mei 2022 disebabkan oleh meningkatnya jumlah pasokan batubara dunia,…

Petani Sawit menyampaikan aspirasi

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:11 WIB

Petani Sawit Minta Larangan Ekspor Minyak Goreng dan CPO Dicabut

Petani Sawit mengharapkan larangan minyak goreng dan CPO dicabut.

Ketua DPR Puan Maharani

Selasa, 17 Mei 2022 - 09:57 WIB

Mengecam Keras! Puan Maharani: Jerat Penculik yang Cabuli Anak dengan UU TPKS

Jakarta-Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengecam keras penculikan belasan anak di wilayah Jakarta dan Bogor yang disertai dengan kekerasan seksual.