UOB Peroleh Penghargaan di Southeast Asian Painting of the Year Art Stages Pasar 2020

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 Desember 2020 - 14:00 WIB

UOB Peroleh Penghargaan di Southeast Asian Painting of the Year Art Stages Pasar 2020
UOB Peroleh Penghargaan di Southeast Asian Painting of the Year Art Stages Pasar 2020

INDUSTRY.co.id - Singapura –UOB menganugerahkan penghargaan UOB Southeast Asian Painting of the Year 2020 kepada Prabu Perdana, perupa Indonesiaberusia 36 tahun dari Bandung, Jawa Barat melalui  karya  lukisannya  yang  berjudul Isolated  Garden. Lukisan  Prabu  Perdana  dipilih  dari  pemenang pada  tingkat  nasional  kompetisi  UOB  Painting  of  the  Year  2020  yang  diadakan  di  Indonesia,  Malaysia,  Singapura  dan  Thailand. 

Lukisan  ini  bercerita  tentang  kesendirian  yang  dipaksakan  untuk mencegahpenyebaran  COVID-19  di  tengah  masyarakat  dan  menyoroti  tema  'solidaritas'  untuk  ajang kompetisi Painting of the Year tahun ini. Tahun ini merupakankali keenam perupaIndonesia meraih penghargaan UOB Painting of the Year pada tingkat regional.

Wee Ee Cheong, Deputy Chairman dan Chief Executive Officer UOB menyatakan, “Tahun 2020 tentunya merupakan tahun yang sulit bagi kita semuakarena membawatantangan bagi kehidupan dan pekerjaan kitasertamembatasi pergerakan yangmemisahkan kita. Namun, dalam masa-masa sulit ini, kita melihat adanya  kekuatan  yang  dapat  menyatukan  kita  semua seperti  yang tercerminpada  partisipasi  perupa yangmengikutsertakankarya mereka dalamajang UOB Painting of the Year tahun ini. Karya-karya seni tersebut  menjadi  pengingat  akan  kekuatan  semangat  dan  kesatuan  kita  semua,  terlepas  daririntangan yang menghadang. Saya mengucapkan selamat kepada pemenang pada ajang penghargaan kami tahun ini atas pencapaian mereka. Dan saya berterima kasih karena mereka telah menyampaikan pesan positif kepada kita semua agarkita dapat terus melangkah maju bersama.”

Pemenangpenghargaan UOB Southeast Asian  Painting of the Year 2020, Prabu Perdana menyatakan, “Isolated  Gardenadalah  representasi  puitis  tentang  bagaimana  masyarakat  dapat  bersatu  dalam melawan pandemi bersama-sama bahkan ketika individu tetap terisolasi secara fisik. Taman yang tenang ini  mencerminkan  kesendirian  saya  selama  pandemi  ini.  Keinginan  untuk  tetap  berhubungan  dengan orang  lain  serta  keinginan  akan  kebersamaan  memberi  kita  harapan  di  masa  sulit  ini.  Dan  saya  ingin karya seni ini mencerminkan kedamaian pada masa yang penuh ketidakpastian ini."

“Ajang UOB Painting of the Year merupakan ajang seni bergengsi dan saya merasa terhormat karya seni saya yang dimulai dan diakhiri pada masa solidaritas dalam kesendirian telah mendapat pengakuan pada ajang UOB Southeast Asian Painting of the Year tahun ini.”Isolated  Gardenmenggambarkan  kesendirian  yang  dialamiPrabu  Perdana  selama  masa  pandemi.

Adapun  studio  kerjanya  digambarkan  sebagai  sebuah  taman  terbuka  tanpa  dinding dan  ditemani  olehbarang-barang  pribadinya.  Lukisan  ini  didasarkan  pada  sebuah  tempat  bernama  Taman  Batuyang terletak di dataran tinggi Bandung, Jawa Barat.

Dewanjuri untuk ajang UOB Southeast Asian Painting of the Year 2020 terdiri dari Ketua Dewan Juri dariempat negara peserta: Dr Bridget Tracy Tan, Director, Institute of Southeast Asian Arts and Art Galleries, Nanyang  Academy  of  Fine  Arts,  Singapore;  Agung  Hujatnikajennong,  Kurator  Independen  dan  Dosen, Institut  Teknologi  Bandung,  Indonesia;  Bibi  Chew, Industry  Advisory  Panel  in  Visual  Arts  for  Cultural Economy  Development  Agency,  Malaysia;  Profesor  Emeritus  Parinya  Tantisuk, perupa  terkemuka  dari Thailand terkemuka dan pesertaajang tahun 2018 untuk kategori Seni Visual (Lukisan) 2018.

Dr Tan, yang juga Ketua Juri pada tingkat regional, mengatakan bahwa yang menjadi sorotan pada tahun ini adalah kualitas tinggi yang serta keragaman dari karya seni yang dilombakan.

“Solidaritas, tema unik yang ditetapkan untuk UOB POY tahun ini, bukan hanya tentang kebersamaan atau bergandengan erat seperti halnya tema-tema pada umumnya. Justru, solidaritas ini menyoroti saling ketergantungan individu dalammasyarakat dan membentuk rasa kebersamaan dalam apa yang kita lakukan dan bagaimana kita hidup   sebagai   individu.   Rangkaian   karya   seni   mengagumkan   yang   kita   terima   pada   tahun   ini menunjukkan  bagaimana  para pencipta  karyaseni  terus  berkreasi  dengan  penuh  semangat  dan bagaimana  mereka  ingin berkomunikasi  denganpenikmat  karya  seni  mereka.  Seni  visual  menciptakan cakrawala  visual  baru  yang  membangkitkan  ikatan  semangat  yang kitamiliki  satu  sama  lain,baik di Singapura maupundi Asia Tenggara. ”

“Seni  adalah  hal  yang  penting dalammembawa  kesejahteraan,  merangsang  emosi,  serta menjadi pengingat bahwa  kita hanyalahmanusia.  Sekali  lagi,  ajang  UOB  Painting  of  the  Year memberikanpandangan unik dan dapat membina pertumbuhan komunitas seni di Asia Tenggara yang beragam, serta membuat  kita  untuk  tetap  bersatu  dalam  meresapi  makna  kehidupan,  khususnya  di  masa  yang  penuh tantangan ini, “ujarDr Tan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:22 WIB

Menperin Agus Pastikan Industri Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat di Masa PPKM Darurat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri (KI) tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…