UOB Peroleh Penghargaan di Southeast Asian Painting of the Year Art Stages Pasar 2020

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 Desember 2020 - 14:00 WIB

UOB Peroleh Penghargaan di Southeast Asian Painting of the Year Art Stages Pasar 2020
UOB Peroleh Penghargaan di Southeast Asian Painting of the Year Art Stages Pasar 2020

INDUSTRY.co.id - Singapura –UOB menganugerahkan penghargaan UOB Southeast Asian Painting of the Year 2020 kepada Prabu Perdana, perupa Indonesiaberusia 36 tahun dari Bandung, Jawa Barat melalui  karya  lukisannya  yang  berjudul Isolated  Garden. Lukisan  Prabu  Perdana  dipilih  dari  pemenang pada  tingkat  nasional  kompetisi  UOB  Painting  of  the  Year  2020  yang  diadakan  di  Indonesia,  Malaysia,  Singapura  dan  Thailand. 

Lukisan  ini  bercerita  tentang  kesendirian  yang  dipaksakan  untuk mencegahpenyebaran  COVID-19  di  tengah  masyarakat  dan  menyoroti  tema  'solidaritas'  untuk  ajang kompetisi Painting of the Year tahun ini. Tahun ini merupakankali keenam perupaIndonesia meraih penghargaan UOB Painting of the Year pada tingkat regional.

Wee Ee Cheong, Deputy Chairman dan Chief Executive Officer UOB menyatakan, “Tahun 2020 tentunya merupakan tahun yang sulit bagi kita semuakarena membawatantangan bagi kehidupan dan pekerjaan kitasertamembatasi pergerakan yangmemisahkan kita. Namun, dalam masa-masa sulit ini, kita melihat adanya  kekuatan  yang  dapat  menyatukan  kita  semua seperti  yang tercerminpada  partisipasi  perupa yangmengikutsertakankarya mereka dalamajang UOB Painting of the Year tahun ini. Karya-karya seni tersebut  menjadi  pengingat  akan  kekuatan  semangat  dan  kesatuan  kita  semua,  terlepas  daririntangan yang menghadang. Saya mengucapkan selamat kepada pemenang pada ajang penghargaan kami tahun ini atas pencapaian mereka. Dan saya berterima kasih karena mereka telah menyampaikan pesan positif kepada kita semua agarkita dapat terus melangkah maju bersama.”

Pemenangpenghargaan UOB Southeast Asian  Painting of the Year 2020, Prabu Perdana menyatakan, “Isolated  Gardenadalah  representasi  puitis  tentang  bagaimana  masyarakat  dapat  bersatu  dalam melawan pandemi bersama-sama bahkan ketika individu tetap terisolasi secara fisik. Taman yang tenang ini  mencerminkan  kesendirian  saya  selama  pandemi  ini.  Keinginan  untuk  tetap  berhubungan  dengan orang  lain  serta  keinginan  akan  kebersamaan  memberi  kita  harapan  di  masa  sulit  ini.  Dan  saya  ingin karya seni ini mencerminkan kedamaian pada masa yang penuh ketidakpastian ini."

“Ajang UOB Painting of the Year merupakan ajang seni bergengsi dan saya merasa terhormat karya seni saya yang dimulai dan diakhiri pada masa solidaritas dalam kesendirian telah mendapat pengakuan pada ajang UOB Southeast Asian Painting of the Year tahun ini.”Isolated  Gardenmenggambarkan  kesendirian  yang  dialamiPrabu  Perdana  selama  masa  pandemi.

Adapun  studio  kerjanya  digambarkan  sebagai  sebuah  taman  terbuka  tanpa  dinding dan  ditemani  olehbarang-barang  pribadinya.  Lukisan  ini  didasarkan  pada  sebuah  tempat  bernama  Taman  Batuyang terletak di dataran tinggi Bandung, Jawa Barat.

Dewanjuri untuk ajang UOB Southeast Asian Painting of the Year 2020 terdiri dari Ketua Dewan Juri dariempat negara peserta: Dr Bridget Tracy Tan, Director, Institute of Southeast Asian Arts and Art Galleries, Nanyang  Academy  of  Fine  Arts,  Singapore;  Agung  Hujatnikajennong,  Kurator  Independen  dan  Dosen, Institut  Teknologi  Bandung,  Indonesia;  Bibi  Chew, Industry  Advisory  Panel  in  Visual  Arts  for  Cultural Economy  Development  Agency,  Malaysia;  Profesor  Emeritus  Parinya  Tantisuk, perupa  terkemuka  dari Thailand terkemuka dan pesertaajang tahun 2018 untuk kategori Seni Visual (Lukisan) 2018.

Dr Tan, yang juga Ketua Juri pada tingkat regional, mengatakan bahwa yang menjadi sorotan pada tahun ini adalah kualitas tinggi yang serta keragaman dari karya seni yang dilombakan.

“Solidaritas, tema unik yang ditetapkan untuk UOB POY tahun ini, bukan hanya tentang kebersamaan atau bergandengan erat seperti halnya tema-tema pada umumnya. Justru, solidaritas ini menyoroti saling ketergantungan individu dalammasyarakat dan membentuk rasa kebersamaan dalam apa yang kita lakukan dan bagaimana kita hidup   sebagai   individu.   Rangkaian   karya   seni   mengagumkan   yang   kita   terima   pada   tahun   ini menunjukkan  bagaimana  para pencipta  karyaseni  terus  berkreasi  dengan  penuh  semangat  dan bagaimana  mereka  ingin berkomunikasi  denganpenikmat  karya  seni  mereka.  Seni  visual  menciptakan cakrawala  visual  baru  yang  membangkitkan  ikatan  semangat  yang kitamiliki  satu  sama  lain,baik di Singapura maupundi Asia Tenggara. ”

“Seni  adalah  hal  yang  penting dalammembawa  kesejahteraan,  merangsang  emosi,  serta menjadi pengingat bahwa  kita hanyalahmanusia.  Sekali  lagi,  ajang  UOB  Painting  of  the  Year memberikanpandangan unik dan dapat membina pertumbuhan komunitas seni di Asia Tenggara yang beragam, serta membuat  kita  untuk  tetap  bersatu  dalam  meresapi  makna  kehidupan,  khususnya  di  masa  yang  penuh tantangan ini, “ujarDr Tan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…