Bidik 10 Juta Penumpang di 2021, Teman Bus Bakal Mengaspal di 10 Kota Besar Seluruh Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 04 Desember 2020 - 21:02 WIB

Teman Bus
Teman Bus

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pengguna Teman Bus atau program beli layanan bus perkotaan mencapai 10 juta penumpang pada 2021. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan hingga 2 Desember 2020 jumlah pengguna bus bersubsidi di 5 kota, yakni Palembang, Solo, Bali, Medan, dan Yogyakarta mencapai 1,55 juta penumpang.

"Sampai dengan 2 Desember 2021 penumpang sudah 1,55 juta orang masyarakat yang pakai buy the service kami di 5 kota besar, padahal belum semua penuh koridornya, belum maksimal karena kami melihat pemerintah masih atur bus umum sekitar 75 persen tidak digunakan seluruhnya kalau 100 persen apalagi ketika di Bali turis wisatawan hidup lagi, pasti besar penggunanya," jelasnya dalam webinar Teman Bus Sesi Ke-2, Jumat (4/12).

Sejak diluncurkan pada bulan Juni 2020 Teman Bus sudah menjalankan program Buy the Service (BTS) di 5 kota yaitu Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta dan Medan. 

Adapun Kemenhub menargetkan program ini akan hadir di 10 kota seluruh Indonesia dengan tambahan kota Makasar, Banjarmasin, Bandung, Surabaya, dan Banyumas sampai tahun 2021.

Namun, jelas Budi, saat ini yang menjadi tantangan yakni mengubah budaya masyarakat dari yang terbiasa menggunakan angkutan pribadi yang serba instan beralih ke angkutan umum.

"Sayangnya, tak disadari penggunaan kendaraan pribadi banyak dampak negatif ke polusi, kebisingan, jalan semrawut, bahkan terjadi belakangan, orang berebut di jalan raya," ungkapnya.

"Mendorong mengubah mindset ini dari pemerintah pusat dan pemda, kami siapkan kendaraan angkutan umum sesuai harapan masyarakat, murah, bersih ada kepastian, headway jangan lama, ini arahan headway kendaraan bus 10 sampai dengan 15 menit," tambahnya.

Selain itu, Kemenhub pun akan kembali menyiapkan shelter yang lebih baik, harus didukung pemerintah daerah yang membuat kebijakan mendorong masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi dan berganti ke angkutan umum.

Dalam pelaksanaan program ini, Kemenhub mengeluarkan beberapa SPM (standar pelayanan minimal) yang harus dimiliki dilakukan operator agar layanan Teman Bus memiliki kualitas dan pelayanan yang prima yaitu, Keamanan, Keselamatan, Kenyamanan, Keterjangkauan, Kesetaraan, dan Keteraturan yang kemudian menjadi enam kunci pelayanan Teman Bus.

Adapun para pengemudi dan staff Teman Bus sudah mendapatkan pelatihan khusus serta wajib mengikuti peraturan dan pengecekan Bus secara berkala, guna menjaga fasilitas dan pelayanan serta waktu headway (jarak antar bus) yang ditentukan yaitu 10 menit, sehingga penumpang tidak menunggu lama di halte dan berdesakan dalam Bus. 

Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, diterapkan protokol kesehatan yaitu mewajibkan penumpang memakai masker, social distancing, menjaga kapasitas kendaraan sebesar 50% dan penyediaan hand sanitizer di dalam Bus.

Bagi pelanggan Teman Bus, harga tiketnya saat ini diberikan gratis hingga 31 Desember 2020. Dengan Hadirnya Teman Bus di kota-kota besar diharapkan mampu menurunkan tingkat kemacetan dan juga polusi udara. 

"Saya optimis dengan hadirnya moda transportasi yang aman dan nyaman seperti ini, diharapkan lebih banyak penumpang dari masyarakat yang beralih ke moda transportasi publik, yang saat ini masih gratis," tutu Budi Setiyadi.

Poetoet Soedarjanto, sebagai perwakilan Komunitas Pesepeda (Bike to Work Indonesia) yang juga hadir dalam webinar ini mengatakan, pihaknya berharap agar dengan hadirnya Teman Bus dapat memudahkan serta memfasilitasi pengguna sepeda untuk mendapatkan transportasi umum yang aman dan nyaman.

Artis cantik Luna Maya pun turut membagikan pengalamannya ketika menggunakan layanan Teman Bus ketika sedang berada di Bali.

"Saya tidak khawatir naik bus di masa pandemi Covid-19, karena Teman Bus sudah menerapkan protokol kesehatan sehingga saya merasa jauh lebih aman," ujar Luna. 

Dalam webinar ini Luna Maya juga bercerita tentang kehadiran Teman Bus yang membantunya dalam berkegiatan di Bali. Jika biasanya ia harus mengeluarkan uang yang lebih besar dengan menyewa kendaraan pribadi atau naik taksi, kini bisa lebih hemat. Aktivitas Luna Maya juga sempat jadi trending topic di Twitter dengan hashtag #LunaNaikTemanBus yang langsung menjadi perbincangan Netizen.  

Teman Bus dilengkapi juga dengan aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang mendapatkan informasi rute, titik halte dan jadwal keberangkatan Bus. Aplikasi Teman Bus saat ini sudah bisa diunduh di playstore dan appstore. 

Adapun cara naik Teman Bus sangat mudah yaitu cukup buka aplikasinya, tunggu di halte terdekat dari posisi penumpang yang tertera di aplikasi, siapkan kartu non tunai (Tap Cash BNI, flazz BCA, e-money MANDIRI dan brizzi BRI), naik bus, lalu tempelkan kartu non tunai pada perangkat reader. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agro Solution Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi Gorontalo

Kamis, 28 Januari 2021 - 10:00 WIB

Agro Solution Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi Gorontalo

Program Agro Solution Pupuk Kaltim berhasil meningkatkan hasil pertanian Gorontalo, khususnya komoditas padi dengan produktivitas mencapai 80%. Keberhasilan ditandai dengan panen demplot oleh…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:37 WIB

ADB Launching The Asian Water Development Outlook 2020, Kementerian PUPR Lakukan Sejumlah Upaya Dukung Ketahanan Air

AWDO 2020 merupakan dokumentasi dan publikasi ADB untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya ketahanan air dalam skenario pembangunan masa depan pada negara-negara di Asia Pasifik serta usulan…

Satgas Yonif 642 kembali Gagalkan Penyelundupan Miras dan Sosis Ilegal

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:30 WIB

Satgas Yonif 642 kembali Gagalkan Penyelundupan Miras dan Sosis Ilegal

Dansatgas mengatakan bahwa pada saat anggota Pos Guna Banir yang dipimpin Letda Inf M Supii melakukan patroli pengawasan di jalan tikus sektor Pos Guna Banir, mereka menemukan sebuah karung…

CocaCola Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Siap Minum

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:16 WIB

CocaCola Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Siap Minum

Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) melalui pabriknya di Sumedang menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir dan longsor di Desa Cihanjuang. Penyerahan donasi di empat titik…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:14 WIB

Kementerian PUPR Kembalikan Fungsi Sungai Cakung di Kawasan Grand Kota Bintang Bekasi

Kawasan pertokoan dan perumahan yang berada di Jalan KH Noer Ali, Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat tersebut melanggar pemanfaatan ruang terkait dengan perubahan alur Sungai Cakung menjadi…