Pan Brothers Bakal Terbitkan Obligasi Global Bernilai USD350 Juta

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 04 Desember 2020 - 07:23 WIB

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)
PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pan Brothers Tbk (PBRX), emiten BEI di sektor tekstil dan garmen, akan menerbitkan global bond (obligasi global) berjangka lima tahun dengan nilai maksimum USD350 juta atau setara Rp4,9 triliun (kurs Rp14.140 per USD).

“Dana yang berasal dari obligasi global tersebut akan membuat likuiditas perseroan tetap terjaga sehingga seluruh pertumbuhan pendapatan dapat tetap dipertahankan secara menyeluruh (agile),” ujar Wakil Direktur Utama PBRX, Anne Patricia Sutanto, dalam paparan publik virtual di Jakarta, Kamis (03/12/2020).

Anne merinci, sebesar USD138,5 juta dari dana obligasi yang akan dicatatkan di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST) tersebut, digunakan untuk pembiayaan utang sindikasi (syndicated debt refinancing) dan sebesar USD171,07 juta untuk pembiayaan obligasi global (global bond refinancing). Adapun sisanya akan digunakan untuk modal kerja.

“Obligasi global tersebut akan dijamin oleh aset-aset anak usaha perseroan dan aset-aset perseroan sendiri, berupa tanah, bangunan, fidusia atas mesin, peralatan inventory, fidusia atas asuransi, fidusia atas piutang, gadai saham dan rekening,” papar Anne.

Anne mengemukakan, manajemen perseroan akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (06/01/2021) untuk meminta persetujuan dari para pemegang saham terhadap rencana aksi korporasi (corporate action) ini.

Manajemen perseroan, dalam kurun waktu 2019 hingga 2020 ini, telah berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi melalui digitalisasi, otomatisasi dan upskilling di seluruh lini produksi yang ada.

Untuk 2020, manajemen perseroan telah mengalokasikan dana belanja modal (capital expenditure/capex) hingga USD15 juta. Akan tetapi, per 30 September 2020, realisasi belanja modal tersebut baru mencapai USD4,2 juta.

Sementara itu, kapasitas produksi garmen perseroan sepanjang 2019 hingga 2020 ini telah mencapai 117 juta helai per tahun. Sedangkan pada 2021, kapasitas tersebut ditargetkan bakal mencapai 130 juta helai per tahun. (Abraham Sihombing).

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…