Survei Herbalife: Masyarakat Indonesia Paling Percaya Diri dalam Menghadapi Penuaan, Dibanding Negara Lain Di Asia Pasifik

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 25 November 2020 - 16:51 WIB

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi: Banyak kekhawatiran tentang penuaan, dan hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul ketika menua
Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi: Banyak kekhawatiran tentang penuaan, dan hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul ketika menua

INDUSTRY.co.id, Jakarta–Sebagai rangkaian kampanye Get Moving With Good Nutrition(GMGN), Perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition kembali menyelenggarakan e-Wellness Tour dengan topik diskusi terkait dengan hasil survei “Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020”yang mengungkapkan bagaimana masyarakat memiliki visi yang jelas tentang apa arti penuaan sehat bagi mereka.

Meski, kurang dari tiga dari 10 konsumen yang memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat, yang diikuti dengan kekhawatiran jatuh sakit karena kekebalan tubuh yang menurun sebagai kekhawatiran utamanya.

Herbalife Nutrition mengundang Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor(IPB)  University,  Dr.  Rimbawan dan Ketua  Umum  Asosiasi Nutrisionis  Olahraga  dan  Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari sebagai pembicara. Kehadiran dua ahli dan praktisi kesehatan dalam kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi kesehatan dan nutrisi bagi masyarakat sekaligus menindaklanjuti  temuan  pada  survei  sebelumnya  yang  menyatakan bahwa  praktisi  kesehatan merupakan  sumber  yang  dipercaya  75  persen  masyarakat  di  Asia  Pasifik  dalam  mendapatkan informasi  seputar  nutrisi  dan  kesehatan. 

Angka  ini  merupakan  angka  kepercayaan  tertinggi dibandingkan dengan sumber lain seperti media sosial, internet dll. Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menyatakan banyak kekhawatiran tentang penuaan, dan hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul ketika menua.

Sebagai perusahaan nutrisi, penting bagi kami untuk menyampaikan pesan positif mengenai menjaga kesehatan masyarakat. Berkaca pada hasil survei yang menyatakan bahwa di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita untuk memberikan informasi yang benar dan berguna bagi publik di saat masyarakat dihantui kekhawatiran terkait apa yang akan mereka alami saat mengalami penuaan. Perlu diinformasikan pula bahwa semua orang memiliki peluang yang sama untuk dapat menjalani masa penuaan dengan sehat,” tambah Andam Dewi.

Definisi Menua  Dengan Sehat

Saat ditanya terkait definisi menua dengan sehat, responden Indonesia memiliki pandangan positif. 63 persen menyatakan bahwa penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua. Sementara 58 persen responden juga mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. 49 persen juga menyatakan Tetap aktif dan tajam secara mentaladalah definisi menua dengan sehat.

Hal yang Paling Dikhawatirkan Terkait Penuaan

Responden Indonesia memiliki beberapa perhatian terkait dengan penuaan yang akan mereka jalani. 39 persen menyatakan kekhawatiran utama dalam menjalani penuaan adalah menjadi lebih sering sakit seiring turunnya imunitas tubuh. Dan, 19 persen responden juga mngkhawatirkan perubahan penampilan yang akan terjadi saat mereka menua, selain itu, 15 persen juga menyatakan mereka khawatir akan menjadi beban bagi keluarga saat mereka tua.

Kepercayaan Diri Menghadapi Penuaan

Hanya tiga dari 10 (28 persen) konsumen Asia Pasifik yang menyatakan keyakinan akan kemampuan mereka  untuk  menua  dengan  sehat.  Konsumen  di  Asia  Tenggara  umumnya  lebih  percaya  diri dibandingkan di Asia Timur Laut. Kepercayaan diri Indonesia paling besar (61 persen), diikuti oleh Malaysia (44 persen) dan Filipina (43 persen). Di sisi lain, konsumen di Korea (17 persen), Taiwan (17 persen), Hong Kong (13 persen) dan Jepang (9 persen).

Di kelompok responden dengan demografi yang berbeda, konsumen yang lebih muda seperti Generasi Z (31 persen) dan Milenial (32 persen) menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan mereka untuk menua dengan sehat dibandingkan dengan Generasi X yang lebih tua (26 persen) dan Generasi Boom+ (24 persen).

Mengatasi Penuaan

Meski demikian, mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan lebih dari delapan dari 10 konsumen (82persen) telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat.

Langkah-langkah yang dilakukan antara lain:

•73 persen telah memperbaiki asupan nutrisi mereka•

63 persen menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga reguler

•50 persen juga menyatakan telah melakukan aktifitas yang menstimulus kesehatan mental

•46 persen mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan

•42 persen juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur

"Sebagian besar konsumen/responden Indonesia telah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat agar dapat menua dengan lebih sehat. Namun, dengan kekhawatiran akan penuaan yang  konsumen  alami,  kami  melihat  kebutuhan  yang  sangat  penting  untuk  membantu  mereka memperkuat kepercayaan diri mereka terhadap kemampuan mereka mengambil tindakan yang tepat. Kami percaya bahwa dengan berbagi edukasi dan informasi tentang penerapan kebiasaan hidup sehatyang benar dan aktivitas fisik yang sesuai, kami dapat membantu orang menemukan jalan yang benar menuju penuaan yang sehat,” tutup Andam Dewi.

Herbalife Nutrition:Herbalife Nutrition merupakan produsen produk nutrisi global yang bertujuan untuk mendorong masyarakat lebih  sehat  dan  bahagia.  Sejak  1980,   telah  menjalankan  misi  nutrisi  untuk  mengubah  kehidupan masyarakat dengan produk dan program yang baik.

Herbalife Nutrition menawarkan produk berkualitas tinggi yang  didukung  sains,  one-on-one  coaching  bersama  dengan  distributor  independen  serta  pendekatan  ke komunitas yang mendukung dan mengkampanyekan gaya hidup sehat lebih sehat dan aktif.

Produk nutrisi, pengelolaan berat badan, energi dan kebugaran serta perawatan tubuh tersedia secara eksklusif melalui distributor Herbalife Nutrisi yang berdedikasi di lebih dari 90 negara.

Herbalife Nutrition mendukung Herbalife Nutrition Foundation, sebuah organisasi non profit guna membantu menyediakan  nutrisi  yang  baik  kepada  anak-anak  yang  membutuhkan.  Herbalife  Nutrition  juga  bangga mensponsori lebih dari 190 atlet, tim dan event di seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…