Menjelang Ramadhan, Komoditas Pangan Mengalami Kenaikan Harga disejumlah Daerah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Mei 2017 - 10:03 WIB

Bawang Putih (ist)
Bawang Putih (ist)

INDUSTRY.co.id - Sukabumi, Terjadinya ketidakseimbangan antara supply dan demands menjelang Bulan Puasa, memicu kenaikan harga komoditas pangan di sejumlah daerah. Termasuk di Sukabumi, harga bawang putih naik tinggi.

"Harga bawang putih ini naik sebesar Rp6.000 dari harga pekan lalu yakni Rp38.000, naik menjadi Rp44.000 per kilogram," kata Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Ayep Supriatna di Sukabumi, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Ayep mengatakan, mendekati Bulan  Ramadan sejumlah harga kebutuhan pokok dan bukan utama naik karena tinginya permintaan, maka dari itu pihaknya mengintensifkan pemantauan dan pengawasan ketersediaan dan pasokan ke pasar tradisional.

Selain itu, kenaikan harga juga dipicu dari hasil panen di daerah-daerah penghasil, diharapkan menjelang Ramadan hingga usai lebaran pasokan dan harga normal walaupun ada kenaikan, harga diharapkan masih dalam batas kewajaran.

Sementara harga tomat, malah anjlok hingga 40% dari harga pekan lalu, yakni dari harga Rp10.000 menjadi Rp6.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras masih stabil, jenis Ciherang Rp9.600/kg, IR 64 KW 1 Jampang Rp9.200/kg dan IR 64 KW 2 Jampang Rp9.000/kg.

"Harga kebutuhan pokok selalu berfluktuasi, namun untuk beras sudah harganya normal atau tidak ada perubahan sejak tahun lalu tetapi mendekati Ramadhan apalagi Idul Fitri bisa saja naik," ujar Ayep.

Salah seorang penjual sayuran di Pasar Lettu Bakri, Eneng mengatakan, harga masih normal dan pasokan tersedia. "Tetapi kami tidak berani menyimpan stok dalam volume besar. Khawatir ada kenaikan, barang tidak laku," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirimi Kementerian ESDM Surat Evaluasi

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…