Teken MoU dengan Fauna Land Indonesia, Banten West Java Hadirkan Kebun Binatang Unik di KEK Tanjung Lesung

Oleh : Ridwan | Senin, 09 November 2020 - 09:45 WIB

Penandatanganan kerjasama PT Banten West Java dengan PT Fauna Land Indonesia (Foto: Dok.Industry.co.id)
Penandatanganan kerjasama PT Banten West Java dengan PT Fauna Land Indonesia (Foto: Dok.Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejak menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada tahun 2015, Tanjung Lesung yang dikembangkan PT Banten West Java, terus dilirik berbagai pelaku bisnis untuk ikut menggarap pasar potensial tersebut.

Salah satunya ialah PT Fauna Land Indonesia, yang akan membangun Fauna Land Kid Zoo dan Fauna Land Resort di Tanjung Lesung.

Hal ini menyusul terjadinya perjanjian kerja sama antara Jababeka Group melalui PT Banten West Java selaku pengembang dan pengelola KEK Tanjung Lesung dengan PT Fauna Land Indonesia untuk mengembangkan wisata rekreasi di Tanjung Lesung. 

Fauna Land merupakan kebun binatang di Taman Impian Jaya Ancol yang menyediakan beragam binatang-binatang unik yang menarik bagi anak-anak.

CEO Faunaland Danny Gunelan menjelaskan bahwa proyek Faunaland di KEK Tanjung Lesung akan dilakukan dalam dua tahap. Yaitu tahap pertama adalah membangun kebun binatang Fauna Land Kid  yang berada di Mongolian Culture Center- Tanjung Lesung. 

Dan tahap kedua ialah membangun Fauna Land Resort berupa fasilitas akomodasi yang unik dengan pemandangan satwa-satwa yang bebas berkeliaran di kandangnya.

Danny menambahkan nantinya satwa-satwa yang akan ditampilkan, cocok dengan suhu dan iklim yang ada di Tanjung Lesung.

"Rencananya, Fauna Land Kid akan dibuka untuk umum pada pertengahan Desember 2020. Semoga ini bisa menambah daya tarik Tanjung Lesung, meningkatkan pariwisata eco-industri, menambah pendapatan pemerintah daerah dan membuat aktivitas ekonomi baru. Karena ekowisatanya di Tanjung Lesung masih minim, selain pantai" terang Danny dalam keterangan tertulisnya (8/11/2020).

Sementara itu Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo menyambut baik kerja sama ini. Ia optimis, proyek ini ini bisa berjalan lancar dan mampu memberi impact positif bagi semua pihak.

"Bagi Tanjung Lesung, ini menjadi kesempatan yang baik karena proyek ini akan menjadi satu tambahan daya tarik. Bahkan daya tarik ini memberikan edukasi yang baik tentang lingkungan dan fauna atau binatang," kata Poernomo.

Poernomo mengatakan bahwa kita bisa mencintai environment di Tanjung Lesung dengan menjaga keasrian dan fauna atau binatang-binatang di sana.

"Dan karena binatang-binatang ditampilkan unik-unik bisa membuat masyarakat untuk datang ke Tanjung Lesung." ungkapnya.

Untuk daftar satwa-satwanya sendiri, Fauna Land Kid akan menghadirkan satwa-satwa unik yang hanya ada di Tanjung Lesung. Sehingga kehadiran Fauna Land Kid akan berbeda dengan kebun binatang lainnya.

"Pastinya, satwa-satwa di Fauna Land Kid Tanjung Lesung unik. Pasti juga ada maskot-maskot yang belum ada di Indonesia, dan masih banyak lagi yang akan kami keluarkan secara periodik. Jadi pengunjung yang datang bisa kenalan aneka satwa di sana dan belajar juga," pungkas Danny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT. Grahabuana Cikarang Sutedja S. Darmono saat acara Jababeka Lunar New Year Outlook 2021

Jumat, 26 Februari 2021 - 01:21 WIB

Jababeka Kembangkan Smart Township di Koridor Timur Jakarta

Pengembang kota mandiri Jababeka secara gamblang memproyeksikan pengembangan Smart Township di koridor Timur Jakarta, tepatnya di Kota mandiri Jababeka-Cikarang.

Bantu Korban Banjir, SiCepat Salurkan Donasi ke BPBD Kabupaten Bekasi

Kamis, 25 Februari 2021 - 23:52 WIB

Banjir Tenggelamkan 15 Kecamatan di Bekasi, Ini Penjelasan Warga Saat Menerima Bantuan SiCepat Ekspres

Bekasi-Bencana banjir yang menenggelamkan 19 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi menimbulkan dampak yang cukup parah.

Perayaan Dies Natalis ke-71, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Kamis, 25 Februari 2021 - 21:52 WIB

Rayakan Dies Natalis ke-71, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Gelar Lomba Tumpeng Alat Kesehatan

Sebanyak 32 tim menjadi peserta lomba tumpeng berasal dari berbagai departemen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RSUPN Cipto Mangunkusumo, RS jejaring seperti RSUI dan RS Persahabatan,…

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 25 Februari 2021 - 21:34 WIB

Tertarik Dengan Cryptocurrency? Wfhbot Siap Beri Paduan Bahkan Bagi Orang Awam Sekalipun

Aplikasi Info Koneksi hadir bagi masyarakat Indonesia dengan tools Wfhbot yang tersedia secara gratis di website www.wfhbot.id, untuk memberi edukasi lengkap bagi masyarakat awam tentang keuntungan…

Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera

Kamis, 25 Februari 2021 - 20:57 WIB

Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera Desak OJK Segera Cairkan Dana Cadangan Bumiputera

Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera mengatakan, aksi damai kali ketiga ini ditujukan ke OJK agar regulator ini lebih aktif membantu menyelesaikan kasus gagal bayar ini yang tertunda…