Wakaf Perkuat Kedaulatan Pangan Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:50 WIB

Ahyudin, Ketua Dewan Pembina ACT/Presiden Global Wakaf bicara pentingnya pangan
Ahyudin, Ketua Dewan Pembina ACT/Presiden Global Wakaf bicara pentingnya pangan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Wakaf Pangan menjadi kekuatan energi pangan Bangsa Indonesia, dengan wakaf ini produksi pangan dapat didistribusikan ke masyarakat kecil ataupun yang mengalami bencana.

Ahyudin, Presiden Global Wakaf me jelaskan kebutuhan pangan sebagai dasar bagi masyarakat agar kenyang sebelum masuk ke ruhani ataupun intelektual.

"Kita penuhi dulu perut, setelahnya naik ke dada dan ke kepala," kata dia dalam diskusi kebangsaan dengan tema Energi Kedaulatan Pangan Bangsa di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Ia menjelaskan untuk memperkuat Wakaf Pangan, pihaknya dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberdayakan petani, melalui program Masyarakat Produsen Pangan Lokal Indonesia (MPPI).

"Jadi insyaallah Global Wakaf-ACT bersama dengan Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP31) dan Gema Petani akan membuat proyek pertama 500 hektar sawah padi, dananya berasal dari wakaf," katanya.

Ahyudin yang Ketua Dewan Pembina ACT mengatakan aksinya ini juga pernah dilakukan di Madinah. Pada masa itu, masyarakat diberdayakan secara ekonomi dan sosial melalui wakaf. Apabila dikelola dengan baik, wakaf akan menciptakan peradaban yang tinggi.

"Wakaf bisa mendorong manusia untuk saling mandiri, memberi dan menyontohkan meteladanan umat terdahulu. Wakaf istrumen keuangan tertinggi karena bertujuan ekonomi dan sosial," katanya.

Mantan Ketua DPR Marzuki Ali, wakaf tidak mengenal pandemi karena dapat membantu masyarakat di saat susah saat pandemi.

"Ini bukan riba dan dapat menguatkan gerakan masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:05 WIB

Topang Daya Saing, Kemenperin Dorong Teknologi Pengelolaan Limbah Industri

Perkembangan teknologi pengelolaan limbah industri terus berkembang sejalan dengan semakin tingginya permasalahan lingkungan, baik yang menggunakan teknologi fisika, kimia, maupun biologi.

MoU Mandiri Syariah dengan PLN

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:04 WIB

Mandiri Syariah Kucurkan Pembiayaan Sindikasi Rp1,2 Triliun untuk PLN

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur negeri, salah satunya melalui dukungan finansial belanja modal atau capital expenditure (capex) PT Perusahaan…

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:00 WIB

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan spesifikasi sepeda kuning lipat 'Bamsoet' yang spesial itu. Antara lain memiliki berat 12 Kg, frame set dari chromoly, brake system…

Kegiatan MoU PT Indra Karya (Persero) dan Yayasan Air Adhi Eka di Kementerian PUPR

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:15 WIB

Indra Karya Jalin Kerjasama Strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka Kementerian PUPR

Terjalinnya kerjasama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor Sumber Daya Air.

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:00 WIB

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersinergi dengan Pertamina untuk pengelolaan sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak (BBM) dan jalur pipa gas di Pelabuhan…