Terkuak! Ini Alasan Erick Thohir Pinjam Uang dari Ketum Kadin Rosan

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:15 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menceritakan pengalamannya sebagai pengusaha yang ikut merasakan krisis pada tahun 2004-2006 silam.

Bahkan, Erick mengaku sempat meminjam uang kepada sahabatnya yang kini menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani.

"Saya saat itu di 2004-2006, saya sangat kesulitan karena mungkin over ekspansi. Dan mohon maaf, kalau bisnis media kayak kita ini, kan orang bayar iklan itu belakangan, bukan berarti iklan naik terus langsung dibayar. Kita over ekspansi waktu itu," tutur Erick berbagi pengalamannya di Festival UMKM kumparan, Rabu (28/10).

Ia mengaku hanya punya tiga pilihan yaitu mengurangi pegawai dan menutup perusahaan, meminjam dana bank, atau mencoba mencari cara lain sebisanya seperti meminjam uang ke sahabatnya, Rosan Roeslani.

"Waktu itu saya harus melepas juga seluruh hobby-hobby saya, mau mobil tua, lukisan, dan saya ingat juga saya pinjam uang secara pribadi waktu itu dan saya balikin, ke Mas Rosan dan alm Andre, satu bulan, saya ingat," tutur Erick.

Menurut Erick, sebagai pengusaha, ia memang harus bertanggung jawab kepada perusahaan dan pegawainya. Namun, tantangan-tantangan seperti masalah ekonomi dan krisis, seharusnya tidak cukup untuk membuat seorang pengusaha menyerah dan berhenti.

"Di masa krisis kita harus berani mengambil keputusan, tapi yakinlah kalau kalian bekerja dengan hati dan produk yang kalian kembangkan itu yakin ada marketnya, bisa diterima, ya tetap jalani," kata Erick.

"Karena itulah challenge kita sebagai pengusaha beda sama profesional. Kalau profesional kan pikirkan risikonya, kalau pengusaha itu harus berani ambil risiko," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MoU Mandiri Syariah dengan PLN

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:04 WIB

Mandiri Syariah Kucurkan Pembiayaan Sindikasi Rp1,2 Triliun untuk PLN

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur negeri, salah satunya melalui dukungan finansial belanja modal atau capital expenditure (capex) PT Perusahaan…

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:00 WIB

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan spesifikasi sepeda kuning lipat 'Bamsoet' yang spesial itu. Antara lain memiliki berat 12 Kg, frame set dari chromoly, brake system…

Kegiatan MoU PT Indra Karya (Persero) dan Yayasan Air Adhi Eka di Kementerian PUPR

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:15 WIB

Indra Karya Jalin Kerjasama Strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka Kementerian PUPR

Terjalinnya kerjasama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor Sumber Daya Air.

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:00 WIB

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersinergi dengan Pertamina untuk pengelolaan sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak (BBM) dan jalur pipa gas di Pelabuhan…

dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru

Sabtu, 05 Desember 2020 - 10:15 WIB

Cegah Klaster Kantor Lewat Disiplin 3M

Penerapan kesehatan di lingkungan kerja memang sangat penting. Bahkan, banyak perusahaan yang juga memfasilitasi karyawannya untuk rutin melakukan deteksi awal, seperti rapid test sampai dengan…