Papua Pulau Emas, Tambang Mencapai 2,6 Miliar Ton, Umur Tambang Freeport Sampai 2070

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:23 WIB

Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)
Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Senior Vice President for Exploration Division Mining Industry Indonesia (MIND ID)- Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertambangan,  Wahyu Sunyoto mengungkapkan sumber daya bijih mineral di lahan tambang Freeport Indonesia di Papua mencapai 2,6 miliar ton. maka secara hitung-hitungan kasar umur tambangnya masih bisa dikelola sampai 2070 mendatang, bahkan lebih.

Wahyu menjelaskan masa umur tambang tersebut dengan asumsi memproduksi bijih sebanyak 150 ribu ton per hari.

"Sumber daya yang kategori indicated (terkira) dan measured (terukur) masih sekitar 2,6 miliar ton. Inilah masa depan Freeport. Umurnya berapa sih? katakanlah dari 2,6 miliar itu, sekitar 150 ribu ton ore per hari diproduksi, maka umurnya kalau hitung-hitungan secara kasar bisa sampai 2070 lebih," paparnya dalam acara workshop 'Tambang untuk Peradaban' secara daring pada Kamis (22/10/2020), seperti dikutip industry.co.id dari CNBC Indonesia.

Tantangan ke depan, menurutnya adalah MIND ID sebagai pemegang saham mayoritas 51% saham PT Freeport Indonesia, harus memiliki rencana sejak jauh-jauh hari sampai habis kontrak Freeport pada 2041.

Untuk itu, ini menjadi tugas dari MIND ID untuk memastikan bahwa Undang-Undang No.3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu bara (UU Minerba) memberikan dukungan keberadaan BUMN berupa adanya kepastian melanjutkan penambangan sampai masa cadangan bisa didapatkan.

"Bahwa kepastian untuk dapatkan izin melanjutkan penambangan sampai umur tambang bisa diperoleh, sehingga mulai sekarang bisa rancang perencanaan tambang dengan tidak adanya batasan. Dengan demikian, sumber daya yang sebesar itu bisa dioptimalkan untuk perencanaan," jelasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Sabtu, 21 Mei 2022 - 04:30 WIB

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono membahas situasi keamanan laut. Pertemuan hangat ini berlangsung di Kantor KKP Jakarta…

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Donor Darah di Perbatasan RI-PNG

Sabtu, 21 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Donor Darah di Perbatasan RI-PNG

Satgas Yonif 126/KC bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jayapura menyelenggarakan donor darah dalam rangka memperingati HUT Yonif 126/KC yang ke-60 Tahun.

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:27 WIB

KASAD Resmikan Yon Arhanud 9AWJ dan Yon Armed 20/155 GS/BY

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., meresmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya…

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…