S Pen Samsung Galaxy Note20 Series, Stylus Terdepan Masa Kini

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 24 Oktober 2020 - 04:36 WIB

Samsung Galaxy Note20 Series yang dilengkapi S Pen, stylus terdepan masa kini. (Foto: Samsung.com)
Samsung Galaxy Note20 Series yang dilengkapi S Pen, stylus terdepan masa kini. (Foto: Samsung.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Berbicara gadget jenis Notes pasti tidak terlepas dari benda kecil yang mendampingi Notes tersebut. Benda tersebut berfungsi seperti pensil ataupun pena untuk menorehkan goresan tangan di atas layar Notes. Itu untuk mempermudah para penggunanya agar dapat membuat catatan penting secara langsung dan cepat ketika menjalankan tugas pekerjaan sehari-hari.

Produk Samsung Galaxy Note20 Series yang baru diluncurkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia ini dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED 2X berteknologi VRR (Variable Refresh Rate) yang memiliki refresh rate 120 Hz. Istilah AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Teknologi tersebut dirancang langsung oleh Samsung Display, yaitu salah satu unit bisnis Samsung.

Sejak generasi pertamanya, Samsung Galaxy Note Series selalu identik dengan kecanggihan S Pen. Pasalnya, stylus ini senantiasa memberikan kecanggihan pada perangkat Notes yang didampinginya. Hal itu juga dipertahankan Samsung pada Galaxy Note20 Series yang baru-baru ini diluncurkan di Indonesia.

Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile PT Samsung Electronics Indonesia, menuturkan, kehadiran aplikasi Samsung Notes pada Samsung Galaxy Note20 Series bertujuan memaksimalkan penggunaan S Pen. Aplikasi yang memiliki tingkat perpaduan yang tinggi dengan S Pen ini belum pernah ditemukan sebelumnya. Ini adalah salah satu keunikan yang dimiliki Samsung Galaxy Note20 Series.

“Sinergi antara S Notes dan S Pen memungkinkan para pengguna Notes ini untuk mengedit dan membuat konten menjadi lebih mudah di mana pun dan kapan pun, bahkan pada tingkat mobilitas yang tinggi sekalipun,” jelas Taufiqul.

Taufiqul mengemukakan, S Pen Samsung Galaxy Note20 Series dirancang sedemikian rupa sehingga konsumen dapat merasakan keleluasaan menulis dan menggambar, sama seperti ketika menggoreskan pensil atau pena asli di atas kertas. Secara fisik, S Pen Samsung Galaxy Note20 Series ini berbobot hanya 3 gram dengan diameter ujung pena 0,7 mm.

S Pen pada Samsung Galaxy Note20 Series memiliki tingkat latensi yang rendah, yaitu hanya sebesar 9 ms. Stylus ini memiliki tingkat presisi yang tinggi serta tingat respons yang cepat. Perpaduan antara layar Samsung Galaxy Note20 Series yang memiliki refresh rate 120 Hz dengan tingkat latensi S Pen yang rendah itu memberikan keleluasaan pengguna untuk menulis di atas Notes ini secara natural, seperti menggoreskan pena di atas kertas.

Di samping itu, adapula fitur baru Anywhere Actions yang mempermudah operasional S Pen. Melalui fitur tersebut, S Pen mampu menjalankan perintah navigasi ke halaman muka, mengakses daftar aplikasi yang baru dibuka, hingga ke halaman yang baru di buka.

Para pengguna Samsung Galaxy Note20 Series juga dapat memanfaatkan S Pen untuk menjalankan aplikasi kamera, yaitu melakukan zoom in atau zoom out, melakukan perintah Screen Capture, hingga membuka Smart Select untuk membuat GIF.

S Pen juga memungkinkan para pengguna menulis di layar Galaxy Note20 Series tanpa membuka kuncinya terlebih dahulu, serta tanpa membuka aplikasi terlebih dahulu, sehingga dapat dengan cepat menulis secara instan dan menyenangkan.

Dengan demikian, pada penggunaannya, para pengguna cukup mengambil S Pen dari perangkat, kemudian menulis berbagai ide, catatan penting, hingga berbagai pekerjaan yang harus dituntaskan langsung di layar. Kemudian, hasil tulisan tersebut dapat langsung ditempatkan di layar utama atau disimpan dalam aplikasi Samsung Notes.

Para pengguna juga dapat langsung menggoreskan S Pen pada screenshot secara instan, mulai dari menambahkan catatan di artikel yang baru saja dibaca hingga memberikan masukan pada desain visual.

Sementara itu, aplikasi Samsung Notes di Samsung Galaxy Note20 Series ini memungkinkan tulisan yang dihasilkan dapat berubah secara otomatis menjadi teks yang bisa langsung disalin dan ditempel (copy dan paste). Dalam aplikasi ini, terdapat fitur Auto Straighten yang dapat secara otomatis dapat menyesuaikan tulisan pengguna yang miring atau keluar jalur, misalnya karena terburu-buru menulis, menjadi tetap rapi.

Selanjutnya, aplikasi Samsung Notes ini juga memiliki fitur bernama Audio Bookmark. Fitur ini memberikan kemudahan yang lebih dalam bagi pengguna ketika mencatat di Samsung Notes sekaligus merekam suara di sekitarnya.

Dengan Audio Bookmark, pengguna dapat mencantumkan timestamp pada rekaman tersebut dan mensinkronisasikannya dengan catatan yang ditulis sebelumnya. Dengan demikian, ketika pengguna melewatkan sejumlah kata pada rekaman tersebut, maka hasil rekamannya dapat diputar kembali untuk melengkapi catatan.

Adapun kolaborasi antara Samsung dengan Microsoft memungkinkan aplikasi Samsung Notes dapat sinkron dengan Microsoft OneNote. Karena itu, apa pun yang ditulis pengguna di Samsung Notes akan tersimpan secara otomatis pada Microsoft OneNote. Kemampuan tersebut juga dilengkapi fitur Link to Windows yang memungkinkan pengguna menjalankan lebih dari satu aplikasi secara berdampingan dengan menggunakan PC berbasis Windows.

Samsung Galaxy Note20 Series ini juga dilengkapi oleh sebuah community platform yang memungkinkan hasil karya pengguna dapat dilihat di seluruh dunia. Platform tersebut bernama PENUP (baca: pen ap). Melalui platform ini, para pengguna dapat mengunggah berbagai kreasinya, khususnya hasil karya yang dibuat pada Samsung Note, dan membagikannya kepada sesama pengguna.

“PENUP itu juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pengguna Samsung Galaxy Note20 Series. Khususnya bagi mereka yang merupakan para pekerja kreatif, untuk memperkaya referensinya dalam terus berkarya,” imbuh Taufiqul.

Untuk keterangan selanjutnya mengenai Samsung Galaxy Note20 Series ini, anda dapat mengunjungi situs www.samsung.com/id. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.