Promosikan Wisata ke Warga Jepang, KBRI Tokyo dan TWC Selenggarakan Virtual Tour Candi Borobudur

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:15 WIB

Candi Borobudur
Candi Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara tentang berwisata, siapa yang tak merindukan berlibur dan menikmati pemandangan yang indah serta suasana yang berbeda tanpa khawatir adanya pandemi.

Industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dan seluruh dunia ikut terpukul akibat pandemi Covid-19 ini. Liburan kini jadi sesuatu yang didambakan bagi tiap orang di belahan dunia manapun.

Guna mensiasati kondisi ini, banyak destinasi wisata mengadakan virtual tour. Melalui sosial media yang mereka kelola, tour secara virtual ini bisa mengobati kerinduan netizen untuk berwisata meski hanya lewat layar gawai masing-masing.

Berwisata secara virtual menjadikan pengalaman yang berkesan, di mana wisatawan diajak berkeliling secara pribadi untuk menikmati sebuah destinasi wisata.

Selain tetap aman dan terhindar dari risiko penyebaran pandemi COVID-19, hal ini juga memberikan euforia baru dalam berwisata dalam era digital dengan kecanggihan teknologi.

KBRI Tokyo bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) dan Balai Konservasi Borobudur mengadakan Virtual Tour ke Candi Borobudur.

Acara yang langsung disiarkan melalui aplikasi media sosial Instagram ini juga didukung penuh oleh Balai Konservasi Borobudur.

Kegiatan ini bertujuan untk mengenalkan Candi Borobudur kepada warga Jepang.

“Virtual tur ini merupakan agenda kami untuk mempromosikan Candi Borobudur kepada market Jepang. Tour kali ini juga memakai bahasa Jepang, sehingga warga Jepang bisa langsung menikmati tour. Semoga dengan virtual tour kali ini bisa mengobati rindu warga Jepang untuk berkunjung ke Candi Borobudur secara langsung.” Terang Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (21/10).

Virtual Tour Candi Borobudur yang disiarkan langsung melalui akun media sosial Instagram KBRI Tokyo ini ditonton hampir 2700 netizen.

Selain itu, sepuluh warga Jepang secara langsung menyaksikan virtual tour dari kantor KBRI Jepang. Mereka dapat langsung berinteraksi dengan pemandu wisata yang berada langsung di Candi Borobudur.

Pemandu wisata yang secara langsung menggunakan bahasa Jepang ini menjelaskan mulai dari asal-usul Candi Borobudur hingga beberapa relief seperti relief Kharmawibangga dan Lalitavistara. Pemandu juga menjelaskan keberadaan beberapa Gunung yang mengitari kawasan Borobudur serta juga keberadaan Pohon Bodi yang daunnya menyerupai bentuk Candi Borobudur.

Wakil KBRI Tokyo Meinarti Fauzie menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah efektif dalam mengenalkan kesiapan destinasi pariwisata nasional dalam menyambut wisatawan mancanegara saat pandemi usai.

“Virtual tour ini menjadi bagian dalam pengenalan destinasi Borobudur sebagai salah satu dalam 10 kawasan superprioritas Indonesia yang kehadirannya bisa menjadi magnet wisman, terutama dari Jepang. Harapannya, melalui virtual tour ini, masyarakat Jepang bisa lebih mengenal dan melihat langsung kesiapan pengelola candi dalam menerima kunjungan wisman, setelah pandemi.” Ucapnya.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan bahwa pariwisata menjadi salah satu industri yang bisa cepat pulih. Hal ini didorong oleh masa karantina yang menyebabkan gerak wisata menjadi terhambat. Oleh karena itu, upaya promosi harus gencar dilakukan untuk menangkap peluang recovery ini.

“Langkah-langkah terobosan perlu dilakukan terutama di platform media sosial. Konten publikasi perlu digencarkan agar atraktif dan efektif. Kita juga harus membangun kepercayaan wisatawan untuk berkunjung. Hal ini menjadi prioritas utama. Kita tekankan kepada mereka bahwa destinasi ini adalah destinasi yang aman dikunjungi. Itu fokus utama kita. Selanjutnya, bagaimana mengkomunikasikannya kepada publik.” Terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…