Hebat! Dua Menteri Jokowi Dipuji-puji Organisasi Kesehatan Dunia, Erick Thohir & Retno Marsudi Tersenyum

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Oktober 2020 - 07:05 WIB

Menteri BUMN Erick Tohir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri BUMN Erick Tohir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengapresiasi Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi atas keterlibatan Indonesia dalam penanganan Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus melalui akun twitternya @DrTedros. Bahkan Tedros menyampaikan hal tersebut dengan menggunakan bahasa Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada @Menlu_RI Retno Marsudi dan menteri BUMN @erickthohir untuk keanggotaan Indonesia di dalam dewan fasilitas ACT-Accelerator untuk Covid-19," tulis @DrTedros dikutip (18/10/2020).

Ia menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia yang terus berupaya menangani pandemi Covid-19 bekerja sama dengan sejumlah perusahaan farmasi.

Dijelaskan Tedros, WHO dan pemerintah Indonesia sudah bersepakat dan berkomitmen untuk terus mengembangkan vaksin Covid-19. Jika nanti vaksin sudah tersedia, baik WHO dan pemerintah Indonesia akan membagikannya ke seluruh dunia.

"Saya, @Menlu_RI Retno Marsudi dan Menteri BUMN @erickthohir berdiskusi mengenai ACT-Accelerator dan fasilitas COVAX. Kami sepakat bahwa ketika vaksin Covid-19 yang aman telah tersedia, kita harus membagikannya secara merata ke seluruh dunia," katanya.

Sebelumnya, usai dari Inggris, Erick Thohir dan Retno Marsudi melanjutkan perjalanan ke Swiss bertemu dengan CEO Gavi COVAC Facilities Seth Berkley, Direktur Jenderal WHO Thedros Ghebreyesus, dan UNICEF. 

Poin penting yang dibahas dalam pertemuan itu adalah pengelolaan Covid-19 dan keinginan Indonesia untuk menjadi bagian dari COVAX Advanced Market Commitment (COVAX AMC).

Kepada GAVI, Erik dan Retno menyampaikan Presiden Indonesia telah menerima surat dari GAVI pada 18 September 2020. Surat GAVI tersebut intinya menyampaikan Indonesia layak menerima Official Development Assistance (ODA) di dalam (COVAX AMC) untuk penyediaan vaksin Covid-19 dalam kerangka multilateral.

"Dalam suratnya, Gavi juga mengharapkan kerja sama dengan Indonesia dalam penanganan Covid-19. Sebagai tindak lanjut surat GAVI, dalam pertemuan tadi Indonesia telah menyampaikan secara resmi surat yang berisi Expression of Interest dari Indonesia untuk bergabung dalam COVAX AMC," kata Retno

Sedangkan WHO, juga sepakat untuk terus meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam pengelolaan pandemi dan kerja sama strategis lainnya di bidang kesehatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Barang Branded

Rabu, 02 Desember 2020 - 00:16 WIB

Alamak! Gaji di Bawah 5 Juta Lebih Pede Beli Barang Branded Ketimbang Gaji di Atas 20 Juta, Ternyata Karena...

Jakarta-Dalam Berita Resmi Statistik terkait Ekonomi Indonesia di Kuartal III 2020 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dari lapangan…

SP Pegadaian

Selasa, 01 Desember 2020 - 23:21 WIB

Serikat Pekerja Pegadaian Sepakat Tolak Wacana Akuisisi Holding oleh BRI

Jakarta- Serikat Pekerja (SP) PT. Pegadaian (Persero) yang dipimpin Ketut Suhardiono menegaskan sikap, penolakan rencana pencaplokan PT. Pegadaian (Persero) dengan skema holding dan akuisisi…

Pepen Nazaruddin (Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial) Pepen Nazaruddin (Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial)meletakkan batu pertama Tugu Pelopor Perdamaian Indonesia di Kompleks Taman Kehati

Selasa, 01 Desember 2020 - 23:06 WIB

Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara: Pelopor Perdamaian Indonesia Pilar Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Lampung– Pandemi covid-19 beserta ekses dari kebijakan serta tindakan penanganannya membawa implikasi yang merubah tata kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury

Selasa, 01 Desember 2020 - 22:35 WIB

CEO BTN Raih Penghargaan Bankers of The Year 2020

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan Bankers of The Year 2020 karena dinilai memiliki prestasi luar biasa selama berkiprah di industri perbankan.…

Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah untuk Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Selasa, 01 Desember 2020 - 22:30 WIB

Dukung Pembelajaran Online, Casio Donasikan 100 Kalkulator Ilmiah untuk Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Sebagai salah satu program khusus dalam dukungan di masa pandemi COVID-19 untuk pengembangan sistem pembelajaran online, Casio mendonasikan 100 buah kalkulator ilmiah tipe Classwiz kepada Dinas…