Purwa Caraka Musik Studio Bertahan Memajukan Pendidikan Musik Selama 32 Tahun

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 02 Oktober 2020 - 10:41 WIB

Purwacaraka, musisi, komposer, sekaligus pimpinan Puwa Caraka Music Studio (PCMS)
Purwacaraka, musisi, komposer, sekaligus pimpinan Puwa Caraka Music Studio (PCMS)

INDUSTRY.co.id -JAKARTA-- Di tengah hingar bingar stasiun televisi menyelenggarakan kontes pencarian bakat ( talent contest) untuk mencari penyanyi yang akan mengisi kebutuhan industri musik, satu hal yang nyaris terlupakan orang yakni pendidikan musik itu sendiri. Dan disinilah Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) bertahan selama 32 tahun. Didirikan 1 Oktober 1988 di Bandung dengan lebih dari 90 cabang di seluruh Indonesia.  

"Memajukan pendidikan musik di Indonesia sudah menjadi komitmen. Kami percaya dgn memberikan kontribusi kepada perkembangan kecerdasan anak2 Indonesia melalui pendidikan musik akan berdampak pada regenerasi bangsa yang jauh lebih baik," kata Purwacaraka,  pimpinan PCMS kepada Industry.co.id. 

Kang Purwa, demikian nama panggilan akrab pria kelahiran Beograd, Yugoslavia, 60 tahun silam ini mengakui bahwa di masa  masa sulit seperti krisis ekonomi, dan juga krisis kesehatan seperti pandemi cofid19 yang kini tengah melanda,  kegiatan pendidikan musik yang pertama kali kena imbasnya. 

"Banyak orangtua yang terpaksa menghentikan pendidikan musik yang tengah berjalan karena alasan tersebut. Termasuk saat pandemi seperti sekarang ini, "kata Kang  Purwa. 

Untung saja, lanjutnya, sekarang jaman internet. "Sehingga pengajaran tetap dapat dilanjutkan dengan mengunakan teknologi yang rata rata sudah dipunyai oleh murid murid PCMS tanpa harus datang ke studio atau sekolah PCMS, " katanya. 

Dalam Masa Pandemi ini, lanjut Purwa,  kami dituntut agar bisa survive , memelihara semangat bermusik anak2 dengan berbagai cara , harus survive secara kehidupan dan tentunya dituntut untuk bisa berinovasi dan beradaptasi dengan  dunia yang baru . 
Kami siap bekerja keras untuk memberikan pelayanan pendidikan musik yang semakin baik . 

Itu sebabnya sebagai pimpinan PCMS kang Purwa sempat membuat beberapa program yang dapat diikuti oleh seluruh siswa PCMS maupun masyarakat umum.  Diantaranya program main bareng "Home Concert",  Berani Berisik,  Lets talk About ( ngobrol dengan alumni atau musisi berprestasi),  dan juga bahasan musik dan teater, musik dan film dan lain lain. 

Itu semua menurut Purwacaraka untuk terus memelihara semangat bermusik. Semangat berkesenian. "Saya tidak ingin jumawa dengan mengatakan bahwa sangat sedkit sekali orang bahkan pemerintah sekali pun yang peduli pendidikan musik di saat pandemi ini. Padahal ini waktu yang sangat baik. Karena anak anak semua di rumah di dampingi orangtuanya.  Dengan terus memelihara semangat bermusik maka anak akan bisa menunjukkan bakatnya, kemampuannya, bahkan juga disaksikan oleh anak anak lain," tambahnya penuh semangat. 

Purwa mengharapkan anak anak dalam  situasi pandemi ini tetaplah belajar dan bermain musik. Bakat bermusik tidak akan menjadi sesuatu yang besar tanpa melalui proses latihan. 

Bahkan lewat proses latihan banyak hal yang terjadi diluar dugaaan. Misalnya Teza Sumendra, Rossa, dan Afgan  yang kini dikenal  sebagai penyanyi ternama yang pernah mengecap pendidikan di PCMS.

"Ada beberapa nama yang enggak sesuai jurusannya tapi memberikan kontribusi dari sisi lain. Misalnya Rossa, dulu di Bandung belajar piano. Afgan juga pernah di Cipete belajar piano. Saya percaya, musisi yang belajar piano biasanya eksplorasi nadanya lebih bagus," tuturnya.

Selain mereka, penyanyi Marcell Siahaan pernah pula belajar di lembaga kursus musik milik Purwa tersebut. Marcel yang saat itu mengambil kursus bermain drum bahkan sempat berkontribusi untuk menjadi tenaga pengajar di sana. Di samping itu, sejumlah personel grup musik Tanah Air juga sempat belajar di PCMS.

Hingga kini, Purwa berkomitmen untuk terus mengembangkan apa yang telah ia jalani saat ini, dari segi pelayanan maupun prestasi. Tak hanya itu, ia juga ingin menambah kualitas lembaga kursusnya serta membuka beberapa kelas baru untuk mengikuti pekembangan zaman.( AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…