Jokowi Minta Jajarannya Serahkan Perencanaan Vaksinasi Covid-19 Dalam Waktu Dua Minggu Kedepan

Oleh : Ridwan | Senin, 28 September 2020 - 15:10 WIB

Preaiden Joko Widodo (Jokowi)
Preaiden Joko Widodo (Jokowi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaran di bawahnya merencanakan program secara detail terkait keseluruhan pelaksanaan vaksin pada saat nanti disuntikkan ke orang per orang.

Ia pun meminta laporan mengenai hal itu sudah diterima di meja kerjanya dalam waktu dekat.

"Saya minta untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin itu direncanakan secara detail seawal mungkin. Saya minta dalam dua minggu ini sudah ada perencanaan yang detail," kata Jokowi pada saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Menurut Jokowi, pelaksanaan vaksin dimulai dengan memprogram siapa yang melakukan, siapa yang akan diimunisasi pertama hingga pelaksanaan di lapangan secara masif. Oleh karena itu perlu dirancang sebaik mungkin. 

Seperti diketahui, rencana pemerintah memberikan vaksin kepada masyarakat pada awal tahun depan.

"Sehingga saat vaksin ada itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan," kata dia.

Sebelumnya, Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengatakan, dalam upaya penyegeraan pengadaan vaksin COVID-19, pemerintah telah melakukan penjajakan melalui jalur bilateral dan multilateral.

Hingga saat ini beberapa kerja sama yang telah dijalin dalam upaya pengadaan vaksin antara lain dengan Biofarma-Sinovac, Kimia Farma-G42, serta penjajakan kerja sama lain dengan Genexine, CanSino, dan AstraZeneca. 

Pemerintah juga tengah menjajaki kerja sama selanjutnya dengan perusahaan farmasi global lainnya seperti Pfizer, Johnson&Johnson, dan Novafax.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang (Foto Dok Media Konsumen)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:18 WIB

Pemerintah Tegaskan Pembahasan UU Cipta Kerja Sudah Sangat Transparan

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM kembali menegaskan bahwa proses panjang pembahasan UU Cipta Kerja yang sudah dimulai sejak Januari 2020 lalu sudah sangat transparan. Penegasan ini…