Tertinggi di Dunia Kematian Virus Corona AS Capai 200 Ribu Jiwa

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 September 2020 - 13:00 WIB

Ilustrasi Perlindungan Anak Dari Covid-19 (Photo by ET HealthWorld)
Ilustrasi Perlindungan Anak Dari Covid-19 (Photo by ET HealthWorld)

INDUSTRY.co.id - Washington-Amerika Serikat, Selasa (22/9/2020) mencatat kematian akibat virus corona mencapai 200.000 jiwa, angka tertinggi di dunia yang menurut para ahli kesehatan akan terus bertambah hingga puluhan ribu dalam beberapa bulan mendatang.

Jumlah kematian yang meningkat jauh itu melampaui perkiraan paling awal atas korban yang meninggal akibat pandemi virus mematikan tersebut.

Dalam catatan VoaNews, pada April 2020, ahli penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci, menyatakan jumlah kematian diperkirakan "lebih dari 60.000," sementara Presiden AS Donald Trump, yang sejak awal mengatakan virus corona mirip dengan flu musiman, pada Mei lalu menyampaikan jumlah korban dapat berkisar antara 75.000 hingga 100.000.

Saat ini, para analis kesehatan di University of Washington menyatakan korban yang meninggal dapat mencapai 410.000 pada akhir tahun.

Warga AS di Atlanta, Georgia memperoleh vaksinasi flu (foto: ilustrasi). Para dokter mengatakan vaksinasi flu tahun ini lebih penting daripada sebelumnya.

Pada akhir April tahun ini tercatat lebih dari 2.000 kematian setiap hari di AS. Sekarang angka itu mendekati 800 kematian per hari. Para peneliti medis sedang mengembangkan vaksin virus corona dan mendapatkan persetujuan sebagai upaya pencegahan dalam beberapa bulan mendatang. Tanpa vaksin yang tersedia dan seiring dengan datangnya cuaca musim dingin di Amerika utara, para ahli khawatir jumlah kematian harian tersebut dapat meningkat lagi.

AS memiliki jumlah kematian tertinggi di antara seluruh negara di dunia, namun beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin mencatat lebih banyak kematian per kapita.

Sementara itu Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat yang masih beraktivitas dan kerap melupakan protokol kesehatan saat berinteraksi sosial. 

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan penyebaran virus Covid-19 pada komunitas dan risiko individu. Pertama, kondisi berkerumun dalam suatu tempat. "Ini adalah hal yang harus dihindari," imbaunya saat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Selasa (22/9/2020). 

Kedua, orang-orang yang berdekatan dalam jarak 1 - 1,5 meter. Ketiga risiko jika sirkulasi ruangan tidak baik seperti ruangan tertutup. Keempat, durasi atau lamanya waktu berinteraksi dalam suatu kondisi perkantoran atau ruangan yang tertutup.

"Pada kondisi-kondisi seperti ini, droplet yang dikeluarkan hidung dan mulut, kalau tidak menggunakan masker ini dapat menempel di permukaan kulit dan bisa terhirup ke saluran pernafasan," ujarnya. 

Ia mengingatkan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selalu lakukan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Karena tidak semua orang yang positif Covid-19 memiliki gejala. 

"Bila seseorang diluar terlihat baik-baik saja, ternyata positif Covid-19, ini adalah hal yang perlu kita hindari. Maka segera melakukan pemeriksaan apabila pernah melakukan kontak erat dengan penderita Covid-19," imbaunya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.