Komikus Bandung Dipercaya Garap Komik Star Wars: The High Republic

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 September 2020 - 15:00 WIB

Komikus Ario Anindito
Komikus Ario Anindito

INDUSTRY.co.id - Washington- Bagaikan sebuah kejutan bagi komikus asal Bandung, Ario Anindito, ketika ia mendapat kabar bahwa dirinya ditunjuk untuk mengerjakan proyek komik terbaru Marvel, “Star Wars: The High Republic.” Komik ini mengambil latar belakang ratusan tahun sebelum film “Star Wars: Episode I,” sebelum ada keluarga Skywalker.

Nama Ario Anindito, yang sudah terpampang di berbagai komik Marvel sejak tahun 2014, dipilih berdasarkan hasil rapat dari beberapa penulis dan tim Star Wars yang “mengkonsepkan semuanya” di Skywalker Ranch. Ini adalah tempat kerja pencipta Star Wars, George Lukas, dan timnya di California, Amerika Serikat.

“Sampai sekarang rasanya kayak masih mimpi aja,” kata Ario Anindito saat dihubungi VOANews  di studionya di Bandung, melalui Skype.

Menciptakan Desain Karakter Star Wars Baru

Bekerja sama untuk pertama kalinya dengan penulis asal Inggris, Cavan Scott, yang pernah menulis cerita komik Doctor Who, Vikings, dan Power Rangers, serta inker atau peninta, Mark Morales, yang menggarap komik Avengers; Ario berperan penting sebagai co-creator alias salah satu pencipta, sekaligus penciller atau penggambar.

Sebagai penciller, Ario bertugas untuk menuangkan isi naskah, ke dalam visual di panel-panel komik.

“Jadi istilahnya kalau di film itu, aku jadi director dan cameramen. Jadi aku yang menentukan ekspresi karakternya positioning karakternya, terus aku menentukan sudut pandang yang diambil dari mana gitu,” ujar komikus yang juga pernah bekerja untuk DC Comics ini.

Ini memang bukan pertama kalinya Ario terlibat dalam penggarapan komik Star Wars produksi Marvel. Ia pernah menggarap komik bertajuk, “Star Wars Annual,” pada tahun 2015. Kali ini, perannya yang juga sebagai co-creator, memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendesain karakter-karakter dan planet baru dalam Star Wars.

“Ada beberapa karakter yang belum punya bentuk. Jadi baru ada deskripsinya dan disini aku terlibat langsung mendesain bentuk-bentuk karakternya,” jelas Ario.

Salah satunya adalah karakter Keeve Trennis yang diciptakan oleh Cavan Scott, seperti dilansir dari situs resmi Star Wars.

“Sekarang bisa melihat karakter ini hidup melalui karya Ario dan Mark (Morales) sungguh mengagumkan,” kata Cavan Scott.

Tuang Imajinasi ke Panel Komik

Mendesain karakter baru untuk cerita legendaris seperti Star Wars adalah tantangan terbesar yang pernah Ario hadapi. Ia berusaha keras membangkitkan imajinasinya, untuk menggambar karakter-karakter dan planet-planet baru, sesuai dengan naskah komik yang ditulis oleh Cavan Scott.

Pernah bercita-cita menjadi petualang seperti Indiana Jones, namun pupus karena takut ketinggian, Ario lalu menuangkan berbagai hal ekstrim dalam benaknya, ke dalam panel-panel komiknya.

“Di komik ini, aku bisa menggambarkan lagi gitu ketika berpetualang ke sebuah planet yang baru, berlari dari mahkluk, loncat ke sana, loncat ke sini, dan membangkitkan kembali ingatan (dimana), ini adalah alasanku dari awal ingin menjadi seniman komik. Dan aku sangat bahagia,” katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gempa Bumi di Jawa Timur

Selasa, 13 April 2021 - 15:02 WIB

Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Jawa Timur, Ini yang Dilakukan Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut membantu penanganan darurat bencana gempa bumi yang mengguncang sejumlah kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Mendag Lutfi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Selasa, 13 April 2021 - 14:57 WIB

Kabar dari Mendag Lutfi Ini Bikin Masyarakat Tenang! Pasokan Bahan Pokok Cukup dan Harga Stabil

Mendag Lutfi mengatakan, beberapa komoditas seperti beras, gula, dan daging sapi perlu adanya penambahan pasokan untuk mengantisipasi cadangan stok, iklim ekstrem, kenaikan harga internasional,…

CDM Raya Cadbury

Selasa, 13 April 2021 - 14:51 WIB

Bagikan 10.000 Paket Makanan dan Cokelat, Cadbury Ajak Masyarakat Berbagi dari Hati

Melalui pembelian Cadbury kemasan spesial “Hari Raya” di Alfamart, konsumen dapat ikut berpartisipasi untuk memberikan donasi 10.000 paket makanan dan cokelat ke 4 Rumah Sakit rujukan Covid-19…

Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazroui (Foto: The National)

Selasa, 13 April 2021 - 14:50 WIB

Dahsyat! Bawa Duit Berkarung-karung, UEA Bakal Bangun Fasilitas Vaksin Covid-19 di Indonesia

Uni Emirate Arab (UEA) akan segera merealisasi investasi dalam pembangunan fasilitas produksi vaksin COVID-19 di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Energi dan Infrastruktur Uni…

Kampus UBSI Ciputat

Selasa, 13 April 2021 - 14:30 WIB

Upaya Calon Mahasiswa di Tengah Wabah Covid-19

Ahmad Rofikin, pria yang akrab disapa Fikin adalah seorang anak muda berusia 25 tahun yang merantau dari desanya di Plantungan, Kendal ke Kota Tangerang Selatan, Banten untuk mengubah hidupnya.…