PLN Gandeng Pelindo III Lakukan Sambung Baru Listrik Pelabuhan Tanjung Intan

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 September 2020 - 09:42 WIB

Pelaksanaan sambung baru listrik pelabuhan tanjung intan
Pelaksanaan sambung baru listrik pelabuhan tanjung intan

INDUSTRY.co.id - Jakarta  – PT. PLN (Persero) melakukan penyalaan pasang baru shore connection Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Jawa Tengah dengan daya 1.385 kVA. Shore connection adalah jaringan listrik yang dipasang di dermaga untuk dipergunakan oleh kapal yang bersandar di pelabuhan.

Peresmian penyambungan dilakukan pada Jumat, (11/9/2020) dengan dihadiri oleh General Manager PT PELINDO III, Manager PLN ULP Cilacap Kota, dan Direktur PT Lamong Energi Indonesia selaku operator pelabuhan Tanjung Intan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta, Feby Joko Priharto mengatakan penyambungan baru ini sejalan dengan nilai transformasi PLN yaitu ‘Green’.

“Sesuai dengan salah satu nilai transformasi yaitu Green, PLN mendukung upaya penyediaan energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dengan adanya listrik dari PLN, saat ini jika ada kapal yang bersandar tidak perlu lagi menggunakan BBM untuk membangkitkan listriknya,” ujar Feby dalqm keteranganya yang dikutip, Senin (21/9/2020).

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut MoU dan bentuk sinergi bersama antara PLN dengan PELINDO III mengenai penyediaan tenaga listrik di lingkungan terminal pelabuhan milik PELINDO III. Penyalaan dengan daya 1.385 kVA ini merupakan tahap pertama dari target daya sebesar 5.500 kVA sesuai dengan MoU.

Sementara itu General Manager PELINDO III, Sutopo mengatakan dengan adanya sambungan listrik dari PLN akan menghemat biaya BBM sampai dengan 50%.

“Penggunaan energi listrik dari PLN ini bisa mengefisiensi biaya BBM, bahkan secara kalkulasi bisa sampai 50%. Harapannya tidak hanya Cilacap saja tapi semua pelabuhan di PELINDO akan bekerja sama dengan PLN,” ungkapnya.

Proses penyambungan listrik ini bukan tanpa tantangan, tim dari PLN dituntut menyelesaikan pekerjaan dengan batas waktu 3 hari dan harus memasang sambungan kabel bawah tanah sepanjang 350 meter yang penuh dengan beton.

“Dengan kerja keras tim PLN Cilacap serta komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, pekerjaan penyalaan tersebut dapat terwujud tepat waktu,” tutup Feby.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Tujuan diselenggarakannya Entry Briefing adalah sebagai ruang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Danyonmarhanlan XII yang baru, menyampaikan rencana pembinaan dan operasi Yonmarhanlan…

345 Bintara dan Tamtama Remaja Perkuat Korps Baret Ungu

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:00 WIB

345 Bintara dan Tamtama Remaja Perkuat Korps Baret Ungu

Bintara dan Tamtama Remaja tersebut resmi menyandang Baret Ungu Korps Marinir, setelah disematkannya baret pada Upacara Pembaretan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar)…