Ganjar: Manfaatkan Dana Hasil Panggung Kahanan, Bantu Seniman yang Butuh Sembako

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 September 2020 - 08:00 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bukan hanya milik sebagian masyarakat tertentu saja, tapi juga para seniman. Untuk itu, saat wabah pandemi Covid 19 melanda dunia, seniman juga terdampak.

 Karenanya dibutuhkan solusi agar para seniman bisa menghidupi keluarganya. Ganjar yang seneng blusukan dengan sepedanya, pernah merapat ke kampung yang sebagian warganya seniman wayang orang Ngesti Pandawa di Semarang Jawa Tengah. Ganjar langsung berdialog dengan para pemain wayang orang yang alih profesi sebagai pedagang beras, agar bisa bertahan hidup.

"Sebagian seniman wayang orang memang kebingungan bagaimana bisa tetap berkesenian di tengah Pandemi Covid 19," kata Ganjar Saat menjadi narasumber acara Cakap2 Spesial bareng dengan pengamat musik Bens Leo melalui live Instagram Minggu (20/9/2020)

Kepada Orang nomer satu di Jawa Tengah, para seniman wayang orang tersebut mengaku pada jualan beras, agar bisa bertahan hidup ditengah wabah Corona.

"Dagang beras mereka saya beli, terus saya juga kasih solusi. Agar mereka tetap berkesenian dengan pindah tempat. Kalau dulu manggung secara konvensional di panggung, di tengah Wabah Covid 19. Agar tetap manggung dan bisa menghasilkan uang, mereka manggung  di halaman rumah atau gang, kemudian direkam pakai video terus di unggah di YouTube.  Atau kalian yang buat kontennya,  saya yang apload biar bisa ditonton banyak orang," jelas Ganjar panjang lebar.

Setelah itu Ganjar membuat panggung Kahanan yang memberi ruang kepada penyanyi beken agar tetap manggung. Tempatnya di lapangan basket, Alhamdulillah berhasil mengumpulkan dana cash Rp 450 juta yang akan diperuntukan keperluan Seniman.

"Dari sembilan kali pementasan, berhasil mengumpulkan dana empat ratus lima puluh juta, duitnya masih ada dan hanya akan kekuarkan  untuk seniman yang membutuhkan sembako dan atau biaya pementasan, kalau minta uang cash nggak akan saya kasih," papar Ganjar.

Karenanya, kepada para seniman Ganjar berharap, mereka tetap berkarya  ditengah wabah Pandemi terus berkelanjutan

"Memang tidak mudah dan dibutuhkan kreativitas tinggi, karena panggungnya media sosial dan yang menonton dari berbagai kalangan dan jangkauannya lebih luas," pungkas Ganjar Pranowo

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Presiden Jokowi

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:31 WIB

Jokowi Ajak Pemuda Tekuni Pertanian, Mentan Dorong Modernisasi

Presiden Joko Widodo mengajak kalangan muda Indonesia kembali menekuni dunia pertanian. Menurut Presiden, hanya dengan cara itu negara ini kembali berjaya dan merdeka atas hasil tani yang sangat…

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik, saat membuka Bazaar UMKM di sela-sela peringatan Haul Akbar Maulana Syarif Al Habib Thoha Bin Hasan Bin Yahya, di Ciledug, Kabupaten Cirebon

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:15 WIB

KemenkopUKM Beberkan Peluang Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu merespon perubahan-perubahan perilaku dan pola konsumen, sebagai akibat dari penerapan physical distancing selama pandemi Covid-19.

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:00 WIB

Kementerian PANRB-KOICA Lakukan Pelatihan Manajemen Talenta

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali melakukan kerja sama dengan pemerintah Republik Korea melalui Korea International…

Pembangunan Sabo Dam

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:47 WIB

Kurangi Risiko Bencana Banjir Lahar Gunung Merapi, Kementerian PUPR Bangun Tujuh Sabo Dam Baru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Sabo Dam dibangun untuk menahan dan mengurangi kecepatan aliran lahar yang membawa material vulkanik sehingga dapat meminimalisir risiko bencana banjir…

Layanan Bank BRI

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:35 WIB

Bank BRI Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Metode Inkubasi dan Pembentukan Ekosistem Harus

Selain melalui BRIncubator, perseroan juga membantu pelaku usaha kecil agar bisa tumbuh dan bertahan selama pandemi dengan berbagai program pembiayaan serta relaksasi.